JPEG - Hindari Kolera dengan 7 Tips Pencegahan Ini

Hindari Kolera dengan 7 Tips Pencegahan Ini

AddTHis is disabled because of cookie content

Kolera adalah penyakit menular mematikan pada saluran cerna yang disebabkan bakteri vibrio cholerae. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri kolera. Penyakit ini dapat menjangkiti anak-anak maupun orang dewasa yang ditandai dengan diare hebat dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Gejala utama penyakit kolera adalah diare parah. Umumnya, feses penderita kolera berwarna putih seperti susu atau seperti air cucian beras. Selain diare, beberapa gejala lainnya yaitu mual, muntah, kram perut dan kaki.

Dikutip dari AloDokter, gejala kolera yang muncul pada anak-anak lebih berat dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak yang terkena kolera lebih berisiko mengalami gula darah rendah (hipoglikemia) yang bisa menyebabkan kejang dan penurunan kesadaran.

Apabila mengalami dehidrasi, orang yang terinfeksi kolera harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Gejala-gejala dehidrasi yang disebabkan kolera dan harus diperhatikan diantaranya mulut yang terasa kering, haus berlebihan, mudah marah, tubuh lemas, jantung berdebar, dan urine yang keluar sangat sedikit atau bahkan tidak ada.

Untuk menghindari penyakit kolera, yuk terapkan tujuh tips pencegahan berikut ini.

1.    Rutin mencuci tangan dengan sabun

Bakteri dapat menempel di mana saja, terutama di tangan Anda. Karena itu, Anda perlu rutin mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan atau selepas dari kamar mandi. Jika tidak menemukan sabun, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol dan antiseptik.

Mencuci tangan dengan sabun menjadi langkah utama mencegah timbulnya berbagai penyakit. Apabila Anda mengambil makanan dengan tangan kotor, ada kemungkinan kuman/bakteri penyebab penyakit yang menempel pada tangan masuk ke tubuh.

2.    Hindari makanan dan minuman yang tidak higienis

Makanan dan minuman yang dijual di pinggir jalan memang kerap membuat Anda tergoda untuk membelinya. Namun, Anda sebaiknya memastikan kebersihan makanan dan minuman tersebut, seperti bahan baku dan cara pembuatannya.

Jika Anda ingin ngemil di sela bekerja atau belajar, sebaiknya membuat sendiri camilan sehat yang mudah dibuat di rumah. Selain lebih hemat, Anda bisa memastikan kualitas bahan yang digunakan dan cara pembuatannya lebih higienis.

3.    Minum air putih yang telah dimasak

Tips pencegahan lainnya yaitu membiasakan minum air putih yang telah dimasak. Air yang telah dimasak sampai mendidih dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, minum air putih yang sudah dimasak dapat menyehatkan pencernaan. Sebaiknya Anda menghindari membeli minuman dingin jika kurang yakin dengan kebersihannya.

4.    Cuci buah dan sayur sampai bersih

Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi sangatlah penting. Buah dan sayur umumnya diberikan pestisida untuk mengurangi hama dan serangga yang menempel. Nah, untuk menghilangkan pestisida, Anda harus mencuci buah dan sayur terlebih dahulu sampai bersih.

5.    Hindari konsumsi seafood, ikan mentah, dan sayuran yang tidak dimasak

Seafood, ikan mentah, dan sayuran pun harus dimasak untuk membuang racun dan kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkannya sampai bersih, terutama pada ikan dan seafood.

6.    Kurangi konsumsi susu mentah dan produk olahan susu

Jika membeli susu sapi yang baru saja diperah, sebaiknya dimasak lebih dulu. Baik susu mentah maupun produk olahan susu seperti yoghurt dan es krim, seringkali terkontaminasi bakteri. Karena itu, pastikan Anda juga menyimpan susu dan produk olahan turunan susu sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan untuk menjaga kualitasnya.

7.    Melakukan vaksinasi kolera

Terdapat tiga vaksin yang dikeluarkan WHO untuk mencegah penyakit kolera. Bagi orang dewasa, dua dosis vaksin kolera dapat mencegah mereka dari bakteri kolera selama dua tahun. Bagi anak-anak, dibutuhkan tiga dosis vaksin kolera selama enam bulan.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Mencegah diri Anda dari berbagai macam virus dan bakteri dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy Antibacterial Hand Wash Total 10 atau Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting yang tersedia di toko-toko terdekat.

 

Sumber:

alodokter.com/kolera

halodoc.com/artikel/8-langkah-yang-harus-dilakukan-untuk-mencegah-kolera

halodoc.com/artikel/ketahui-penanganan-penyakit-kolera-pada-anak

gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/penyakit-kolera/

health.detik.com/berita-detikhealth/d-1494421/cara-mencegah-penyakit-kolera

health.kompas.com/read/2020/04/06/060100568/kolera-gejala-penyebab-cara-mengobati-dan-cara-mencegah?page=all

google.com/amp/s/cantik.tempo.co/amp/773165/tahukah-kamu-pestisida-pada-buah-dan-sayur-tak-benar-benar-hilang

m.merdeka.com/sehat/minum-air-mendidih-dan-dapatkan-4-manfaat-sehat-ini.html#:~:text=Minum%20segelas%20air%20hangat%20yang,dan%20bahkan%20mengurangi%20berat%20badan