Apa Saja Manfaat Daun Mint Selain Untuk Bahan Masakan

Apa Saja Manfaat Daun Mint Selain Untuk Bahan Masakan?

AddTHis is disabled because of cookie content

Membahas tentang rempah-rempah untuk makanan dan minuman tentu belum lengkap tanpa menyebut daun mint. Tanaman yang pertama kali ditemukan di Eropa ini memang populer sebagai campuran aneka hidangan karena aromanya yang khas. Ternyata manfaat daun mint bukan hanya untuk menyedapkan makanan dan minuman melainkan juga berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Ingin tahu fakta seputar manfaat daun mint? Yuk, simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

 

1.  Daun Mint Sebagai Antibakteri Alami

Kandungan mentol dalam daun mint membuatnya memiliki sifat antibakteri alami yang kuat. Sifat istimewa tersebut dapat meminimalkan kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit pada kulit. Manfaat ini membuat daun mint kerap digunakan untuk bahan dasar produk perawatan kulit seperti sabun, pelembap, lip balm, dan minyak gosok.

 

2.  Kaya Kandungan Vitamin A

Seperempat cangkir atau 14 gr sajian daun mint segar mengandung vitamin A yang dapat memenuhi 12% kebutuhan gizi harian. Kandungan vitamin A tersebut penting untuk menjaga kesehatan mata dan menghaluskan kulit. Kamu akan terhindar dari risiko penyakit mata bila mengonsumsi daun mint dengan porsi seimbang secara teratur.

 

3.  Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan (Irritable Bowel Syndrome atau IBS) ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit perut, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar. Konsumsi daun mint dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan karena berkhasiat mendukung relaksasi otot-otot saluran pencernaan. Sebuah studi kesehatan membuktikan bahwa 75% pasien yang mengonsumsi minyak peppermint selama 4 minggu menunjukkan perbaikan gangguan pencernaan secara signifikan.

 

4.  Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian yang melibatkan 144 orang dewasa sebagai responden mengungkapkan bahwa mencium aroma mint selama 5 menit sebelum ujian menghasilkan peningkatan memori secara signifikan. Studi lainnya yang serupa juga menyatakan bahwa menghirup aroma mint saat mengemudi dapat meningkatkan kewaspadaan serta menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, dan kelelahan. Manfaat daun mint inilah yang membuatnya sering digunakan sebagai bahan dasar aromaterapi.

 

5.  Mempercepat Proses Penyembuhan Flu

Mayoritas obat flu dan pilek mengandung bahan mint karena mint mengandung senyawa mentol yang berperan sebagai dekongestan alami. Mentol dapat melegakan hidung tersumbat dan memperlancar aliran udara pada sistem pernapasan. Khasiat ini membuat kamu bisa bernapas dengan lega dan flu jadi lebih cepat sembuh.

 

6.  Menyamarkan Bau Mulut

Masalah bau mulut (halitosis) yang mengganggu juga bisa ditanggulangi dengan daun mint. Mengunyah permen karet rasa mint bisa menyamarkan bau mulut selama beberapa jam. Namun, kandungan mint tidak mengurangi bakteri atau senyawa penyebab bau mulut sehingga kamu tetap harus mengatasi masalah bau mulut secara intensif.

 

7.  Menjaga Kesehatan Kulit

Sekarang, daun mint juga kerap dijadikan sebagai bahan dasar skincare karena sifat antibakterinya dapat mencegah kemunculan jerawat. Di samping itu, manfaat daun mint juga dapat mencegah pori-pori tersumbat yang biasanya memicu komedo, menjaga kelembapan alami kulit, dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan antioksidan dalam daun mint juga berperan penting untuk mencegah kemunculan garis-garis halus sehingga gejala penuaan dini dapat diminimalkan.

Sekarang, manfaat daun mint juga bisa kamu dapatkan dalam menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Charcoal. Sabun mandi Lifebuoy ini diformulasikan dengan dua bahan alami yang terinspirasi dari alam, yaitu charcoal dan mint. Khasiat sabun mandi Lifebuoy Charcoal dan Mint membantu membersihkan secara menyeluruh kuman dan partikel polusi yang menutupi pori-pori kulit (berdasarkan hasil uji coba laboratorium terhadap sebum, kotoran, dan partikel polusi).

Antibacterial bodywash yang satu ini memberikan 10x perlindungan kuman dan membantu melawan masalah kesehatan kulit seperti gatal-gatal dan kulit kemerahan karena kuman. Kamu akan terbebas dari kulit gatal dan masalah kesehatan kulit lainnya. Mari memanfaatkan daun mint secara maksimal untuk mendukung kesehatanmu sekeluarga.

lifebuoy charcoal