Bagaimana Cara Merawat Kulit Badan yang Berjerawat?

Memiliki jerawat di tubuh tentu sama mengganggunya seperti jerawat di wajah. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara merawat kulit yang berjerawat.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Badan yang Berjerawat?

Memiliki jerawat di tubuh tentu sama mengganggunya seperti jerawat di wajah. Punggung, dada, leher, dan bokong adalah area favorit untuk jerawat tumbuh. Penyebab utama munculnya masalah kulit tersebut biasanya dipengaruhi oleh kurangnya kebersihan diri. Lalu, bila terlanjur memiliki kulit berjerawat di tubuh, bagaimana cara merawatnya? 

Penyebab Munculnya Jerawat di Tubuh

Pada dasarnya, penyebab jerawat tubuh tidak jauh berbeda dengan jerawat di wajah, yaitu penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat. Pori-pori yang tersumbat menyebabkan penumpukan bakteri yang pada akhirnya memicu peradangan dan munculah jerawat tubuh.

Tidak hanya itu, penyebab kulit tubuh berjerawat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

1. Hormonal

Ketidakstabilan hormon tubuh menjadi penyebab pertama kulit tubuh berjerawat. Biasanya, ketidakstabilan hormon terjadi ketika memasuki masa pubertas, menstruasi, dan kehamilan. Tak ayal;, bila dalam masa-masa tersebut beberapa orang jadi sangat rentan untuk mengalami kulit berjerawat.

2. Kebersihan tubuh yang buruk

Kulit tubuh yang berjerawat juga dapat disebabkan oleh kebersihan tubuh yang buruk. Ditambah lagi, beberapa area tubuh yang tertutup pakaian menjadi sangat lembab sehingga membuat bakteri penyebab jerawat mudah untuk berkembang biak.

3. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui kalau penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga bisa memicu munculnya kulit berjerawat. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan kulit kesulitan untuk bernapas dan justru meningkatkan produksi keringat. Bila tidak segera dibersihkan, keringat akan bercampur dengan minyak alami tubuh yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat. 

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Tubuh yang berjerawat juga bisa dipicu oleh efek obat-obatan tertentu. Steroid dan obat antidepresan merupakan dua jenis obat yang bisa memicu munculnya jerawat di tubuh, khususnya di bagian dada dan punggung.

Selain keempat penyebab yang sudah disebutkan tadi, masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat tubuh, seperti faktor genetik, konsumsi makanan, tempat tidur yang kotor, dan penggunaan barang tertentu, misalnya perhiasan.

Bagaimana Cara Merawat Kulit yang Berjerawat?

Setelah mengetahui berbagai penyebab kulit berjerawat, langkah selanjutnya adalah menentukan cara merawat kondisi tersebut. Berikut cara merawat kulit tubuh berjerawat yang bisa kamu coba terapkan:

1. Mengenakan pakaian longgar

Cara pertama untuk merawat kulit badan yang berjerawat adalah dengan mengenakan pakaian longgar dan tidak terlalu ketat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pakaian ketat dapat menyebabkan kulit memproduksi keringat lebih banyak, sehingga membuat bakteri mudah untuk berkembang biak. Selain itu, penggunaan pakaian terlalu ketat juga bisa menimbulkan gesekan dengan kulit yang tentunya bisa memperburuk kondisi jerawat badan.

2. Lakukan eksfoliasi

Selain mengenakan pakaian longgar, kamu juga bisa mencegah jerawat tubuh adalah dengan eksfoliasi secara rutin. Dengan rutin mengeksfoliasi, sel-sel kulit mati akan terangkat dan beregenerasi dengan sel kulit baru. Kamu bisa melakukan eksfoliasi setidaknya 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan lulur atau scrub.

3. Mandi setelah beraktivitas

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat sekaligus mencegah munculnya jerawat di tubuh adalah dengan rutin mandi, apalagi setelah beraktivitas. Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari dapat membuat tubuh mudah untuk memproduksi keringat. Bila keringat yang dihasilkan tubuh tidak dibersihkan secara rutin, otomatis dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan munculnya jerawat tubuh. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk rutin mandi, terlebih setelah melakukan banyak aktivitas.

Agar tubuhmu semakin bersih, pastikan kamu menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Japanese Shiso Sandalwood. Pasalnya, sabun cair dengan ekstrak daun shiso ini dapat membersihkan kulit secara menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam. Selain itu, Lifebuoy Sabun Cair Japanese Shiso Sandalwood juga mampu mendetoksifikasi berbagai kuman penyebab jerawat di tubuh.

Mandi setelah beraktivitas

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun