8 Manfaat Istirahat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Istirahat yang cukup itu penting bagi tubuh. Saking pentingnya istirahat dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari fisik hingga mental.

8 Manfaat Istirahat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Setelah sibuk seharian melakukan berbagai aktivitas, kamu perlu untuk beristirahat. Setiap orang membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh dan pikirannya dapat kembali segar. Tidur menjadi salah satu bentuk istirahat terbaik bagi tubuh. Itu karena saat terlelap, otak akan membersihkan racun-racun yang terbentuk setelah berpikir dan beraktivitas seharian. Tak hanya itu, pentingnya istirahat yang cukup juga dapat membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, mulai dari fisik hingga mental.

Durasi Istirahat Ideal Berdasarkan Usia

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan tidur seseorang kian berkurang. Namun, tahukah kamu dampak yang ditimbulkan apabila kurang tidur? Berkurangnya jam tidur dapat mengganggu fungsi tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengatur waktu agar bisa cukup istirahat. Berikut adalah durasi waktu tidur per hari berdasarkan usia yang direkomendasikan

oleh sejumlah ahli.

  • Bayi baru lahir tidur 14 sampai 17 jam sehari.
  • Balita usia 3 hingga 5 tahun tidur selama 10 sampai 13 jam.
  • Anak usia 6 hingga 13 tahun tidur selama 9 sampai 11 jam.
  • Remaja usia 14 hingga 17 tahun tidur selama 8 sampai 10 jam.
  • Dewasa disarankan tidur 7 hingga 9 jam.

Manfaat Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan Secara umum, berikut adalah 8 manfaat istirahat yang cukup bagi kesehatan fisik dan mental:

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Orang yang kurang tidur, entah karena begadang atau mengalami gangguan tidur, umumnya lebih rentan terkena berbagai penyakit infeksi, seperti batuk, flu, atau pilek.

Sebaliknya, mendapatkan istirahat yang cukup justru dapat membantu meningkatkan sistem imun. Manfaat tersebut sudah dibuktikan oleh banyak penelitian, salah satunya penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine.

2. Berat Badan Terjaga

Kurang istirahat yang cukup dapat meningkatkan risiko obesitas. Hal itu disebabkan karena kurang tidur meningkatkan produksi hormon ghrelin (lapar) dan menurunkan produksi hormon leptin (kenyang). Di sisi lain, tidur berfungsi untuk menjaga agar kedua hormon tersebut tetap seimbang sehingga dapat memproses dan menyimpan karbohidrat dengan baik. Oleh sebab itu, tidur yang cukup bisa menjadi salah satu cara melangsingkan tubuh secara alami.

3. Tetap Fokus

Lelah akibat kurang istirahat dapat membuat kamu susah fokus dan berkonsentrasi. Ketika kamu berkendara dalam keadaan seperti itu, maka risiko kamu mengalami kecelakaan maupun cedera akan lebih besar. Inilah alasan di balik pentingnya istirahat yang cukup, agar kamu bisa lebih fokus dan berkonsentrasi selamaberkegiatan.

4. Mempertajam Ingatan

Tahukah kamu bahwa kurang istirahat dan tidur dapat mempercepat pikun?Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika tidur, otak bagian hippocampus akan memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan di sepanjang hari. Dalam keadaan lelah akibat kurang istirahat, ingatan-ingatan yang ada tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak sehingga bisa menghilang.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Istirahat yang cukup nyatanya juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Tidur yang cukup dapat membangun suasana hati yang baik, berpikir positif, dan terhindar dari risiko gangguan kecemasan dalam jangka panjang.

6. Menjaga Kesehatan Fungsi Seksual dan Reproduksi

Menurut jajak pendapat yang dilakukan National Sleep Foundation, terlalu lelah membuat kehidupan seksual pasangan menjadi berantakan. Sebaliknya, mendapatkan tidur yang cukup dapat menjaga gairah seks dan hormon reproduksi yang diproduksi oleh tubuh secara normal.

7. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak maupun remaja. Hormon ini memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan, memperbaiki sel-sel dan jaringan serta meningkatkan massa otot pada anak-anak hingga orang dewasa.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Tak hanya mencegah penyakit mental, istirahat cukup dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung. Sementara tidur yang kurang dapat mengubah cara tubuh dalam memproses glukosa, meningkatkan bahan kimia sehingga terjadi peradangan, menaikkan tekanan darah, dan meningkatkan detak jantung.

Selain istirahat yang cukup, kamu perlu menjalani pola hidup sehat dan menjaga kebersihan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk menjaga kebersihan tubuh, kamu bisa menggunakan sabun cair Nature Pure dari Lifebuoy.

Lifebuoy sabun cair Nature Pure mengandung ekstrak daun sirih alami yang efektif membantu membersihkan pori-pori kulit secara mendalam. Kandungan ekstrak daun sirih ini juga membantu mengembalikan energi dan memberikan sensasi kesegaran di tubuh.

5 Bahan Makanan yang Dapat Dijadikan Antibakteri Alami subheader6

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun