Lifebuoy - 5 Penyebab dan Cara Menyembuhkan Batuk yang Mengganggu

5 Penyebab dan Cara Menyembuhkan Batuk yang Mengganggu

AddTHis is disabled because of cookie content

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, batuk yang tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang lebih serius. Itulah sebabnya Anda harus mengenali beragam penyebab batuk agar dapat mencari tahu cara menyembuhkannya secara tepat.

Ulasan tentang penyebab dan cara menghilangkan batuk berikut ini akan membantu Anda mengatasi penyakit tersebut secara praktis.

Mengenal Beragam Penyebab Batuk

Beberapa hal yang bisa menjadi faktor pemicu yang menyebabkan batuk antara lain:

1.    Menghirup zat yang rentan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Penyebab ini dapat terjadi jika Anda sering beraktivitas di tempat yang terpapar polusi udara.

2.    Memiliki riwayat alergi pernapasan terhadap debu, serbuk bunga, atau bulu hewan.

3.    Kebiasaan merokok.

4.    Radang paru-paru akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur (pneumonia).

5.    Penyakit Tuberkulosis (TBC) akibat infeksi virus.

6.    Peradangan pada lapisan bronkus paru-paru (bronkitis).

7.    Sesak napas (asma).

8.    Infeksi saluran pernapasan bagian atas (post nasal drip) dan bawah.

9.    Refluks asam lambung atau yang dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

10.    Konsumsi jenis obat tertentu yang memicu batuk kering.

Berbagai Cara Efektif Menghilangkan Batuk

Jangan panik dulu bila Anda atau anggota keluarga sedang mengalami batuk. Lakukan beberapa cara menghilangkan batuk ini supaya gangguan pernapasan berangsur-angsur sembuh:

1.    Istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan dapat melawan mikroorganisme penyebab batuk secara maksimal. Biasanya dokter akan memberikan resep yang mengandung zat pemicu rasa kantuk sehingga Anda bisa tidur nyenyak tanpa terganggu oleh batuk dan tenggorokan gatal.

2.    Mengonsumsi air lebih banyak dari biasanya supaya tenggorokan tidak kering dan tidak menyebabkan batuk.

3.    Mengonsumsi permen atau minuman yang mengandung peppermint. Menthol yang terkandung dalam peppermint memiliki manfaat alami yang baik untuk melegakan pernapasan. Tumpukan dahak yang membuat Anda sesak napas dan batuk akan hilang bila Anda mengonsumsi peppermint.

4.    Selain peppermint, jahe juga memiliki khasiat yang sama untuk mengatasi batuk. Cita rasa jahe yang hangat dapat membantu melegakan pernapasan dan membuat temperatur tubuh jadi lebih hangat. Campurkan jahe yang sudah dikupas dan dimemarkan ke dalam minuman hangat Anda. Cara menghilangkan batuk dengan jahe tak hanya efektif tetapi juga tidak menimbulkan efek samping buruk bagi kesehatan.

5.    Menghentikan kebiasaan yang dapat memperparah batuk, misalnya merokok atau bermain dengan hewan peliharaan tanpa menggunakan masker.

6.    Tidur dengan posisi bantal kepala yang tinggi. Ketika Anda batuk, saluran pernapasan akan tertutup lendir bila Anda tidur dengan bantal yang rendah. Itulah sebabnya Anda harus menambah jumlah bantal supaya kinerja sistem pernapasan tidak terganggu dan batuk segera hilang.

7.    Menghirup udara segar pagi hari. Udara segar yang bersih akan membantu membersihkan sistem pernapasan dan menghilangkan batuk secara alami. Anda juga bisa pergi berlibur ke pegunungan untuk mendapatkan udara segar yang ampuh mengatasi batuk.

8.    Menjauhkan diri dari orang-orang sekitar yang juga sedang batuk. Waktu pemulihan Anda akan semakin lama bila selalu terpapar udara kotor dari orang-orang sekitar yang sedang sakit. Batuk adalah penyakit menular yang membuat Anda harus ekstra waspada.

9.    Untuk melindungi diri sendiri dari paparan mikroorganisme penyebab penyakit, Anda harus membersihkan diri sampai tuntas setiap hari. Jangan lupa menggunakan sabun cair Lifebuoy agar tubuh higienis sepanjang hari. Varian sabun cair Lifebuoy Total10 terbukti ampuh melindungi tubuh dari berbagai kuman penyebab penyakit.

10.    Tak hanya membuat kulit selalu sehat, Anda pun akan terhindar dari risiko batuk dan penyakit menular lainnya. Daripada sibuk mencari cara menghilangkan batuk, alangkah lebih baik jika Anda mencegahnya dari sekarang.

 

Sumber:

alodokter.com/batuk-batuk/penyebab

alodokter.com/penyebab-batuk-berdahak-dan-batuk-kering-serta-cara-mengobatinya

everydayhealth.com/cold-and-flu/cough-relief/

halodoc.com/kesehatan/batuk

healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies#probiotics

webmd.com/cold-and-flu/features/nighttime-relief#1

 

Diakses pada:

10 Februari 2020