Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Karena Pilek

Agar tidak terjadi secara berlarut-larut dan semakin melemahkanmu, ada baiknya kamu mengetahui cara ampuh menghilangkan sakit kepala karena pilek berikut ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Karena Pilek

Ketika sedang pilek, kamu mungkin merasakan gejala yang membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman, termasuk sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh pilek memang cukup mengganggu, bahkan hingga membuat kamu kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Agar kondisi tersebut tidak terjadi secara berlarut-larut, ada baiknya kamu mengetahui cara ampuh menghilangkan sakit kepala karena pilek berikut ini.

Apa Bedanya Pilek dengan Flu?

Sebelumnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara pilek dan flu. Pilek dan flu adalah dua kondisi yang berbeda, meski begitu banyak orang yang mengira jika keduanya sama.

Perbedaan pilek dan flu sendiri dapat diketahui dari faktor penyebabnya. Pilek umumnya disebabkan oleh infeksi rhinovirus, udara dingin atau kering, alergi, rhinitis non alergi, hingga sinusitis. Sementara flu (influenza) disebabkan oleh virus influenza A, B, dan C. Dari sisi gejala, pilek maupun flu memiliki kondisi yang hampir mirip, termasuk sakit kepala. Meskipun gejala yang ditimbulkan oleh flu jauh lebih berat daripada pilek.

Mengapa Sakit Kepala Muncul Ketika Pilek?

Sakit kepala ketika pilek terjadi akibat adanya penyumbatan di rongga sinus. Hal tersebut disebabkan oleh produksi lendir (ingus) yang terlalu banyak sehingga menekan beberapa saraf yang ada di sekitar rongga sinus. Akibatnya, muncul gejala-gejala yang menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk sakit kepala.

Adapun hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala karena pilek, meliputi:

  • Infeksi virus dan bakteri
  • Paparan alergen, seperti debu, bulu binatang, atau serbuk sari bunga
  • Efek samping obat-obatan
  • Paparan udara dingin atau kering
  • Ketidakseimbangan hormon di tubuh
  • Konsumsi makanan pedas

Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala karena Pilek

Cara Alami Menghilangkan

Berikut cara alami menghilangkan sakit kepala karena pilek yang bisa kamu coba di rumah. Pstt..cara di bawah ini juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala karena flu, lho!

1. Perbanyak minum air

Cara menghilangkan gejala sakit kepala karena pilek dan flu yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Selain meringankan kondisi tersebut, banyak minum cairan juga  bisa membuat lendir yang menumpuk di rongga sinus jadi lebih mengalir lebih mudah yang akhir dapat dikeluarkan dari hidung.

2. Istirahat yang cukup

Tak hanya memperbanyak konsumsi cairan, kamu juga harus istirahat yang cukup agar gejala sakit kepala yang di akibat oleh pilek bisa cepat berkurang.

3. Mandi air hangat

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sakit kepala karena pilek adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat tidak hanya mengurangi sakit kepala, tapi juga membantu melegakan rongga hidung dari lendir-lendir yang menumpuk.

4. Gunakan humidifier

Kamu juga bisa menggunakan humidifier sebafai cara menghilangkan sakit kepala akibat pilek. Apalagi jika pilek yang kamu alami disebabkan oleh udara kering atau dingin. Pasalnya, alat ini dapat membantu melembabkan ruangan.

Selain keempat cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan gejala sakit kepala karena pilek dan flu. Misalnya saja mengompres dengan air hangat atau dingin, mengonsumsi air rebusan jahe, atau menyemprotkan nasal spray.

Tapi, tahukah kamu kalau pilek bisa dicegah, lho. Mencegah pilek itu sebenarnya mudah, yaitu dengan menjaga kebersihan diri. Mandi yang bersih jadi salah satu cara menjaga kebersihan diri. Namun, mandi yang bersih harus didukung pula dengan penggunaan sabun yang tepat, seperti Lifebuoy Sabun Cair Total 10.

Lifebuoy Sabun Cair Total 10 mampu melindungi tubuh dari berbagai kuman penyebab penyakit, termasuk pilek. Ini karena sabun tersebut memiliki formula ActivSilver+ yang memiliki sifat antiseptik alami, sehingga efektif membasmi kuman di tubuh.

Lifebuoy Sabun Cair

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun