Ini 5 Tanda Penyakit Kulit Kurap yang Perlu Anda Tahu

Ini 5 Tanda Penyakit Kulit Kurap yang Perlu Anda Tahu

AddTHis is disabled because of cookie content

Penyakit kurap atau kadas adalah penyakit kulit disebabkan infeksi jamur yang menyerang bagian teratas kulit. Penyakit ini ditandai dengan ruam kemerahan pada kulit yang berbentuk seperti cincin atau seperti cacing yang melingkar (ringworm). Kurap dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita, hewan, ataupun bersentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi jamur penyebab kurap.

Tanda utama penyakit kurap adalah ruam kemerahan berbentuk melingkar seperti cincin pada kulit. Sementara itu, beberapa tanda penyakit kurap lainnya dibedakan berdasarkan area yang terinfeksi. Misalnya pada kulit, kulit kepala, sela-sela jari kaki, wajah, dan selangkangan.

Berikut ini lima tanda penyakit kurap yang perlu Anda ketahui berdasarkan area yang terinfeksinya.

1.    Ruam kemerahan pada kulit

Tanda penyakit kurap ini mudah dijumpai karena tampilannya yang begitu mencolok. Ruam kemerahan ini seringkali disertai dengan gatal yang membuat penderita tidak tahan ingin menggaruknya.

Untuk mencegah ruam ini membesar, segera obati dengan mengoleskan salep yang bisa dijumpai di apotek dan toko-toko terdekat. Salep anti jamur yang bisa Anda gunakan berisi clotrimazole atau miconazole yang bisa dibeli tanpa perlu resep dokter.

2.    Jamur pada sela-sela jari kaki

Jamur penyebab kurap juga bisa menyerang sela-sela jari kaki. Hal ini menyebabkan rasa gatal dan membuat kulit menjadi mudah terkelupas. Selain itu, sensasi perih, kulit terbakar, serta kulit melepuh juga dirasakan penderita.

Jamur kurap yang menyerang jari kaki membuat penderita tidak nyaman terutama ketika bersentuhan dengan air. Kulit yang terkelupas pun menimbulkan sensasi perih karena air yang menempel langsung menyentuh bagian kulit yang terkelupas.

3.    Kulit kering dan menebal di telapak tangan

Telapak tangan pun menjadi salah satu sasaran jamur kurap. Telapak tangan bisa menyentuh apa saja mulai dari barang-barang yang sudah terkontaminasi jamur atau bersalaman dengan penderita penyakit kurap. Jamur yang menyerang telapak tangan membuat kulit telapak tangan kering dan menebal.

4.    Jamur kurap pada  kulit kepala

Jamur kurap juga bisa menyerang kulit kepala. Kulit kepala yang terkena kurap ditandai dengan timbulnya area kecil yang bersisik. Selain menyebabkan gatal, jamur pada kulit kepala juga menyebabkan kulit menjadi terasa perih dan rambut menjadi rontok hingga mengalami kebotakan.

Dalam tingkat yang lebih parah, kurap pada kulit kepala bisa menjadi nanah dan menyebabkan luka. Luka yang membesar dan bertambah parah membuat penderita mengalami demam dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

5.    Jamur kurap pada wajah

Jamur kurap yang menyerang wajah terbagi menjadi dua yaitu tinea faciei dan tinea barbae. Perbedaan ini didasarkan pada lokasi infeksinya. Tinea faciei menyerang kulit wajah yang tidak berambut seperti pipi, dahi, dan batang hidung. Tinea barbae menyerang daerah wajah yang berambut seperti kumis dan jenggot.

Tanda kurap pada wajah hampir sama seperti pada area tubuh lain, yaitu ruam kemerahan berbentuk cincin yang bagian luarnya tidak beraturan. Ruam kemerahan ini menyebabkan kulit wajah menjadi gatal, panas, dan membengkak. Selain itu, kurap pada wajah akan menjadi semakin parah ketika terpapar sinar matahari.

Kurap pada bagian tubuh mana pun bisa diobati dengan menggunakan salep dan krim anti jamur. Bila kurap sudah semakin parah, segera hubungi dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan khusus. Dokter biasanya akan meresepkan obat anti jamur yang diminum di samping krim dan salep.

Untuk mencegah penyakit kurap, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat yang senantiasa menjaga kebersihan. Diantaranya selalu mandi dan keramas minimal sehari dua kali, rajin mencuci tangan dengan sabun, tidak berbagi barang pribadi Anda dengan orang lain seperti handuk, sikat gigi, topi, dan pakaian.

Demi mendukung gaya hidup bersih dan sehat, Anda bisa menggunakan berbagai produk Lifebuoy. Lifebuoy memiliki berbagai macam produk mulai dari Lifebuoy Body Wash, Hand Wash, shampoo, dan hand sanitizer. Produk Lifebuoy bisa dibeli dengan mudah di supermarket, online shop, dan toko-toko terdekat.

 

Sumber:

alodokter.com/kurap

halodoc.com/kesehatan/kurap

klikdokter.com/penyakit/kurap

halosehat.com/penyakit/kulit-dan-kelamin/ciri-ciri-kurap

halodoc.com/artikel/ketahui-penyebab-kurap-bisa-muncul-di-wajah