Yakin Kebersihan Rumah Sudah Terjaga? Ini 7 Ciri Lingkungan Sehat

Yakin Kebersihan Rumah Sudah Terjaga? Ini 7 Ciri Lingkungan Sehat

AddTHis is disabled because of cookie content

Menjaga kebersihan diri sendiri untuk menjamin kesehatan keluarga tidaklah cukup. Kebersihan lingkungan juga harus tercipta guna mendukung hidup yang lebih berkualitas. Pasalnya ketika berada di lingkungan yang kotor, virus dan bakteri menjadi hidup lebih bebas dan bisa menyerang Anda dan keluarga kapan saja.

Anda jangan cepat merasa berpuas hati ketika melihat kondisi lingkungan sudah tampak bersih. Seringkali terjadi lingkungan yang dianggap bersih nyatanya masih menimbulkan beragam penyakit. Untuk itu, mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dan mewujudkannya di kawasan rumah Anda sangat penting dipahami guna bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat yang seutuhnya.

Setidaknya, ada tujuh ciri lingkungan sehat yang dapat menjadi tolok ukur Anda dapat menilai kebersihan lingkungan. Berikut ini adalah kriterianya.

1.    Keberadaan Air Bersih

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang mampu menyediakan air bersih untuk warga yang ada di sekitarnya. Apabila Anda mendapati air di kawasan rumah Anda masih keruh dan kotor, artinya lingkungan Anda belumlah bersih untuk mendukung kesehatan.

2.    Udara yang Segar

Udara yang segar merupakan ciri kebersihan lingkungan yang tidak terbantahkan sebab dapat memberikan asupan oksigen yang mencukupi dan tidak mengganggu pernapasan. Ciri-ciri udara bersih adalah tidak berwarna atau berbau. Udara bersih ini dapat tercipta di lingkungan yang memiliki banyak pohon yang memproduksi oksigen secara alami.

3.    Banyak Pepohonan

Ciri lingkungan sehat lainnya adalah banyaknya pepohonan hijau di kawasan sekitar rumah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pepohonan hijau dapat menghasilkan oksigen alami dari hasil fotosintesis. Kondisi ini membuat udara di lingkungan rumah Anda menjadi segar dan bersih. Banyaknya pepohonan juga membuat kondisi lingkungan jauh dari kesan gersang.

4.    Sampah Terkelola

Sampah berserakan di mana-mana dengan bau yang menyengat jelas bukan ciri lingkungan sehat. Sebaliknya, lingkungan yang bersih umumnya memiliki fasilitas pengelolaan sampah yang memadai sehingga jauh dari masalah sampah berserakan. Contohnya dengan banyaknya tempat sampah yang ada di kawasan lingkungan. Dalam lingkungan sehat, umumnya sampah juga akan dikelompokkan dan diolah di fasilitas yang sudah disediakan atau yang dirujuk.

5.    Saluran Air Lancar

Lancarnya saluran air sangat menentukan bersih tidaknya lingkungan rumah Anda. Pada lingkungan yang sehat, saluran air akan mengalir lancar sehingga tidak menimbulkan genangan yang memungkinkan risiko bau tidak sedap sampai sarang nyamuk yang menjadi sumber penyakit.

6.    Tiada Hewan Berkeliaran

Tikus got ataupun kucing dan anjing liar umumnya akan malas berada di lingkungan yang bersih. Pasalnya, lingkungan yang bersih tidak menyediakan bahan makanan yang cukup bagi mereka, yang umumnya didapatkan dari sampah. Jadi, jika Anda masih sering melihat hadirnya tikus di lingkungan rumah Anda, sudah saatnya untuk bergotong royong mengajak warga sekitar untuk membersihkan lingkungan.

7.    Bangunan Tertata

Kebersihan lingkungan juga baru dapat terwujud apabila bangunan-bangunan yang merupakan bagian di dalamnya tertata baik. Jika tidak, lingkungan akan terlihat kumuh dan bisa menjadi sarang penyakit. Bangunan yang tertata sendiri merujuk pada kondisi bangunan yang rapi dan enak dilihat mata. Selain itu, dengan penataan yang baik, ciri-ciri lingkungan sehat lainnya dapat terlihat, seperti adanya pohon yang hijau, sampah yang tidak berserakan, juga saluran air yang tidak tersumbat.

Tips Jaga Kebersihan Lingkungan

Apabila kawasan rumah Anda belum menunjukkan ciri lingkungan sehat, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Ini saatnya Anda mewujudkan kebersihan lingkungan guna mendukung kesehatan Anda dan keluarga. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kebersihan lingkungan tersebut.

1.    Perbanyak Tempat Sampah

Mulailah bergerak untuk menciptakan banyak tempat sampai di sekitar jalan lingkungan. Tujuannya untuk menghindarkan sampah yang berserakan, yang menjadi sarang dari berbagai virus dan bakteri.

2.    Tanam Pohon

Bergeraklah mulai dari rumah sendiri. Anda bisa menanam beberapa pohon sekaligus di halaman rumah Anda. Kemudian cobalah ajak tetangga untuk ikut menanam pohon. Jika tiap rumah sudah memiliki tanaman pohon hijau, kini saatnya mulai menanam sekitar area luar rumah yang terlihat gersang.

3.    Kerja Bakti

Cobalah melakukan kerja bakti untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. Cara ini akan sangat efektif. Dengan kerja bakti warga, saluran air yang mampet bisa dilancarkan. Sampah yang berserakan juga bisa dibenahi. Sarang-sarang nyamuk yang ada di genangan air kawasan sekitar rumah juga dapat dibasmi.

Jika lingkungan sudah bersih dan sehat, pastikan kebersihan diri sendiri dan keluarga juga terjaga dan tidak berkurang sedikit pun. Mandilah dua kali sehari dan sering-seringlah mencuci tangan dengan produk kesehatan yang terpercaya dari Lifebuoy.

 

Sumber:

rumah.com/panduan-properti/mengenal-ciri-ciri-lingkungan-sehat-dan-cara-menjaganya-27741

rinso.com/id/sustainability/12-ciri-lingkungan-sehat-dan-cara-mewujudkannya.html

enervon.co.id/news/676/berikut-ini-ciri-ciri-lingkungan-tidak-sehat-yang-perlu-kamu-perhatikan/

pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01331081/9-tips-menjaga-lingkungan-sekitar-tempat-tinggal-agar-tetap-sehat