Di Rumah Aja Tetap Fit dan Bugar dengan Tips Workout Berikut

Di Rumah Aja Tetap Fit dan Bugar dengan Tips Workout Berikut

AddTHis is disabled because of cookie content

Para ahli dari WHO menganjurkan agar setiap orang dewasa melakukan olahraga di rumah minimal 30 menit setiap harinya di masa pandemi virus corona. Ini adalah salah satu kiat memperkuat sistem imun tubuh supaya tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Yuk, pahami fakta seputar olahraga sebagai aktivitas di rumah untuk meningkatan daya tahan tubuh!

Kinerja Sistem Imun Tubuh Melawan Virus

Melalui riset yang diterbitkan oleh jurnal Nature Medicine, sekelompok ilmuwan Australia berhasil mengidentifikasikan cara kerja sistem imun tubuh terhadap virus corona. Pada prinsipnya, sistem imun tubuh bereaksi terhadap virus corona sama seperti saat menghadapi serangan virus influenza. Uniknya, studi juga menunjukkan kehadiran sekelompok sel imun tubuh seperti sel T dan sel B yang bekerja sama melawan virus corona dalam proses penyembuhan.

Melihat fakta dari riset, sangat penting untuk tetap menjaga sistem imun tubuh, terutama pada masa wabah. Hal ini karena olahraga punya manfaat meningkatkan kinerja antibodi dan merangsang pembentukan sel-sel imun untuk bekerja maksimal. Melakukan olahraga di rumah semasa karantina atau isolasi mandiri juga bisa memberikan manfaat antara lain:

-        Membantu mengenyahkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan sehingga mengurangi risiko batuk pilek, flu, maupun serangan virus.

-        Meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan salah satu cara melawan penyakit di dalam tubuh. Dengan sirkulasi yang semakin banyak, tubuh bisa lebih cepat mendeteksi serangan penyakit.

-        Memicu kenaikan suhu tubuh yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan membantu melawan infeksi secara lebih efektif (sama halnya dengan demam).

-        Mencegah stres yang mungkin timbul karena karantina mandiri. Stres bisa memicu penyakit dan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah.

5 Olahraga di Rumah yang Bikin Happy & Bebas Stres

Tidak perlu repot dengan pilihan olahraga di rumah, cukup ikuti lima aktivitas di rumah berikut ini:

1.    Coba Olahraga HIIT

HIIT (High Intensity Interval Training) mengkombinasikan olahraga intensitas tinggi dengan istirahat atau olahraga santai dalam durasi tertentu. Contohnya, gerakan meloncat selama 40 detik, lalu beristirahat atau jalan di tempat selama 10 detik.

Pengulangan latihan kardio yang seru ini sangat manjur untuk memicu adrenalin, menguras keringat, serta membuat perasaan bugar sekujur tubuh. Cukup 5-20 menit olahraga di rumah dengan metode HIIT, stres berkurang dan imun meningkat.

2.    Manfaatkan Video Youtube

Anda tidak akan kekurangan ide olahraga di rumah dengan inspirasi gerakan dari Youtube. Di platform video online ini, tersedia berbagai jenis aktivitas olahraga di rumah, mulai untuk pemula seperti olahraga lantai, yoga santai, hingga senam dance yang seru. Bagi yang ingin lebih intens, pilih saja video dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

3.    Gunakan Aplikasi Olahraga

Kecanggihan teknologi bisa membuat aktivitas di rumah semakin produktif dan asyik. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi olahraga di rumah via handphone atau gadget. Anda bisa mengunduh aplikasi dari brand olahraga ternama atau latihan untuk pemula dengan fitur olahraga sesuai pilihan waktu dan bagian tubuh yang ingin dibentuk.

4.    Kardio di Rumah

Olahraga kardio seperti berjalan, berlari, atau naik turun tangga bisa jadi solusi aktivitas di rumah untuk manfaat kesehatan. Olahraga jalan kaki selama 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan mood. Dianjurkan agar Anda melakukan aktivitas di rumah ini tanpa harus keluar, atau jaga jarak dari orang lain jika ingin berkeliling area sekitar rumah.

5.    Olahraga Online

Menggunakan platform video conference misalnya Whatsapp atau Zoom bisa jadi ide olahraga bersama orang lain sambil physical distancing. Ajak teman-teman memilih sesi olahraga yang cocok, misalnya dance, yoga, atau angkat beban. Lakukan bersama-sama atau bergiliran, asalkan tubuh berkeringat dan hati gembira supaya imun meningkat.

Jangan lupa, selain melakukan olahraga di rumah, praktikkan juga pencegahan penularan virus corona dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun antibakteri Lifebuoy Hand Wash Lifebuoy Hand Wash. Barengi juga dengan penggunaan Lifebuoy Hand Sanitizer Lifebuoy Hand Sanitizer yang praktis setiap saat. Selamat berolahraga!

 

Sumber:

medlineplus.gov/ency/article/007165.htm

ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12892009

cnbc.com/2020/04/06/free-workout-exercises-at-home-while-social-distancing-coronavirus.html

summareconbekasi.com/whatson/detail/10-jenis-olahraga-yang-dapat-dilakukan-dirumah

fimela.com/lifestyle-relationship/read/4209286/12-olahraga-ini-bisa-dilakukan-selama-di-rumah-saja

health.detik.com/kebugaran/d-4939270/4-olahraga-yang-bisa-dilakukan-di-dalam-rumah-saat-wabah-corona

bandungkita.id/2020/03/22/6-olahraga-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-saat-pandemi-corona-covid-19/

halodoc.com/pilihan-olahraga-selama-social-distancing

gaya.tempo.co/read/1321089/wabah-virus-corona-ayo-tetap-olahraga-di-rumah-agar-fit

liputan6.com/lifestyle/read/4203516/6-olahraga-yang-pas-dilakukan-di-rumah-selama-isolasi-mandiri

 

Diakses pada:

15 April 2020