6 Tips Kesehatan untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Memiliki tubuh yang bugar dan sehat merupakan dambaan semua orang. Nah, untuk mendapatkan, kamu bisa mengikuti sejumlah tips kesehatan berikut. Yuk, lihat!

6 Tips Kesehatan untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Seperti yang kamu tahu, kesehatan adalah kebutuhan yang penting dan tak ternilai harganya. Karena alasan itu pula, banyak orang yang rela melakukan apa saja agar tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satunya dengan menerapkan tips sehat. Lalu, apa saja tips agar tetap sehat itu? Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya di bawah ini. Mengapa Menjaga Kebugaran Tubuh itu Penting?

Tak bisa dipungkiri, menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang, termasuk kamu. Mengapa demikian? Ini karena dengan memiliki tubuh yang

bugar akan membuat kamu merasakan banyak manfaat yang luar biasa, seperti:

  • Mencegah penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes
  • Mencegah obesitas
  • Mengurangi gejala depresi ringan
  • Meningkatkan rasa bahagia
  • Meningkatkan energi dan stamina
  • Menjaga berat badan ideal

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Senantiasa Sehat

Tips Menjaga Kesehatan

Berikut beberapa tips kesehatan yang bisa kamu coba terapkan agar tetap sehat.

1. Olahraga teratur pagi dan sore hari

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar, pastikan kamu melakukan olahraga secara rutin setiap pagi dan sore hari. Tak perlu yang berat, olahraga dengan intensitas ringan, seperti jalan kaki pun sudah cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Bahkan, sejumlah penelitian telah membuktikan, olahraga ringan seperti jalan kaki memberikan manfaat yang tak bisa dianggap sepele, yaitu mencegah penyakit berbahaya, mengurangi stres, hingga mempercepat sirkulasi darah di tubuh.

2. Konsumsi makan-makanan bergizi seimbang

Tips kesehatan lainnya yang perlu diterapkan setiap hari adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan bergizi seimbang bisa kamu dapatkan di pola 4 sehat 5 sempurna. Pasalnya, pola makan tersebut telah mencakup nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan juga mineral.

3. Kurangi asupan gula, minyak, dan garam

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, kamu juga harus mengurangi asupan gula, minyak, dan garam. Tips kesehatan satu ini akan membuat kamu terhindar dari penyakitberbahaya seperti jantung, stroke, dan diabetes. Untuk membantu kamu mengurangi asupan gula, minyak, dan garam, Kementerian Kesehatan

Republik Indonesia telah memberikan batasan untuk tiap orang, yaitu:

  • Gula tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan) per hari
  • Minyak / lemak 67 gram (5 sendok makan minyak) per hari
  • Garam tidak lebih dari 2000 mg (1 sendok teh) per hari

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Kamu juga harus menghindari rokok dan minuman beralkohol. Pasalnya, kedua kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Misalnya saja konsumsi minuman beralkohol, memicu ketergantungan apabila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, kebiasaan minum beralkohol juga bisa menyebabkan penyakit tidak menular, seperti sirosis hati.

5. Rutin lakukan check kesehatan

Tips kesehatan berikutnya adalah melakukan medical check up secara berkala, setidaknya setiap enam bulan sekali. Seperti yang kamu tahu, ada penyakit yang dijuluki sebagai “silent killer” karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera diobati. Itu sebabnya, penting untuk melakukan MCU secara berkala. Adapun penyakit yang dikenal sebagai “silent killer” adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh juga penting untuk dilakukan, apalagi jika kamu ingin tetap sehat dan bugar. Di sekitar kamu, ada begitu banyak mikroorganisme yang bisa berpotensi sebagai sumber penyakit. Itulah mengapa, penting untuk membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan tubuh.

Tips kesehatan satu ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mandi setidaknya 2 kali sehari. Ketika mandi, pastikan kamu menggunakan sabun yang memberikan perlindungan maksimal, seperti Lifebuoy Sabun Cair Total 10. Sabun ini mengandung ActivSilver+ Formula yang memiliki sifat antiseptik sehingga efektif untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme di tubuh. Selain itu, Lifebuoy Sabun Cair Total 10 juga memiliki busa lembut yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori terdalam.

Menjaga kebersihan tubuh

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun