8 Manfaat Lari Sore untuk Tubuh Sehat dan Bugar

8 Manfaat Lari Sore untuk Tubuh Sehat dan Bugar

Rutinitas yang sibuk tak boleh dijadikan alasan yang membuatmu malas berolahraga. Faktanya, olahraga secara rutin sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh agar kamu selalu sehat. Salah satu olahraga yang praktis dan menyenangkan sehingga bisa dilakukan hampir setiap hari adalah lari sore.

Meskipun terbilang sederhana, manfaat lari sore ternyata sangat baik bagi kesehatanmu. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1.  Meningkatkan Ketahanan Tubuh saat Berolahraga

Sebuah penelitian kesehatan membuktikan bahwa aktivitas lari antara jam 2 hingga 6 sore dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan performa olahraga. Pada rentang waktu tersebut, fungsi otot berada dalam kondisi maksimal sehingga membuat tubuh bisa menyerap oksigen secara maksimal. Itulah sebabnya manfaat lari sore ini merupakan awal yang baik jika kamu ingin konsisten melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

2.  Melatih Sistem Pernapasan

Manfaat lari sore yang paling penting bagi tubuhmu adalah melatih sistem pernapasan. Bila kamu rutin lari sore, jantungmu jadi terbiasa memompa darah dari dan ke seluruh tubuh dengan intensitas tinggi. Di samping itu, aktivitas lari juga membantu memaksimalkan kinerja paru-paru sehingga kamu terhindar dari risiko penyakit pernapasan.

3.  Meningkatkan Kesehatan Otak

Tak banyak orang yang tahu kalau manfaat lari sore juga baik bagi kinerja otak. Olahraga yang satu ini dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak. Jika otak memperoleh asupan oksigen yang memadai, maka kamu bisa berpikir kreatif, mudah fokus, dan bersemangat menyelesaikan aktivitas di hari berikutnya.

4.  Membantu Mengurangi Stres

Lari sore juga bermanfaat mengurangi stres sehingga kamu jadi lebih sehat dan rileks. Aktivitas lari dapat meningkatkan hormon endorfin yang bermanfaat memperbaiki suasana hati. Segala ketegangan pikiran usai bekerja atau belajar akan lekas hilang jika kamu rutin melakukan lari sore.

5.  Membakar Asupan Kalori Usai Makan Siang

Makan siang dengan porsi besar membuat tubuh menimbun kalori berlebihan. Bahkan, nafsu makan semakin berlipat ganda di siang hari jika kamu kerap melewatkan sarapan. Bila hal ini terjadi terus-menerus, kemungkinan besar kamu mengalami kelebihan berat badan bahkan obesitas. Untuk mengurangi risiko kelebihan kalori, sebaiknya kamu lari sore secara teratur minimal 3 kali seminggu. Sehingga tubuh dapat membakar kalori dan cadangan lemak berlebihan agar terhindar dari risiko kelebihan berat badan.

6.  Menjadi Solusi Olahraga Jika Kamu Susah Bangun Pagi

Banyak orang merasa kesulitan berolahraga di pagi hari karena susah bangun pagi. Aktivitas yang super sibuk memang gampang membuat tubuh lelah dan menyita waktu istirahat hingga menjelang tengah malam. Akibatnya, kamu memilih tidur lebih lama di pagi hari dan melewatkan waktu olahraga. Kendala ini dapat diatasi dengan berolahraga di sore hari supaya kamu bisa tetap beraktivitas fisik secara teratur. Olahraga lari sore merupakan pilihan terbaik karena tidak membutuhkan persiapan khusus dan dapat dilakukan di mana saja.

7.  Meningkatkan Kualitas Tidur

Kondisi stres yang sedang kamu alami bisa membuatmu jadi susah tidur. Namun, masalah yang satu ini dapat diatasi secara mudah dengan melakukan kegiatan lari sore secara teratur. Aebuah penelitian kesehatan yang dilakukan tahun 2019 menyatakan bahwa lari sore membuat tubuh dan pikiran rileks sehingga terhindar dari risiko insomnia. Setelah lari sore, kamu akan merasa lebih tenang dan bisa tidur lelap sepanjang malam.

8.  Mendukung Proses Penurunan Berat Badan

Aktivitas lari sore merupakan cara paling mudah dan efektif untuk mendukung proses penurunan berat badan. Tubuh akan cadangan lemak berlebih ketika kamu melakukan olahraga lari sehingga berat badan akan berkurang secara alami. Jadi, tak mengherankan jika orang yang rutin olahraga lari memiliki postur tubuh yang ideal dan terhindar dari kelebihan berat badan.

 ***

Setelah melakukan aktivitas lari sore, jangan lupa membersihkan tubuh dengan telaten agar kamu kembali merasa segar dan terhindar dari mikroorganisme penyebab penyakit. Sekarang, ada Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh yang dapat membantumu membersihkan kulit secara maksimal.

Varian sabun cair Lifebuoy ini mengandung kristal mentol organik dari minyak daun peppermint yang dapat membersihkan secara mendalam hingga ke pori-pori serta menghaluskan kulit. Sensasi menyejukkan dari gel yang mengandung minyak peppermint akan membuat kulit terasa segar sekaligus melindungi kulit dari infeksi secara alami.

Kebiasaan olahraga teratur dan membersihkan tubuh secara telaten akan membuatmu selalu sehat dan bersemangat menjalani rutinitas sehari-hari.

lifebuoy cool fresh