Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit Hingga Tuntas

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit Hingga Tuntas?

AddTHis is disabled because of cookie content

Apa itu ruam kulit dan bagaimana cara mengobatinya? Ruam kulit mengacu pada kondisi dimana warna atau tekstur kulit mengalami perubahan yang tidak normal, termasuk bengkak, merah atau iritasi. Ruam kulit bisa terjadi karena banyak penyebab sehingga cara mengobati ruam menjadi cukup pelik karena terdiri banyak jenis ruam kulit yang berbeda-beda.

 

Penyebab Umum Ruam Kulit

Ruam kulit biasa disebut juga dermatitis atau radang kulit. Beberapa jenis ruam kulit yang sering dialami berikut penyebabnya antara lain:

1.  Contact dermatitis yaitu jenis ruam kulit yang dipicu oleh sentuhan pada kulit, misalnya:

-          Alergi pada bahan tertentu (karet, lateks, metal dll)

-          Kosmetik, sabun,dan deterjen

-          Bahan pewarna dan zat kimia lain pada pakaian

-          Racun pada jenis tanaman tertentu

2.  Seborrheic dermatitis yaitu jenis ruam kulit yang muncul dalam bentuk bercak merah atau terkelupas pada bagian tertentu (contoh: alis mata, pelupuk mata, sekitar mulut, hidung, di belakang telinga, kulit kepala dll).

Beberapa hal yang bisa memicu jenis ruam kulit ini adalah usia, stres, kelelahan, perubahan cuaca, kadar minyak pada kulit, kurang menjaga kebersihan kulit dan penggunaan produk kulit yang kurang cocok.

3.  Atopic dermatitis atau eksim. Kondisi ruam kulit ini sering muncul pada penderita alergi dengan ciri-ciri ruam kulit yang merah, gatal dan terkelupas. Penyebab umum jenis ruam kulit ini antara lain kulit kering, alergi, stres, infeksi, reaksi atas suhu panas dll.

4.  Psoriasis yaitu ruam kulit yang sering muncul dalam bentuk bercak dan sisik berwarna merah di bagian tungkai. Jenis ruam ini juga mungkin bisa menyebabkan gatal-gatal. Ahli meyakini penyebab ruam ini berkaitan dengan infeksi yang menyerang sistem imun.

5.  Impetigo merupakan ruam kulit yang sering muncul pada anak- anak karena infeksi bakteri. Ruam ini sering muncul di sekitar mulut dan hidung, diikuti dengan nanah yang lalu akan mengering.

6.  Ruam akibat penyakit anak-anak, misalnya cacar air, campak, roseola, rubella, flu Singapur, demam scarlet, penyakit kelima akibat virus.

7.  Ruam karena kondisi medis tertentu seperti autoimun (lupus erythematosus), penyakit kawasaki, radang rematik, dan infeksi virus, bakteri atau jamur.

 

Ruam Kulit Salah Satu Gejala Covid-19

Menurut salah satu studi terbaru oleh British Journal of Dermatology, ada kaitan penting antara ruam kulit dengan hasil swab positif penderita Covid-19. Ahli riset melihat data dimana dari hasil swab sebanyak 8.8% juga mengalami ruam kulit. WHO juga turut mendaftarkan ruam kulit sebagai salah satu kemungkinan gejala Covid-19.

Studi lebih lanjut oleh para ahli di AS menemukan ruam kulit yang berhubungan dengan Covid-19 dalam 3 kategori berikut:

1.  Ruam kulit jenis biduran

Disebut juga urtikaria atau bentol berwarna kemerahan yang biasanya bisa reda tanpa pengobatan dan umumnya terasa gatal. Diyakini biduran bisa menjadi gejala awal Covid-19 yang mungkin menghilang segera ataupun terus berlanjut.

2.  Ruam kulit menyerupai cacar air

Ruam seperti cacar air berbentuk kecil, gatal dan bisa muncul di seluruh area tubuh, tetapi biasanya di bagian siku, lutut,   punggung tangan dan kaki. Ruam ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

3.  Ruam kulit pada jari tangan dan kaki.

Disebut juga chilblain dimana jari-jari tangan atau kaki berwarna merah atau keunguan dan terasa sakit namun biasanya tidak gatal. Jenis ruam ini termasuk spesifik pada Covid-19 dan sering menyerang pasien muda pada tahap akhir infeksi.

 

Cara Mengobati Ruam Kulit

Cara mengobati ruam kulit tergantung pada penyebabnya masing-masing. Oleh sebab itu cara mengobati ruam kulit harus ditelusuri pada faktor penyebab agar dapat diberikan pengobatan untuk menangani infeksi akibat jamur, infeksi, bakteri, dan termasuk virus dsbnya.

Namun jika ruam kulit terjadi karena faktor kebersihan diri atau pemilihan produk, maka pastikan hanya menggunakan produk yang bersifat natural dan lembut sebagai cara mengobati ruam. Hal ini karena ruam kulit sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahan atau  kandungan zat kimia yang tidak bisa ditoleransi oleh kulit.

Lifebuoy Sabun Cair Nature Pure adalah salah satu solusi cara mengobati ruam yang efektif karena mengandung bahan alami. Dengan ekstrak daun sirih, kondisi kulit akan lebih bersih dari pori-pori dan membantu mengembalikan energi sekaligus menyegarkan kulit secara totalitas.

lifebuoy nature pure