4 Cara Ampuh Atasi Kuku Cantengan

Kuku cantengan selain bikin nyeri, juga membuat kuku jadi tidak sedap dipandang. Kunci cara mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebab cantengan.

4 Cara Ampuh Atasi Kuku Cantengan

Apakah kamu pernah mengalami kuku cantengan? Masalah kuku satu ini memang bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Meski bukan kondisi yang serius, cantengan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu rutinitas sehari-hari. Ketahui penyebab dan cara mengatasi kuku cantengan agar hal tersebut tidak menimpa kamu.

Penyebab Kuku Cantengan

Kuku cantengan atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ingrown toenail adalah kondisi ketika ujung kuku tumbuh ke bawah permukaan kulit. Biasanya, kondisi ini paling sering terjadi pada ibu jari kaki, namun tidak menutup kemungkinan bagian jari lain juga bisa mengalami cantengan.

Penyebab kuku cantengan sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi tersebut, di antaranya:

  • Memotong kuku terlalu pendek
  • Menggunakan sepatu yang terlalu sempit
  • Infeksi jamur pada kuku
  • Cedera pada kuk
  • Masalah sirkulasi darah
  • Faktor keturunan

Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Bila terlanjur mengalami kuku cantengan, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera mengobatinya. Pada kasus ringan, cantengan bisa ditangani sendiri dengan cara sederhana menggunakan cara rumahan. Sementara untuk kasus  yang berat, kamu mungkin perlu perawatan medis dengan cara pembedahan untuk mencabut kuku yang bermasalah. 

Kabar baiknya, kebanyakan masalah cantengan bisa  diobati sendiri dengan terapi rumahan. Berikut cara mengatasi kuku cantengan yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya:

1. Rendam Dengan Air Hangat

Cara mengatasi kuku cantengan di rumah pertama adalah dengan merendam di air hangat. Merendam kuku yang cantengan di air hangat bisa mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa nyeri. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setidaknya 15-20 menit, sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Setelah selesai merendam, jangan lupa keringkan jari-jari sampai benar-benar kering dengan lap atau kain bersih.

2. Selipkan Kapas

Mengatasi kuku cantengan berikutnya adalah dengan menyelipkan sedikit kapas di bawah tepi kuku yang tumbuh ke dalam. Tujuannya adalah untuk membantu menggeser pertumbuhan kuku ke arah yang seharusnya. 

Namun perlu diingat, menyelipkan kapas di bawah kuku dapat menimbulkan rasa sakit dan meningkatkan risiko  bakteri berkembang biak. Demi mengurangi risiko tersebut, ada baiknya kamu merendam kapas terlebih dahulu ke cairan alkohol sebelum menggunakannya. 

3. Gunakan Alas Kaki yang Pas & Nyaman

Mengenakan sepatu yang terlalu sempit bisa menjadi penyebab utama kuku kaki mengalami cantengan. Agar mencegah hal tersebut, sebaiknya mulai kenakan alas kaki yang tetap menyisakan ruangan cukup untuk jari kaki bernapas. Selain itu, selama proses penyembuhan, kenakan alas kaki terbuka untuk mengurangi tekanan dan mencegah lembab muncul di area kuku yang cantengan.

4. Oleskan Obat Antibiotik

Cara mengatasi cantengan di rumah yang terakhir  adalah dengan mengoleskan obat antibiotik. Mengoleskan antibiotik ke area kuku yang cantengan dapat mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Bila cantengan menimbulkan rasa yang mengganggu, kamu mengonsumsi obat pereda nyeri (paracetamol) untuk menguranginya.

***

Supaya kamu terhindar dari masalah kuku satu ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan area jari kaki dan tangan. Itu sebabnya, sehabis memotong kuku, sebaiknya segera cuci kaki dan tangan menggunakan sabun. Gunakan sabun yang memberikan perlindungan maksimal dari virus, kuman, dan bakteri, seperti Lifebuoy Sabun Cair Matcha

Selain efektif membunuh berbagai mikroorganisme, Lifebuoy Sabun Cair Matcha juga telah diformulasikan khusus dengan bahan alami yang efektif membantu menghilangkan partikel debu dan kotoran secara menyeluruh dari permukaan tubuh.

Lifebuoy Sabun Cair Matcha

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun