Kulit Kering dan Kemerahan Kenali 5 Ciri Kulit Sensitif Berikut

Kulit Kering dan Kemerahan? Kenali 5 Ciri Kulit Sensitif Berikut

AddTHis is disabled because of cookie content

Kulit sensitif adalah suatu kondisi kulit bereaksi berlebihan karena faktor genetik atau lingkungan. Reaksi yang ditimbulkan kulit sensitif diantaranya kulit menjadi kering, muncul ruam kemerahan, gatal, sensasi panas dan terbakar. Kulit sensitif pun bisa semakin memburuk jika dibiarkan dan terpapar udara dingin maupun kering. Untuk kasus yang lebih parah, kulit sensitif juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit jika tidak segera ditangani.

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan berpengaruh besar pada munculnya kulit sensitif. Semua produk kecantikan yang langsung bersentuhan dengan kulit seperti kosmetik, sabun, lotion, detergen, dan pewangi bisa menimbulkan kulit rentan mengalami peradangan. Selain itu, penggunaan yang tidak tepat dan berlebihan menjadi faktor pendukung penyebab kulit sensitif.

5 Ciri-ciri Kulit Sensitif

1.    Ruam kemerahan pada wajah

Ruam kemerahan biasanya muncul ketika kulit wajah bersentuhan dengan kosmetik yang tidak cocok atau terpapar lingkungan yang terlalu panas ataupun dingin. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan kosmetik tersebut. Sebelum berpindah ke kosmetik yang lain, biarkan kulit wajah Anda selama seminggu tanpa produk kosmetik apa pun untuk mencegah terjadinya iritasi.

2.    Mudah terkena alergi

Kulit sensitif rentan terkena alergi karena permukaannya lebih tipis daripada kulit yang lain. Permukaan yang tipis inilah yang menyebabkan kulit sensitif juga mudah terkena berbagai penyakit.

Kulit sensitif  sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika kondisi lingkungan berubah, kulit sensitif pun ikut berubah. Perubahan kulit tersebut ditandai dengan alergi. Ketika kulit terkena alergi, kulit sensitif akan menjadi kemerah-merahan dan muncul bintik-bintik alergi.

3.    Kulit sering mengelupas

Ciri kulit sensitif lainnya yaitu kulit sering mengelupas. Hal ini disebabkan terlalu sering  menggunakan kosmetik yang mengandung exfoliator. Exfoliator yaitu kandungan bahan kimia yang berbentuk scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Bahan ini sering ditemukan pada sabun pencuci wajah yang biasa Anda gunakan yaitu facial scrub. Sebaiknya gunakan facial scrub selama dua kali dalam seminggu. Jika berlebihan, kulit akan mengelupas dan mengalami iritasi.

4.    Kulit terasa gatal

Jika memiliki kulit sensitif, maka kulit Anda lebih peka terhadap bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman yang menempel di kulit membuat kulit sensitif menjadi terasa gatal. Kulit yang gatal pun menjadi salah satu gejala kulit kering yang parah. Untuk mengatasinya, gunakan produk perawatan yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit.

5.    Sensitif terhadap kosmetik

Seperti namanya, kulit sensitif pun sangat sensitif terhadap kosmetik. Karena itu, ketahui jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu produk. Jangan sampai Anda salah pilih dan membuat kulit sensitif menjadi semakin parah. Jika ragu, berkonsultasilah kepada rekan terdekat atau dokter spesialis kulit untuk mendapat rekomendasi terbaik.

Cara Perawatan Alami bagi Kulit Sensitif

1.    Madu

Madu dapat memelihara kelembaban kulit dan membuat kulit sensitif menjadi lebih terawat. Madu memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Madu bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit sensitif. Oleskan madu secara merata pada kulit sensitif. Anda pun bisa menggunakannya di rumah secara rutin.

2.    Bubuk Kopi

Bubuk kopi pun bisa digunakan untuk perawatan bagi kulit sensitif. Biasanya bubuk kopi dicampur dengan madu sehingga membentuk pasta. Pasta bubuk kopi dan madu ini bisa digunakan untuk masker wajah atau dioleskan ke bagian kulit sensitif lainnya seperti telapak tangan.

3.    Air mineral

Air mineral dapat berfungsi mencegah alergi dan membunuh racun yang masuk ke dalam kulit sensitif. Perbanyak konsumsi air mineral, serta tambahkan buah dan sayur yang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Memiliki kulit sensitif tentu sedikit merepotkan. Banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari produk kecantikan dan perawatan kulit lainnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk kesehatan Lifebuoy memiliki produk khusus bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Lifebuoy Mild Care mengandung kebaikan alami dari susu dan oat yang membuat kulit menjadi halus dan lembut. Selain itu kulit yang sensitif pun menjadi sehat dan terlindung dari kuman.

 

Sumber:

hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/ciri-kulit-sensitif-wajah/#gref

klikdokter.com/info-sehat/read/3624482/ciri-ciri-kulit-sensitif-dan-cara-perawatannya

honestdocs.id/ciri-ciri-kulit-sensitif-dan-cara-penanganannya

popbela.com/beauty/skin/shavira-annisa-putri/perbedaan-chemical-dan-physical-exfoliator/full

klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/ciri-ciri-kulit-sensitif