Begini Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Bunuh Virus Corona

3 min read

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Bunuh Virus Corona

Wabah virus corona telah banyak membawa perubahan bagi dunia. Salah satunya, gerakan cuci tangan yang dulunya sempat dianggap remeh kini menjadi krusial. Imbauan mencuci tangan dengan bahan-bahan antibakteri yang bisa membunuh virus tersebar di mana-mana. Tujuannya agar orang tidak terjangkit virus corona.
Kenapa mencuci tangan menjadi kunci menghalau virus corona? Virus ini bisa masuk ke tubuh Anda dan merusak jaringan-jaringan di dalamnya lewat bagian lubang mulut, hidung, dan mata. Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering menyentuh bagian-bagian tersebut. Karena itulah, kebersihan tangan amat menentukan bagaimana Anda bisa terhindar dari virus corona.
Selain mencuci tangan, penggunaan bahan dengan kandungan antibakteri lain, seperti hand sanitizer, juga dianjurkan. Hanya saja, menurut World Health Organization (WHO), kemampuan membunuh virus dan bakteri dengan menggunakan sabun antibakteri dan air mengalir ternyata lebih efektif karena bisa membunuh kuman hingga 99,9%. Sementara itu, penggunaan hand sanitizer dengan kandungan antibakteri secara tepat mampu membunuh kuman hingga 70%.
Tidak sembarangan mencuci tangan, gerakan mencuci tersebut dianjurkan menggunakan sabun antibakteri. Ini karena bakteri dan virus tidak akan mati jika hanya mengandalkan air. Virus maupun bakteri sejatinya adalah partikel terlemah dalam kandungan lemak yang sangat mudah mati jika terkena bahan-bahan anti bakteri, seperti kandungan di dalam sabun.
Masyarakat pun diminta mencuci tangan dengan air mengalir agar semua bakteri dan virus langsung meluncur lepas dari tangan Anda ketika dalam proses mencuci. Lalu bagaimana cara proses mencuci tangannya sendiri? Simak di sini, ya.

Basahi Permukaan Tangan
Pertama, basahi seluruh permukaan tangan dengan air. Kemudian, langsung tuangkan sabun antibakteri secukupnya ke seluruh permukaan tangan yang sudah basah.

Menggosok Tangan
Kedua, biarkan antar tangan kiri dan tangan kanan saling menggosok. Tidak hanya telapak tangan, penggosokan juga harus mencapai ke punggung tangan.

Bersihkan Sela-sela Jari
Lakukan pembersihan pada bagian sela-sela jari dengan cari saling mengaitkan bagian jari-jari tangan Anda. Setelah itu, lanjutkan membersihkan bagian punggung hari dengan menggosokkanya ke bagian telapak tangan.

Khususkan Ibu Jari
Bersihkan bagian ibu jari. Caranya membasuh ibu jari dengan posisi memutar. Lakukan ke ibu jari kanan dan kiri. Pembasuhan secara memutar menjadi penting untuk memastikan sela bagian ibu jari sekaligus bagian punggung dan dalamnya bersih secara total.

Bersihkan Kuku
Jangan lupakan bagian kuku. Cara membersihkan kuku cukup mudah. Anda hanya perlu mengosokkan bagian ujung kuku ke telapak tangan untuk memastikan kuku-kuku Anda terkena sabun anti bakteri yang berpusat di telapak tangan.

Bilas dengan Air Mengalir
Terakhir, basuh keseluruhan bagian tangan Anda dengan air mengalir dan pastikan seluruh sabun sudah tidak ada tertinggal di tangan. Jika ada, langsung keringkan tangan yang bersih dengan tisu sekali pakai atau handuk.
Mulai sekarang mari semakin rajin untuk mencuci tangan dengan sabun antibakteri agar bisa terhindar dari virus corona. Pastikan sabun cuci tangan yang Anda gunakan mengandung triclosan untuk memastikan kuman, bakteri, maupun virus benar-benar mati. Lifebuoy Hand Wash dan Lifebuoy Hand Sanitizer bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Selebihnya dari Lifebuoy:

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

3 min read

Kebiasaan Kecil Ajarkan Kebersihan Lingkungaan kepada Anak

Lima Kebiasaan ini dapat Anda lakukan bersama si kecil dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3 min read

5 Perawatan Kulit Mulus yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan kulit bisa membuat tampilan kulit menjadi mulus, tanpa mesti perawatan ke salon.

5 Cara Mudah Cegah Infeksi Kulit pada Anak

5 Cara Mudah Cegah Infeksi Kulit pada Anak