4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sabun Cair

AddTHis is disabled because of cookie content

Sejak beberapa era ke belakang, sabun cair menjadi produk kebersihan diri yang semakin umum digunakan. Mayoritas masyarakat memilih sabun mandi berbentuk cair alih-alih menggunakan sabun batang. Hal ini secara otomatis membuat banyak produsen semakin berlomba-lomba menghadirkan merek dan produk sabun cair dengan menawarkan keunggulan masing-masing. Tak hanya sabun biasa, kini juga banyak sabun antibakteri yang juga hadir dalam bentuk cair. Banyaknya merek sabun cair yang tersedia di pasaran tersebut tak jarang membuat Anda bingung untuk memilihnya. Agar bisa menentukan pilihan sabun cair yang tepat, simak beberapa tipsnya di artikel ini. 

Mengapa Sabun Cair Semakin Digemari?

Jika dulu masyarakat beramai-ramai mengandalkan penggunaan sabun batang untuk mandi, kini penggunaan sabun batang justru sudah semakin berkurang. Sebagai gantinya, produk-produk sabun cair semakin mendominasi pasar dan banyak digunakan oleh hampir semua keluarga. Keputusan banyak orang untuk beralih menggunakan sabun cair tersebut tentu terjadi bukan tanpa alasan. Lalu, apa saja alasan yang membuat orang semakin tertarik menggunakan sabun cair?

1. Lebih Higienis

Sabun berfungsi untuk membunuh kuman, sehingga faktor higienitas menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan. Sabun cair dikemas dalam kemasan botol yang tertutup, sehingga kemungkinan transfer kuman saat Anda menggunakannya menjadi sangat kecil, bahkan hampir tak ada sama sekali. Hal ini tentu berbeda dengan sabun batang yang umumnya hanya dibungkus packaging minimal, dan mau tak mau harus dibiarkan terbuka saat sudah dilepas dari kemasannya. Dengan menggunakan sabun cair, Anda juga bisa sharing penggunaan sabun tanpa khawatir saling terkontaminasi kuman.

2. Penggunaan Lebih Praktis

Umumnya, seseorang kerap menuang sabun cair pada sebuah dispenser sabun agar mudah digunakan. Mekanisme pompa tekan yang dihadirkan tersebut, tentu membuat Anda tak perlu berusaha keras untuk mengeluarkan sabun. Hanya dengan beberapa kali pencet, Anda bisa menyesuaikan jumlah sabun yang ingin digunakan. Dengan menggunakan sabun cair, Anda juga bisa memanfaatkan spons mandi untuk membuat busa sabun dapat terusap lebih sempurna ke seluruh bagian tubuh.

3. Tidak Mudah Terpengaruh Lingkungan

Sabun batang mudah dipengaruhi suhu dan air, sehingga mudah lembek, habis, atau tak nyaman digunakan. Hal ini tentu berbeda dengan sabun cair yang berada dalam kemasan tertutup. Kondisi sabun cair lebih dapat terjaga seperti sediakala, karena tak mudah terpengaruh lingkungan yang ada di sekitarnya. Wadah tertutup sabun cair juga membuatnya lebih aman dari risiko kontaminasi kuman yang ada di udara. 

4. Busa yang Dihasilkan Lebih Banyak

Sabun cair bisa menghasilkan busa yang lebih banyak dalam waktu lebih singkat karena sifat konsentratnya yang mudah bereaksi dengan air. Ini memudahkan Anda untuk membersihkan diri secara menyeluruh. Banyaknya busa yang dihasilkan sabun cair juga bisa menambah sensasi segar dan nyaman saat Anda mandi atau membersihkan diri. Berdasarkan studi habit and attitude dari Unilever, 89% masyarakat memang mengaku lebih suka mandi dengan busa yang melimpah. Meski begitu, Anda sebaiknya memilih sabun cair yang telah dilengkapi teknologi busa cepat bilas, agar tidak merusak lingkungan.

5. Lebih Efisien Waktu Saat Digunakan

Saat menggunakan sabun batang, Anda harus berkali-kali menggosokkan sabun untuk memunculkan busa. Apabila tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin sabun yang licin tersebut akan terjatuh. Hasilnya, sabun batang akan terkontaminasi kuman yang ada di lantai kamar mandi Anda. Hal semacam ini tak akan terjadi apabila Anda menggunakan produk sabun cair. Cukup memompa sabun, Anda pun bisa langsung mengusapkannya ke seluruh bagian tubuh dengan efektif. Secara tidak langsung, mandi menggunakan sabun cair juga lebih efektif waktu.  

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sabun Cair

Berbagai keunggulan yang ditawarkan sabun cair tersebut cukup menjawab mengapa banyak orang memilih penggunaan jenis sabun ini. Namun, tentu tidak semua produk sabun cair yang ada di pasaran mampu memberikan manfaat maksimal seperti yang Anda harapkan. Agar tak ragu lagi saat hendak memilih sabun cair yang tepat, beberapa rekomendasi ini mungkin bisa Anda pertimbangkan. 

1. Wewangian atau Fragrance

Salah satu tujuan utama Anda mandi menggunakan sabun cair adalah untuk mendapatkan aroma tubuh yang lebih wangi dan segar. Setelah seharian beraktivitas dan berkeringat, tubuh memang secara otomatis akan mengeluarkan bau kurang sedap sebagai akibat reaksi interaksi antara keringat dengan bakteri di tubuh. Di saat seperti ini, hal yang paling Anda inginkan ketika mandi tentu adalah aroma wangi yang dapat membuat tubuh kembali segar. Karena itu, sebaiknya pilih sabun cair yang dilengkapi dengan aroma wangi tahan lama. Tak ada salahnya juga memilih sabun cair dengan aroma wewangian khas seperti kasturi, lemon, dsb. 

2. Efektivitas dalam Membunuh Bakteri

Tak hanya berpotensi menimbulkan masalah bau badan, bakteri dan kuman yang tidak dibersihkan secara sempurna dari tubuh juga berpotensi menjadi sumber munculnya berbagai penyakit. Sebab, bakteri tersebut bisa menyerang sistem imunitas tubuh dan membuat Anda rentan jatuh sakit. Salah satu manfaat mandi menggunakan sabun adalah untuk membasmi bakteri-bakteri yang muncul setelah Anda beraktivitas. Oleh karena itu, sabun cair yang baik seharusnya juga dilengkapi kandungan bahan antibakteri, sehingga mampu membasmi tuntas bakteri dalam waktu cepat. 

3. Faktor Ramah Lingkungan

Dengan kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan, kesadaran untuk menjaga alam memang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Tak perlu menunggu lama, kontribusi menjaga lingkungan tersebut bisa mulai dilakukan dengan langkah sederhana, misalnya memilih produk kebersihan yang ramah lingkungan. Dalam memilih sabun cair, perhatikan juga kandungan-kandungan yang tertera pada komposisi. Sebaiknya pilih produk sabun cair yang dirancang dengan bahan kimia ramah lingkungan. Akan semakin baik jika sabun cair yang Anda pilih juga terinspirasi dari bahan-bahan alam, sehingga lebih aman digunakan dan tidak merusak lingkungan.

4. Nama Besar dan Reputasi Merek

Sudah bukan rahasia jika nama besar suatu merek biasanya akan selalu berbanding lurus dengan kualitasnya. Merek sabun cair yang sudah populer dan dikenal luas, secara tidak langsung juga pasti telah banyak digunakan masyarakat. Salah satu cara paling mudah untuk memilih sabun cair yang baik, khususnya bagi orang awam, adalah dengan memilih merek yang sudah memiliki reputasi baik dan nama besar di tengah masyarakat. Sebab, semakin sering suatu produk sabun cair digunakan, berarti sudah semakin tinggi pula tingkat kepercayaan masyarakat terhadapnya. Hal ini secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa kualitas dan manfaat yang ditawarkan juga memuaskan. 

Apabila Anda masih kebingungan memilih sabun cair yang tepat, tak ada salahnya menggunakan sabun cair dari Lifebuoy. Sebagai salah satu merek sabun terkemuka yang sudah memiliki reputasi baik di tengah masyarakat Indonesia, Lifebuoy menghadirkan beragam varian sabun cair yang dirancang dengan beragam manfaat berbeda. Dengan begitu, Anda bisa leluasa memilih sabun cair yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Dilengkapi teknologi Active Silver+ Formula, sabun cair Lifebuoy terbukti efektif membasmi bakteri penyebab penyakit. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan produk-produk penuh manfaat yang terinspirasi dari alam seperti Lifebuoy Matcha & Aloe Vera, Lifebuoy Charcoal, hingga Lifebuoy Kasturi Musk. Pastikan Anda tidak salah memilih produk sabun cair yang tepat agar kebersihan diri dan keluarga terjaga secara maksimal!

 

Referensi:

 

vediherbals.com/blog/liquid-soap-vs-bar-soap-how-to-choose/

ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK144051/

b4brands.com/blog/schools-6-rules-for-buying-the-right-hand-soap-for-student-and-environmental-health/

unilever.co.id/news/press-releases/2016/Sabun-Gel-Konsentrat-Lifebuoy-Satu-Tetes.html




Diakses pada:

12 April 2019