Tak Perlu Panik, Atasi Batuk Pilek pada Anak dengan 5 Tips Berikut

Tak Perlu Panik, Atasi Batuk Pilek pada Anak dengan 5 Tips Berikut

AddTHis is disabled because of cookie content

Batuk pilek atau disebut juga common cold seringkali menyerang anak-anak. Biasanya, dalam setahun mereka mengalami batuk pilek selama beberapa kali. Hal ini disebabkan kekebalan tubuh anak yang belum matang sehingga rentan terinfeksi virus dan bakteri.

Batuk pilek yang disebabkan infeksi virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Berbeda dengan batuk pilek yang disebabkan infeksi bakteri yang perlu penanganan khusus.

Gejala batuk pilek pada anak sangat mudah dikenali, diantaranya batuk, demam (bisa mencapai 39 derajat Celcius), nyeri ketika menelan atau nyeri tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Anda tidak perlu khawatir jika anak mengalami batuk pilek. Hindari pemberian obat-obatan tanpa adanya resep dokter seperti antibiotik yang dapat menimbulkan resistensi antibiotik dan  efek samping lainnya pada anak.

Batuk pilek pada anak bisa diatasi dengan melakukan 5 tips mudah berikut.

1.    Perbanyak minum air putih hangat

Saat sedang sakit, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mengalami kehilangan cairan atau dehidrasi. Karena itu, memperbanyak minum air putih terutama air  hangat sangat dianjurkan.

Ketika anak mengalami batuk pilek, salah satu obat alami yang bisa Anda berikan adalah air putih hangat. Berikan anak air putih hangat untuk diminum. Minum air putih hangat juga membantu anak melegakan sakit tenggorokan.

2.    Berikan lemon dan madu

Campuran lemon dan madu bisa jadi pilihan alternatif ketika si kecil mengalami batuk  pilek. Lemon dan madu membantu melegakan tenggorokan ketika batuk dan mengatasi infeksi. Selain itu, campuran lemon dan madu juga bisa melegakan napas si kecil.

Anda dapat menuangkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, lalu tambahkan perasan buah lemon. Aduk sebentar, kemudian berikan kepada si kecil untuk meminumnya.

3.    Pastikan anak memiliki tidur yang cukup

Imun tubuh si kecil harus bekerja ekstra untuk melawan bakteri dan virus penyebab batuk pilek. Anda harus memastikannya memiliki tidur yang cukup. Dengan tidur yang cukup, badan si kecil bisa beristirahat dan lebih berenergi ketika terbangun.

Buat suasana kamar yang nyaman sehingga anak Anda bisa tidur dengan lelap. Anda bisa membersihkan kamarnya terlebih dahulu, mengganti seprai, selimut, dan membuang sampah yang ditinggalkan si kecil.

4.    Gunakan uap air

Batuk pilek seringkali menyebabkan hidung tersumbat. Hal ini bisa mengakibatkan si kecil sesak dan kesulitan bernapas. Namun, tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan membuat uap air hangat.

Masukan air hangat ke dalam baskom kecil. Pastikan suhu airnya tidak lebih dari 38 derajat Celcius, lalu biarkan si kecil menghirup uap air tersebut.

5.    Konsumsi sup ayam

Sup ayam banyak mengandung rempah-rempah di dalamnya. Selain enak dan bisa dikonsumsi kapan saja, sup ayam juga selalu menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika sedang sakit. Mengonsumsi sup ayam ketika batuk pilek juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Batuk pilek bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat serta menjaga kebersihan diri. Salah satu  contohnya yaitu rutin mencuci tangan dengan sabun yang menjadi perisai untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Anda dan keluarga bisa menggunakan produk hand wash seperti Lifebuoy Cool Fresh yang melindungi dari 10 infeksi kulit yang disebabkan kuman dan membantu Anda merasa sejuk dan segar.

 

Sumber:

alodokter.com/cara-sederhana-meringankan-batuk-pilek-pada-anak

alodokter.com/mengatasi-batuk-pada-bayi-dan-balita-di-rumah

health.kompas.com/read/2020/04/13/060000068/8-anjuran-yang-benar-bagi-orangtua-saat-anak-sakit-batuk-pilek

doktersehat.com/cara-alami-mengatasi-batuk-pilek-pada-anak/