Cara Menjaga Sistem Imun Anak Tetap Kuat di Masa Pandemi

Menjaga imun anak tidak sulit karena hanya perlu dimulai dari pola hidup sehat keluarga. Sistem imun anak yang terjaga membuatnya tak mudah sakit.

Cara Menjaga Sistem Imun Anak Tetap Kuat di Masa Pandemi

Anak-anak yang selalu sehat, cerdas, dan aktif pasti mengalami proses tumbuh kembang yang optimal. Untuk mencapai kondisi tersebut, sistem imun anak harus senantiasa terjaga. Jika imun anak turun, anak-anak jadi gampang sakit dan tidak bersemangat saat beraktivitas.

Sistem imunitas yang juga dikenal dengan istilah kekebalan tubuh) adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, dan kuman lainnya. Menjaga imun anak harus dilakukan secara telaten terutama di masa pandemi supaya anak tak mudah terjangkit Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Perbedaan Sistem Imun Anak dan Orang Dewasa

Bayi baru lahir memiliki jutaan pejuang kekebalan tubuh baru yang disebut sel T. Selanjutnya, masing-masing sel T akan mengenali patogen yang berbeda sekaligus membantu membangun imun tubuh yang kuat. Tubuh anak akan membuat respon kuat terhadap infeksi baru dan menyimpan memori tentang semua patogen di lingkungan. Sehingga nantinya anak tumbuh menjadi orang dewasa yang terlindung dari berbagai penyakit di masa depan.

Latar belakang tersebut membuat pembentukan sistem imun anak sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya saat beranjak remaja hingga dewasa. Anak-anak yang sistem imunnya terjaga sejak kecil akan tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh orang dewasa tidak memiliki sel T sehingga perjuangan melawan penyakit mengandalkan memori sel yang terbentuk semasa kecil. 

Jadi, perbedaan sistem imun anak dan orang dewasa terletak pada mekanisme pertahanan tubuh. Sistem imun anak berjuang merekam banyak memori tentang penyakit agar tubuh anak semakin kebal terhadap berbagai penyakit. Sementara itu, sistem imun orang dewasa tampak lebih kuat karena memori selnya sudah memiliki berbagai memori tentang penyakit yang pernah diidap.

Namun, imun tubuh orang dewasa terbukti lebih kewalahan menghadapi penyakit baru seperti Covid-19 sebab penyakit tersebut belum ada ketika mereka masih kecil. Alhasil, orang dewasa lebih rentan mengalami berbagai efek samping pasca terjangkit Covid-19 dibanding anak-anak.

Cara Menjaga Sistem Imun Anak Selama Pandemi

Menjaga imun anak selama pandemi bisa dilakukan secara mudah melalui beberapa cara berikut ini:

  • Memberikan asupan gizi seimbang sesuai kebutuhan anak. Anak-anak membutuhkan makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air dalam jumlah yang tepat. Masalah anak susah makan harus lekas diatasi supaya tubuhnya tetap memperoleh gizi seimbang setiap hari.

  • Memastikan bahwa anak memiliki waktu tidur yang cukup. Otak anak akan melepas zat kimia yang mendukung perbaikan sistem kekebalan tubuh, termasuk sitokin yang mengarahkan sel-sel kekebalan ke organ tubuh yang infeksi. Sebaliknya, anak yang kurang tidur akan mengalami peningkatan hormon kortisol yang memperlambat penyembuhan karena sistem imun tubuhnya terganggu.

  • Mengajak anak untuk tetap aktif berolahraga karena aktivitas fisik minimal 1 jam per hari sangat baik bagi sistem imun anak. Aktivitas fisik di luar ruangan harus dilakukan sambil menaati protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, serta menghindari kerumunan.

  • Mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada anak sejak dini. Dua kebiasaan yang penting untuk menjaga sistem imun tubuh adalah mencuci tangan sesudah beraktivitas dan mandi dua kali sehari. Kebiasaan tersebut akan membuat tubuh anak senantiasa bersih dan risiko penyakit menular dapat diminimalkan.

Untuk urusan sabun mandi yang cocok bagi kamu sekeluarga, tentu saja kamu bisa mengandalkan Lifebuoy Sabun Cair Total 10. Varian sabun cair Lifebuoy yang satu ini mengandung ActivSilver+ Formula dan timol aktif yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Kandungan busa lembut yang terdapat dalam Lifebuoy Sabun Cair Total 10 Kuman Melindungi dapat meresap ke pori-pori kulit, membersihkan secara mendalam, dan menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan 10 jenis infeksi kulit. 

Kamu sekeluarga akan merasa bersih dan segar usai mandi dengan Lifebuoy Sabun Cair Total 10. Menjaga imun anak pun jadi lebih mudah bila kamu sudah menggunakan sabun mandi antiseptik berkualitas.

JPEG - Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Musim Pancaroba subheadear2

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun