Sabun Anti Bakteri Semakin Penting Digunakan di 7 Waktu Ini

AddTHis is disabled because of cookie content

Penyakit menular memang berisiko menyerang siapa saja dalam keadaan apapun, terutama ketika cuaca sedang tidak bersahabat dan tubuh dalam kondisi kurang fit. Selain mengonsumsi makanan bergizi setiap hari, Anda juga harus menjaga kebersihan diri secara telaten. Penggunaan sabun anti bakteri merupakan solusi paling praktis untuk menjaga kebersihan diri. Namun selama ini, banyak yang belum menyadari pentingnya sabun anti bakteri untuk kesehatan tubuh. 

 

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Sabun Anti Bakteri?

 

Menggunakan sabun biasa yang tak memiliki kandungan bahan anti bakteri memang tak salah, namun manfaat yang Anda dapat tentu juga kurang maksimal. Sebab, tak hanya berguna membersihkan tubuh, sabun anti bakteri juga dirancang khusus sehingga mampu melawan bakteri penyebab masalah kesehatan. Manfaat perlawanan terhadap bakteri ini tentu sangat diperlukan, mengingat setiap harinya ada jutaan bakteri yang bisa menempel di tubuh manusia. Apalagi, kondisi lingkungan dan udara saat ini juga semakin memprihatinkan. Bahkan hanya dengan menyentuh barang atau melakukan aktivitas outdoor pun, tubuh Anda tanpa disadari sudah terkontaminasi banyak bakteri, sebum, dan partikel polusi. Dengan menggunakan sabun anti bakteri untuk mandi dan membersihkan diri, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, di antaranya:

 

  • Meminimalkan risiko penyebaran penyakit

  • Membantu mengatasi peradangan kulit

  • Mendukung sistem kekebalan tubuh

  • Mempercepat proses penyembuhan

  • Menjaga kebersihan tubuh lebih lama

  • Mengatasi penyebab bau badan

 

Menggunakan Sabun Anti Bakteri Semakin Penting di 7 Saat Ini

 

Dengan beragam manfaat perlindungan yang ditawarkan, tak ada salahnya jika Anda dan keluarga mulai mempertimbangkan penggunaan sabun anti bakteri untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi, jika Anda dan keluarga memiliki tingkat aktivitas tinggi sehingga rentan terpapar bakteri. Jika Anda belum menggunakan sabun dengan kandungan anti bakteri untuk aktivitas mandi rutin, namun Anda disarankan untuk menggunakannya setidaknya saat melakukan hal-hal berikut ini. Sebab, di 7 waktu inilah tubuh manusia semakin berisiko terpapar bakteri, sehingga Anda membutuhkan proteksi lebih untuk melindungi diri:

1. Setelah Beraktivitas di Luar Ruangan

Bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, tubuh pasti secara otomatis terkena paparan polusi udara, kotoran, dan bakteri penyebab penyakit. Setelah berkegiatan di luar ruangan, apalagi melakukan berbagai kegiatan berat seperti olahraga, Anda sangat disarankan membersihkan diri dan mandi menggunakan sabun anti bakteri. Sebab, di udara bebas yang penuh polusi, risiko paparan bakteri juga semakin meningkat. Begitupun setelah Anda berolahraga, keringat yang bercampur dengan bakteri berisiko menimbulkan penyakit hingga masalah bau badan. Itu sebabnya, penggunaan sabun anti bakteri sangat penting untuk membersihkan diri sekaligus membasmi bakteri yang ada.

2. Sesaat Sebelum Makan

Sebisa mungkin hindari kebiasaan makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, tangan merupakan bagian tubuh utama yang paling rentan terkontaminasi bakteri. Menurut penelitian yang pernah dilakukan ilmuwan University of Colorado, ada setidaknya 3.200 bakteri dari 150 spesies yang hidup di tangan manusia setiap waktunya. Oleh karena itu, walaupun secara kasat mata terlihat bersih, Anda tetap diwajibkan mencuci tangan sebelum makan. Agar semakin efektif membunuh bakteri jahat yang ada, itulah mengapa Anda semakin disarankan menggunakan sabun cuci tangan yang dilengkapi kandungan anti bakteri. 

3. Setelah Menggunakan Toilet

Toilet yang tampak bersih belum tentu bebas dari bakteri penyebab penyakit. Justru, dalam setiap meter persegi kloset, terdapat lebih dari satu juta bakteri yang ada di atasnya. Begitupun dengan pegangan pintu kamar mandi, yang juga menjadi salah satu tempat persemayaman bakteri paling besar. Oleh karena itu, setiap habis ke toilet, Anda wajib mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri. Selain melindungi diri sendiri, hal ini juga dapat mencegah terjadinya persebaran bakteri yang lebih luas ke orang-orang di sekitar Anda. 

4. Sebelum dan Sesudah Kontak dengan Anak

Ketika merawat anak, kemungkinan besar Anda harus menangani urusan buang air kecil dan buang air besar, mengganti popok, dan memandikannya. Belum lagi, si Kecil juga sering mengompol atau bahkan muntah saat berada di gendongan Anda. Hal ini tentu membuat tubuh Anda menjadi rentan terpapar kuman. Itu sebabnya, Anda juga disarankan mandi menggunakan sabun anti bakteri sebelum dan setelah mengurus anak, terutama apabila tubuh Anda terkena kontak langsung dengan muntahan, urin, atau feses si Kecil. Meski kotoran tubuh anak-anak lebih bersih dibandingkan orang dewasa, bukan berarti hal itu menghindarkan Anda dari bakteri berbahaya penyebab penyakit. 

5. Saat Sedang Sakit

Anda juga butuh perlindungan dari sabun anti bakteri saat sedang sakit. Terutama bila Anda mengidap penyakit menular seperti diare, tuberkulosis, pneumonia, atau jenis penyakit lainnya. Membersihkan tubuh dengan sabun yang mengandung bahan anti bakteri akan membantu membasmi mikroorganisme penyebab penyakit. Bila tubuh terbebas dari mikroorganisme tersebut, Anda pasti lebih cepat pulih. Tak hanya itu, membersihkan diri menggunakan sabun anti bakteri juga dimaksudkan mencegah orang-orang di sekitar Anda tertular dampak penyakit. 

6. Ketika Merawat Orang Sakit

Butuh fisik yang prima untuk merawat orang sakit. Sebab, di tubuh maupun lingkungan sekitar orang sakit, ada lebih banyak bakteri berbahaya yang mudah mengontaminasi. Supaya tubuh tetap terlindungi, jangan lupa mandi atau mencuci tangan dengan sabun anti bakteri sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan orang sakit. Membersihkan tubuh dengan sabun anti bakteri sebelum merawat orang sakit berfungsi mencegah agar bakteri yang Anda bawa dari luar tidak berpindah pada si pasien dan menyebabkan kondisinya makin buruk. Sementara itu, membersihkan diri setelah kunjungan berfungsi membersihkan bakteri agar tidak memengaruhi kesehatan Anda sendiri. 

 

7. Cuaca Sedang Tidak Bersahabat

Perubahan cuaca ekstrem turut mendukung perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit secara cepat. Hal ini karena temperatur panas dan udara lembap adalah kondisi yang cocok bagi proses perkembangbiakan mikroorganisme. Itu sebabnya, Anda lebih rentan mengidap penyakit menular ketika beraktivitas di luar ruangan. Bahkan, berkeringat dalam waktu lama juga meningkatkan risiko terjangkit penyakit. Demi melindungi kesehatan Anda, gunakanlah sabun anti bakteri saat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, misalnya di momen pancaroba atau pergantian cuaca. 

 

Setelah terbiasa membersihkan diri dengan sabun anti bakteri di waktu-waktu tersebut, tak ada salahnya untuk melanjutkan penggunaannya untuk kebutuhan mandi sehari-hari. Tak hanya bersih dan segar, tubuh juga bisa menjadi lebih sehat. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan produk sabun mandi dari Lifebuoy. Semua varian sabun Lifebuoy sudah dirancang dengan bahan anti bakteri, sehingga efektif memberikan perlindungan terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan, berdasarkan hasil uji coba laboratorium. Yuk, mulai gunakan sabun anti bakteri untuk melindungi diri dan keluarga!

 

 

Referensi:

 

chicagotribune.com/news/ct-xpm-2006-12-07-0612070014-story.html

unitypoint.org/blankchildrens/article.aspx?id=68ac1797-834f-409c-947b-4df322b04380

dermnetnz.org/topics/antibacterial-soap/

chicagotribune.com/news/ct-xpm-2006-12-07-0612070014-story.html



Diakses pada: 10 April 2019