Apa yang Dimaksud dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Kita pasti sudah tak asing dengan anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna (4S5S), apalagi bagi yang lahir di tahun 90-an. Yuk, cari tahu tentang 4S5S di sini.

Apa yang Dimaksud dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Kita pasti sudah tak  asing dengan anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna atau disingkat 4S5S, apalagi bagi mereka yang lahir di tahun 90-an. Anjuran ini memang menjadi program pemerintah kala itu agar setiap orang mengonsumsi lebih dari 1 jenis makanan dalam satu waktu. Meski sudah disempurnakan menjadi PGS (Pedoman Gizi Seimbang), rasanya anjuran 4S5S masih cukup relevan hingga sekarang, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang yang menuntut kita untuk lebih teliti dalam memilih makanan yang harus  dikonsumsi sehari-hari. 

Apa itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Anjuran 4 sehat 5 sempurna dapat diartikan sebagai makanan yang mengandung gizi lengkap di dalamnya, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serta mineral. Adapun komponen makanan yang termasuk ke dalam konsep 4S5S meliputi makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan, yang disempurnakan dengan susu sebagai nutrisi pelengkap. 

Sejarah awalnya, anjuran 4S5S digalakkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pentingnya pola makan sehat dan bernutrisi. Poerwo Soedarmo adalah tokoh yang berperan dalam mencetuskan konsep 4S5S. Sehingga, wajar bila Poerwo Soedarmo dijuluki sebagai Bapak Gizi Indonesia pada tahun 1950-an.

Manfaat Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

Berbagai manfaat tentu akan kamu dapatkan bila menerapkan konsep 4S5S dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, bila konsep tersebut diterapkan pada pola makan sehat untuk anak. Berikut berbagai  manfaat dari penerapan konsep 4S5S untuk anak yang perlu orangtua ketahui. 

1. Mendukung pertumbuhan

Konsep 4S5S tentu sangat baik untuk diterapkan, terlebih bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, termasuk dalam 4S5S dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Selain itu, nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral juga dapat membuat anak tetap aktif.

2. Mencegah kekurangan gizi

Tak hanya mendukung pertumbuhan anak, penerapan 4 sehat 5 sempurna juga bermanfaat untuk mencegah kekurangan gizi. Ini karena nutrisi yang terkandung dalam makanan 4S5S membantu mencukupi kebutuhan gizi anak. Sehingga, ia tidak akan mudah untuk mengalami kekurangan gizi. 

3. Mengontrol berat badan

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna adalah dapat mengontrol berat badan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk dalam 4S5S dapat membuat tubuh mempertahankan berat badan ideal. Meski begitu, kamu pun juga harus mengimbanginya dengan olahraga teratur untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Mendukung pertumbuhan otak

Bila ingin otak berkembang sempurna, maka kamu harus mengonsumsi makanan bergizi untuk mendukungnya. Tak perlu pusing mencarinya, makanan bergizi bisa kamu dapatkan di konsep 4S5S. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, konsep makanan 4S5S mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk otak dan tubuh, salah satunya adalah protein yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak kamu.

5. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat terakhir dari penerapan konsep makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya adalah menjaga sistem pencernaan. Melalui makanan sehat dan bergizi akan menjaga sistem pencernaan kamu menjadi lebih sehat, sehingga mendukung proses penyerapan nutrisinya menjadi lebih optimal. Selain itu, serat yang terdapat dalam 4S5S juga membantu mencegah terjadinya masalah di sistem pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi.

***

Itu dia lima manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan 4S5S. Selain menjaga kesehatan melalui makan yang dikonsumsi, terapkan juga pola hidup sehat, misalnya rutin mencuci tangan. Agar kamu mendapatkan perlindungan maksimal, pastikan kamu mencuci tangan menggunakan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 yang memiliki ActivSilver+ Formula. 

Kandungan tersebut memberikan perlindungan terhadap 10 kuman penyebab penyakit yang telah berevolusi menjadi lebih kuat. Selain itu, kandungan ActivSilver+ Formula juga terbukti mampu membunuh kuman dalam 10 detik.

JPEG - Lifebuoy SABUN CUCI TANGAN ANTISEPTIK TOTAL 10 200ML

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun