Apa Saja Manfaat Rajin Menggunakan Hand Sanitizer?

Sejak pandemi, hand sanitizer jadi barang esensial yang wajib dibawa. Selain efektif membunuh kuman, nyatanya ada banyak manfaat yang ditawarkan hand sanitizer.

Apa Saja Manfaat Rajin Menggunakan Hand Sanitizer?

Apa Saja Manfaat Rajin Menggunakan Hand Sanitizer?

Sejak adanya pandemi, menjaga kebersihan tubuh menjadi sebuah keharusan, apalagi kebersihan tangan. Pasalnya, melalui tangan berbagai macam mikroorganisme berbahaya, seperti virus Corona dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selama pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Selain untuk mencegah penyebaran virus Corona, apalagi manfaat yang bisa didapat dari rutin menggunakan hand sanitizer? Untuk menjawabnya, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Hand Sanitizer untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Berikut manfaat dari hand sanitizer, baik untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari:

Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk
Selain membasmi mikroorganisme di tangan, hand sanitizer juga memiliki manfaat lain, yaitu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Ini karena kandungan alkohol di dalam hand sanitizer bersifat antiseptik sehingga mampu mencegah infeksi serta mengurangi peradangan pada kulit akibat gigitan nyamuk.

Mengatasi jerawat
Manfaat dari hand sanitizer lainnya adalah dapat mengatasi jerawat. Sama seperti sebelumnya, kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat akan cepat mengering apabila menggunakannya. Perlu diingat, penggunaan hand sanitizer sebagai obat jerawat sebaiknya bersifat alternatif saja. Yang artinya, hanya digunakan apabila sedang bepergian ke daerah yang minim sumber air, seperti gunung, padang pasir, dan lain sebagainya. 

Mensterilkan luka
Hand sanitizer juga bisa kamu manfaatkan untuk mensterilkan luka. Dengan kandungan alkohol mencapai lebih dari 60 persen, hand sanitizer dapat dipakai untuk membersihkan luka dengan kategori kecil, seperti luka gores, sayatan, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya mudah, cukup tuangkan hand sanitizer ke area tubuh yang terluka, lalu tutup dengan dengan tisu atau kapas bersih selama beberapa saat. 

Bisa digunakan sebagai dry shampoo
Pasti kamu tidak mengira kalau hand sanitizer juga bisa digunakan sebagai sampo kering (dry shampoo) dalam keadaan darurat. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan atau semprotkan hand sanitizer ke rambut kemudian ratakan menggunakan sisir. Dengan begitu, rambut kamu pun akan terbebas dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin menghinggap di kepala.

Sebagai deodoran
Tak hanya sebagai dry shampoo, hand sanitizer juga dapat kamu manfaatkan sebagai deodoran, lho. Kandungan alkohol dalam deodoran efektif membunuh bakteri penyebab bau badan di ketiak. Tapi ingat, pemanfaatan hand sanitizer sebagai deodoran sebaiknya dalam keadaan genting saja. Sebab, alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer dapat membuat kulit ketiak menjadi kering apabila kamu menggunakannya terlalu sering.

Pembersih kacamata, handphone, dan jam tangan
Kacamata, handphone, dan jam tangan adalah benda-benda yang sering dihinggapi oleh virus dan bakteri penyebab penyakit. Kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan ketiga benda tersebut. Caranya mudah, cukup semprotkan hand sanitizer secara merata ke permukaan benda, lalu bersihkan dengan menggunakan tisu. Dengan begitu, benda-benda tadi akan terbebas dari kuman dan bakteri.
Itu dia enam manfaat hand sanitizer, baik untuk kesehatan maupun kehidupan sehari-hari. Melihat banyaknya manfaat dari hand sanitizer sudah semestinya kamu selalu menyediakan sanitasi kecil ini di kantong atau tasmu, agar apabila sewaktu-waktu dibutuhkan kamu bisa langsung menggunakannya. Dan, pastikan kamu menggunakan hand sanitizer terbaik, seperti Lifebuoy Hand Sanitizer Mildcare. 
Hand Sanitizer satu ini efektif membasmi mikroorganisme hingga 99.99%. Selain itu, Lifebuoy Hand Sanitizer Mildcare mengandung vitamin E yang dapat melembabkan kulit, sehingga kamu tidak perlu khawatir kulit tangan akan kering apabila menggunakan hand sanitizer satu ini sesering mungkin.

Lifebuoy Hand Sanitizer

Selebihnya dari Lifebuoy:

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

3 min read

Kebiasaan Kecil Ajarkan Kebersihan Lingkungaan kepada Anak

Lima Kebiasaan ini dapat Anda lakukan bersama si kecil dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3 min read

5 Perawatan Kulit Mulus yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan kulit bisa membuat tampilan kulit menjadi mulus, tanpa mesti perawatan ke salon.

3 min read

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Bunuh Virus Corona

Mencuci tangan dengan sabun antibakteri bisa membunuh virus dan bakteri hingga 99,9%.