Bosan Berenang? 5 Jenis Olahraga Air Ini Wajib Dicoba

Olahraga air tidak hanya berenang saja. Faktanya, ada banyak jenis olahraga air yang tak kalah seru, dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Bosan Berenang? 5 Jenis Olahraga Air Ini Wajib Dicoba

Tak bisa dipungkiri, berenang adalah jenis olahraga air yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari membantu membakar lemak, menguatkan otot, hingga menyehatkan pernapasan. Namun, bila kamu bosan melakukannya, kamu bisa mencoba olahraga air lain berikut ini. Tentunya, jenis olahraga air yang akan dijelaskan nanti memberikan manfaat yang tak kalah menyehatkan dengan berenang. Penasaran dengan jenis olahraganya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Olahraga Air

Di bawah ini adalah jenis-jenis olahraga air yang bisa Anda coba. 

1. Renang indah

Renang indah

Yang menarik dari jenis olahraga air satu ini adalah kamu tidak hanya harus bisa berenang, tapi juga melakukan senam di dalam air. Karena menggabungkan dua jenis olahraga tersebut, kamu yang tertarik mencobanya harus memiliki  keluwesan, kekuatan fisik, serta napas yang panjang untuk bisa menunjukkan gerakan yang indah di dalam air. Di turnamen nasional maupun internasional, renang indah biasanya dilakukan secara solo, duet, maupun grup.

2. Arum jeram

Arum jeram

Arum jeram bisa dibilang sebagai olahraga air yang bisa memacu adrenalin. Pasalnya, olahraga satu ini mengarungi jeram-jeram sungai yang menantang menggunakan sebuah perahu karet. Biasanya, dalam satu perahu karet arum jeram terdiri atas empat orang dengan satu pemandu. Tapi penting diketahui, kamu yang ingin mencoba olahraga ekstrim ini harus dalam kondisi yang sehat dan prima, ya!

3. Kano

Jenis olahraga air satu ini tergolong cukup santai untuk dilakukan. Sebab, kamu cukup duduk manis di perahu kano dan menjalankannya dengan sebuah dayung. Walau terlihat sederhana dan mudah, praktiknya tak semudah yang dikira. Pasalnya, kamu harus pandai dalam mengontrol pernapasan, menjaga ritme, serta mempersiapkan otot lengan dan dada untuk bisa menggerakan kano yang sedang kamu naiki. Tak seperti arum jeram yang bisa dilakukan secara beramai-ramai, kano hanya bisa dilakukan 1-2 orang saja dalam satu perahu.

 

4.Polo Air

Polo Air

Jika di darat olahraga yang menuntut kerjasama tim dan kekuatan fisik adalah sepak bola atau basket, maka di air ada olahraga polo air. Polo air dimainkan di dalam air oleh enam orang pemain dan satu kiper dan bisa menjadi alternatif olahraga air yang menyenangkan selain berenang, apalagi bila dilakukan secara bersama-sama. Kamu bisa bermain mencetak gol sebanyak-banyak di dalam air, sambil sesekali menggiring bola sembari berenang. 

5. Selancar

Lifebuoy Selancar

Dari keempat olahraga air yang sudah disebutkan di atas, selancar atau surfing jadi olahraga yang patut dicoba. Meski seru dan menantang adrenalin, olahraga air ini juga membutuhkan stamina kuat serta keseimbangan yang baik untuk bisa berdiri sempurna di atas surfboard yang terbawa ombak. Karenanya, dibutuhkan latihan terus-menerus untuk bisa menguasai teknik berselancar.

Namun, jika kamu pemula dan tertarik untuk mencoba surfing, jangan pernah melakukannya sendiri. Tanpa pengawasan profesional, kamu berisiko tinggi untuk tenggelam dan bahkan mengalami kecelakaan lainnya.

***

Meski berolahraga di air, kamu tetap harus memerhatikan kebersihan diri setelahnya. Pasalnya, ada banyak kotoran yang menempel di tubuhmu selama berkegiatan di kolam air, sungai, maupun pantai. Namun, jangan asal dalam memilih sabun cair, pastikan kamu menggunakan sabun cair yang efektif membersihkan kotoran di tubuh, seperti Lifebuoy Matcha. 

Lifebuoy Cair Matcha adalah antibacterial body wash yang memberikan 10x perlindungan dari kuman dan membantu melawan masalah kesehatan kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan karena kuman. Diformulasikan dengan dua bahan alami yang terinspirasi dari alam; Antioksidan Matcha dan Aloe Vera, sabun ini akan membantu membersihkan secara menyeluruh kuman dan partikel polusi.

Lifebuoy Cair Matcha

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun