6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin bagi Tubuhmu

Banyak orang tidak suka mandi air dingin, khususnya di pagi hari. Tapi, tahukah bahwa mandi air dingin memiliki segudang manfaat untuk tubuh? Cek detailnya!

6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin bagi Tubuhmu

Mungkin banyak dari kamu yang langsung menggelengkan kepala ketika harus membayangkan mandi air dingin di pagi hari. Padahal, mandi air dingin bisa menjadi cara sehat bagi kamu untuk memulai hari, lho. Karena, ada banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dengan mandi menggunakan air dingin. Lantas, apa saja manfaatnya? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasannya berikut ini.

Keutamaan Mandi Air Dingin vs Air Hangat

Baik mandi menggunakan air panas maupun air dingin sebenarnya memiliki keutamaannya masing-masing. Terlepas dari rutinitas yang kamu lakukan untuk menggunakan kedua jenis air tersebut ketika mandi, berikut akan disajikan keutamaan masing-masing dari air dingin dan air hangat:

  • Keutamaan Mandi Air Dingin
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Membuat rambut dan kulit bercahaya
  • Mengurangi nyeri otot sehabis berolahraga
  • Meredakan stres dan depresi

Keutamaan Mandi Air Hangat

  • Melemaskan otot-otot yang tegang
  • Membuat aliran darah menjadi lancar
  • Mencegah gangguan tidur
  • Meredakan stres dan kecemasan

Manfaat Mandi Air Dingin bagi Tubuh Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat mandi air dingin yang harus kamu tahu:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah akan lancar apabila kamu rutin mandi dengan air dingin. Ini karena rasa kaget yang ditimbulkan saat pertama kali mengguyurkan air dingin ke kulit membuat jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hasilnya, sirkulasi darah pun jadi lebih lancar dan mampu membantu menurunkan tekanan darah.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Selain sirkulasi darah, sistem imunitas pun juga ikut meningkat apabila kamu rutin mandi dengan air dingin. Pasalnya, air dingin dapat membantu merangsang produksi leukosit di tubuh. Leukosit sendiri adalah sel darah putih yang berperan sebagai penghasil antibodi yang dapat melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, dan parasit.

3. Meningkatkan kewaspadaan

Manfaat mandi air dingin berikutnya adalah dapat meningkatkan kewaspadaan. Haltersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Jurnal British of Sports Medicine yang menemukan bahwa mandi menggunakan air dingin memberikan banyak keuntungan fisiologis, termasuk peningkatan kewaspadaan. Adapun manfaat fisiologis lainnya adalah meningkatkan frekuensi pernapasan, denyut jantung, tekanan darah, hingga metabolisme tubuh.

4. Membuat kulit dan rambut lebih bercahaya

Percaya atau tidak, mandi air dingin juga bisa membuat kulit dan rambut lebih bercahaya, lho. Ini karena air dingin mampu mengencangkan pori-pori kulit dan kulit kepala, sehingga kotoran tidak mudah masuk dan mengendap. Hasilnya, kulit dan rambut pun jadi terlihat lebih bercahaya.

5. Mengurangi nyeri sehabis berolahraga

Mandi air dingin di pagi hari juga efektif untuk mengurangi rasa nyeri sehabis berolahraga. Ini karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang membuat otot menjadi lebih rileks setelah melakukan sesi olahraga yang melelahkan.

6. Meredakan stres dan depresi

Manfaat mandi air dingin yang terakhir adalah membantu meredakan stres dan depresi. Saat tubuh terguyur air dingin di pagi hari akan memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon bahagia yang membuat stres dan kecemasan menjadi reda. Sementara pada penderita depresi, membiasakan diri mandi air dingin selama 5 menit dalam 2-3 kali seminggu dapat mengurangi gejala depresi. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Medical Hypotheses Journal.

Itu dia enam manfaat mandi air dingin yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, yuk mulai membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin. Supaya manfaat yang didapat semakin optimal, kamu bisa mandi dengan menggunakan sabun cair berkualitas, seperti Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh.

Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh mengandung ekstrak minyak peppermint yang bisa memberikan sensasi dingin setelah menggunakannya. Tidak hanya itu, minyak peppermint dalam Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh juga efektif untuk membersihkan kotoran yang ada di pori-pori kulit, bahkan hingga ke lapisan terdalam.

Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun