Cara Cek Kesehatan Sendiri yang Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Cek Kesehatan Sendiri yang Dapat Dilakukan di Rumah

AddTHis is disabled because of cookie content

Gaya hidup yang padat rutinitas dan serba sibuk terkadang sering membuat seseorang lupa pentingnya cek kesehatan. Seringnya, cek kesehatan dianggap sebagai aktivitas tahunan yang harus dilakukan di rumah sakit atau laboratorium canggih. Faktanya, ada beberapa cek kesehatan sendiri di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Apa saja cek kesehatan sendiri di rumah yang bisa dilakukan sekarang? Yuk buruan pahami dan lakukan supaya bisa paham kondisi diri serta membuat keputusan penting untuk kesehatan:

 

1.  Cek Suhu Tubuh

Suhu tubuh bisa menjadi indikator kondisi kesehatan seseorang. Dari cek kesehatan simpel ini, perhatikan suhu tubuh normal yang bisa bervariasi sesuai usia, waktu pengukuran dan bagian tubuh yang diukur. Dengan mengetahui suhu tubuh normal diri sendiri dan juga anak, cek kesehatan ini bisa membantu mengawasi kondisi jika terserang virus atau sedang tidak fit.

 

2.  Cek Testis (Pria) & Payudara (Wanita)

Bagi pria, cek kesehatan bagian testis bisa dilakukan setiap hari saat sedang mandi. Gunakan tapak tangan dan jari tangan untuk mengetahui kondisi normal testis. Jika merasakan perubahan seperti adanya benjolan, maka sebaiknya menindaklanjuti dengan pemeriksaan oleh profesional.

Sama halnya untuk wanita, lakukan cek kesehatan sendiri untuk payudara atau SADARI ( Periksa Payudara Sendiri) yang hanya butuh waktu beberapa menit. Jika merasakan ada perubahan atau benjolan abnormal, segera periksakan diri ke dokter.

 

3.  Cek Detak Jantung

Detak jantung normal setiap pagi merupakan indikasi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Angka detak jantung normal bisa bervariasi sesuai usia, oleh sebab itu penting agar dilakukan cek detak jantung setiap pagi untuk mempelajari apa yang normal bagimu.

Gunakan alat atau aplikasi via gadget dan perhatikan apakah ada perubahan yang signifikan. Jika ada perubahan hingga 10 bpm, bisa jadi tubuh sedang kelelahan. Atau jika total angka mencapai diatas 100 bpm secara terus menerus, bisa jadi tubuh sedang stress atau rentan sakit.

 

4.  Cek Tekanan Darah

Cek kesehatan tekanan darah penting untuk menjaga resiko stroke, serangan jantung, gagal ginjal dan fungsi hati dsbnya. Tekanan darah normal untuk dewasa berkisar antara 90/60 dan 120/80 mmHG. Sediakan alat cek tekanan darah di rumah dan barengi dengan asupan gizi seimbang, tidur cukup, dan olahraga secara teratur.

 

5.  Cek Kadar Gula Darah

Diabetes berpotensi memicu komplikasi pada jantung, ginjal, kesehatan mulut, stroke dan kehilangan penglihatan. Dengan menyediakan alat tes glukosa sederhana, cukup berpuasa sebelum cek kesehatan sendiri di rumah. Walaupun memang cek kesehatan sederhana ini tidak cukup konklusif, tetapi bisa digunakan sebagai acuan pada kondisi normal. Perhatikan juga gejala diabetes seperti sering merasa haus dan lapar, mulut terasa kering, penglihatan kabur atau sakit kepala yang tidak lazim. Segera konsultasi dokter untuk pengecekan  lebih lengkap.

 

6.  Cek Lemak Perut

Berbeda dengan lemak di bagian paha atau pinggul, lemak abdominal atau visceral fat berada di tengah bagian perut dan cukup padat. Cek kesehatan ini bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan perubahan ukuran pakaian atau bentuk tubuh. Atau, gunakan juga pengukur dan catat ukuran pinggang serta lingkar perut. Jika ada perubahan yang drastis, baik meningkat atau menurun, ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter.

 

7.  Cek Kesehatan Gigi

Cek kesehatan gigi dan mulut biasanya sering dilakukan di dokter gigi setiap tahunnya. Namun, cek kesehatan sendiri di rumah juga bisa dicoba yaitu dengan memeriksa apakah ada gusi bengkak atau benjolan yang tidak kunjung sembuh. Ini bisa merupakan pertanda ada masalah kesehatan lain atau kanker mulut.

 

8.  Cek Kulit

Penting untuk mengenali bagian kulit seperti tahi lalat atau tanda lahir. Jika ada perubahan pada ukuran/warna tahi lalat atau kemunculan secara tiba-tiba, ada baiknya agar diperiksakan secara profesional. Ini bisa jadi pertanda kanker kulit atau Melanoma yang bisa segera diatasi. Kuncinya adalah deteksi dini lewat cek kesehatan sendiri yang bisa dilakukan di rumah.

 

Kebersihan Wajib Untuk Kesehatan Sekeluarga

Selain cek kesehatan sendiri di rumah, pastikan juga tetap menjaga kebersihan diri dan anggota keluarga. Dengan tetap menjaga kebersihan setiap hari, siapapun bisa lebih terhindar dari risiko penyakit. Untuk hasil kebersihan terbaik, pastikan rutin mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun cair Lifebuoy yang sudah terbukti higienis secara klinis.

Gunakan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 dalam jumlah cukup, gosok seluruh bagian tangan termasuk telapak tangan dan pergelangan, lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih. Lengkapi juga dengan selalu  membawa hand sanitizer untuk membunuh kuman saat harus berpergian dan pastikan selalu mencuci tangan dengan benar.

lifebuoy sabun cuci tangan