Cara Menjaga Tangan Agar Tetap Halus dan Terlindungi

Cara Menjaga Tangan Agar Tetap Halus dan Terlindungi

Bukan hanya kulit wajah yang mesti dijaga, namun kulit tangan pun jangan sampai dibiarkan kasar dan tak terawat. Telapak tangan yang kasar merupakan salah satu masalah yang akan kerap membuat kamu kerepotan. Hal ini dikarenakan jika kulit tangan kasar, berbagai masalah lain, seperti pengelupasan dan infeksi, lebih mudah terjadi.

Cara mengatasi tangan kasar pun penting kamu ketahui supaya masalah kulit tanganmu tidak berlarut-larut. Salah satu caranya adalah dengan menghindari penyebabnya. Namun tentunya tidak setiap saat penyebab tangan kasar ini dapat dihindari. Ini karena penyebab tangan kasar cenderung berhubungan dengan produk kebersihan yang berdampak juga untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

 

Penyebab Tangan Kasar

Kulit tangan yang kasar nyatanya sering berasal dari kegiatanmu sehari-hari. Ini tidak terlepas dari kebiasaan menjaga kebersihan tangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab tangan kering yang sukar kamu hindari.

1.  Sering Mencuci Tangan

Saat kamu mencuci tangan, kemungkinan minyak alami kulit ikut tersapu selalu ada. Semakin sering kamu mencuci tangan, maka kelembapan kulit tangan juga akan semakin berkurang. Inilah mengapa kulit tangan lantas menjadi kasar..

2.  Penggunaan Hand Sanitizer

Hand sanitizer memang praktis digunakan untuk membersihkan tangan di mana saja. Produk ini pun menjadi sangat penting, apalagi pada masa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Namun, kandungan alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer pun akan berdampak pada kelembapan tangan dan membuatnya kering & kasar.

3.  Tidak Pakai Pelembap Kulit

Apakah kamu terbiasa memakai pelembap sehari-hari sampai di bagian telapak tangan? Penggunaan pelembap di area tubuh yang satu ini sangat mudah terlewatkan. Padahal, telapak tangan ikut terpapar sinar matahari dan rentan bersentuhan dengan benda-benda lain ketika beraktivitas sehingga lebih mudah mengalami kekeringan.

 

Lalu Bagaimana Cara Menghaluskan Tangan?

Walaupun sulit untuk menghindari berbagai penyebab tangan kasar, bukan berarti tidak ada cara menghaluskan telapak tangan yang efektif. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tangan kasar yang sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan sehari-hari.

1.  Pakai Pelembap Khusus Tangan

Pakai pelembap jangan cuma di wajah. Pakaikan pula pelembap di telapak tangan sebagai cara mengatasi tangan kasar. Akan lebih baik jika kamu menggunakan pelembap khusus tangan atau hand cream. Kamu bisa menggunakannya setiap kali habis mandi atau setelah mencuci tangan.

2.  Rajin Minum Air Putih

Cara menghaluskan telapak tangan terampuh adalah mempertahankan kelembapannya. Bukan hanya dari luar, kamu pun perlu melakukannya dari dalam. Minum air putih 2,5—3 liter dalam sehari dapat sangat membantu menjaga kelembapan kulit tanganmu. Kelembapan dapat terjadi karena kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi. Jadi, cobalah untuk lebih disiplin dalam minum air putih setiap hari.

3.  Rendam Air Hangat

Suhu air akan sangat memengaruhi kondisi kelembapan tanganmu. Jika kulit tanganmu cenderung kasar, cobalah untuk merendam nya pada air hangat sekitar 10 menit tiap hari. Merendamkan telapak tangan ke air hangat akan membuat kulit lebih rileks sehingga terasa lebih lembut.

4.  Memilih Produk Pembersih yang Tepat

Memilih produk pembersih yang tepat adalah kunci untuk menghindari tangan kasar akibat terlalu sering mencuci tangan. Produk pembersih yang tepat adalah produk yang ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri serta aman bagi kulit. Untuk keperluan mencuci tangan dan mandi, kamu bisa menggunakan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan dan Sabun Mandi Cair Mildcare.

Varian Lifebuoy yang satu ini ringan sehingga tidak membuat iritasi pada telapak tangan. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki kandungan susu dan oat yang mampu melembutkan telapak tanganmu walau sering mencuci tangan.

Terbukti bukan bahwa cara menghaluskan telapak tangan tidak mesti menghindari penyebabnya. Kamu juga bisa mengambil sejumlah langkah lain untuk mempertahankan kelembutan kulit tangan, tanpa harus mengorbankan upaya higienitas area tanganmu.