Cari Tahu Penyebab dan Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan

Cari Tahu

Bau badan adalah masalah kesehatan seseorang yang mengganggu kenyamanan orang lain. Celakanya, hampir semua orang yang mengalaminya tidak menyadari dirinya bau badan. Sebaiknya, Anda mulai lebih cermat mengenali aroma tubuh sendiri agar bisa melakukan cara menghilangkan bau badan jika aroma tubuh Anda memang tak sedap.

Menghilangkan bau badan sebenarnya tidak sulit bila Anda melakukan cara-cara yang tepat secara telaten. Beberapa cara berikut ini dapat menghilangkan bau badan secara efektif agar aroma tubuh Anda tak lagi menyengat:

Mengeringkan Tubuh sampai Tuntas Setelah Mandi
Tubuh yang basah setelah mandi harus dikeringkan sampai tuntas dengan handuk lembut dan bersih, terutama bagian ketiak. Ini karena ketiak basah dapat menjadi tempat perkembangbiakan mikroorganisme penyebab bau badan. Jangan sampai hal sepele ini membuat Anda bau badan dan dijauhi orang-orang sekitar. Pastikan ketiak Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda mengenakan pakaian dan beraktivitas.

Cukur Bulu Ketiak Secara Berkala
Tak banyak orang yang menyadari bulu ketiak juga bisa menjadi pencetus bau badan. Bulu ketiak membuat kondisi ketiak jadi lebih lembap dan mendukung perkembangbiakan mikroorganisme penyebab bau badan. Karena itu, sebaiknya Anda mencukur bulu ketiak secara teratur untuk menghilangkan bau badan. Ketiak Anda akan lebih bersih dan bebas bau tak sedap tanpa bulu ketiak yang lembap.

Menggunakan Produk Deodoran
Penggunaan produk deodoran bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan praktis. Deodoran akan meminimalkan produksi keringat berlebih sekaligus membasmi mikroorganisme penyebab bau badan. Usahakan untuk memilih deodoran yang mengandung bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan kulit ketiak. Gunakan deodoran secara merata pada kedua ketiak lalu tunggu selama beberapa menit sebelum mengenakan pakaian. Anda pun tak akan mengalami malu akibat bau badan tak sedap bila sudah menggunakan deodoran berkualitas.

Mengurangi Konsumsi Makanan Penyebab Bau Badan
Kondisi fisik yang berbeda-beda membuat segelintir orang rentan mengalami bau badan usai mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan yang rentan menimbulkan bau badan antara lain bawang, keju dan produk turunan susu lainnya, serta junk food. Kalau Anda termasuk orang yang mudah bau badan akibat makanan tersebut, sebaiknya Anda mengurangi konsumsinya mulai sekarang. Sebagai gantinya, santaplah sayuran dan buah-buahan yang bergizi dan tidak rentan menimbulkan bau badan.

Mengandalkan Pakaian yang Menyerap Keringat
Pemilihan pakaian rupanya juga bisa mempengaruhi bau badan seseorang. Anda akan lebih mudah berkeringat dan bau badan jika menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan tidak dapat menyebab keringat. Ketika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, usahakan untuk menggunakan pakaian yang teksturnya lembut, tidak terlalu tebal, dan efektif menyerap keringat. Pakaian yang nyaman akan mengurangi produksi keringat sehingga Anda tak mudah bau badan selama beraktivitas.

Mandi Dua Kali Sehari
Cara menghilangkan bau badan yang dapat dilakukan semua kalangan usia adalah mandi teratur dua kali sehari. Kotoran dan mikroorganisme penyebab bau akan hilang bila Anda mandi dengan sabun antiseptik. Bersihkan tubuh secara cermat, terutama bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak dan lipatan paha. Jangan sampai ada kotoran yang tertinggal dan menjadi pencetus bau badan.
Sekarang, Anda tak perlu bingung lagi memilih sabun mandi yang dapat membantu menghilangkan bau badan. Ada sabun cair Lifebuoy Lemon Fresh dan Cool Fresh yang akan membantu Anda tetap segar dan terlindungi dari kuman penyebab bau badan.
Sabun cair Lemon Fresh dengan wangi lemon yang menyegarkan serta Cool Fresh dengan kandungan menthol yang memberi sensasi dingin, ampuh membasmi kuman penyebab bau badan dan memberikan kesegaran tahan lama.
Anda tak akan minder lagi akibat bau badan jika sudah berusaha menghilangkan bau badan secara telaten. Sabun cair Lifebuoy siap membantu Anda memiliki tubuh yang higienis dan bebas bau tak sedap.

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Jangan Asal Pakai, Ini Jenis dan Cara Tepat Kenakan Masker Kesehatan

Bingung dengan banyaknya jenis masker untuk melindungi diri? Cari tahu jenis masker dan cara pakai yang tepat supaya efektif.

3 min read

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar charcoal kini semakin banyak ditemukan di pasaran.

3 min read

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

3 min read

Kini Langka, Simak Fakta Ini Sebelum Bikin Hand Sanitizer di Rumah

Bahan utama membuat hand sanitizer hanyalah alkohol dan gel lotion aloevera. Namun, amankah membuat sendiri hand sanitizer di rumah?