Ingin Kulit Mulus

Ingin Kulit Mulus? Hindari 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Kulit Kusam Ini

AddTHis is disabled because of cookie content

Setuju dong, kulit sehat, cerah dan bersinar selalu jadi idaman baik pria maupun wanita. Namun, mewujudkannya tidak selalu gampang karena realitanya banyak faktor yang jadi penyebab kulit kusam. Salah satunya adalah kebiasaan buruk sehari-hari yang sangat berpengaruh ke kesehatan kulit. Daripada kulit kusam bikin gak pede, yuk cek dulu tujuh kebiasaan penyebab kulit kusam berikut:

1.    Malas minum air

Sebagian besar organ tubuh manusia terdiri atas air, termasuk juga kulit yang merupakan organ terbesar. Dehidrasi akibat kurang mengkonsumsi air sesuai anjuran harian tidak hanya membuat kulit kusam dan kering, tetapi menurunkan volume aliran darah ke kulit. Akibatnya, kulit juga terlihat pucat, mudah berkerut, kendur, bahkan bisa bersisik.

Minum air secukupnya sudah harus jadi kebiasaan setiap hari, demi mencegah dehidrasi. Minum air juga bisa jadi solusi jangka panjang untuk hidrasi kulit yang menjauhkan dari kulit kusam.

2.    Suka begadang

Tidur adalah cara tubuh memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit. Jika durasi tidur tidak cukup, performa restorasi dan regenerasi sel kulit tidak bisa maksimal. Idealnya, seseorang harus tidur 7-9 jam setiap malam karena merupakan penangkal kulit kusam, apalagi jika ditambah dengan krim malam khusus untuk tubuh dan wajah.

3.    Doyan makan processed food

Pilihan nutrisi sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Sering mengonsumsi makanan yang diproses dengan tidak sehat menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Jika tubuh kekurangan nutrisi, hormon stress kortisol yang menjadi penyebab kulit kusam dan penuaan kulit.

4.    Jarang menggunakan krim tabir surya

Hanya memakai sunblock saat keluar rumah tidak cukup. Kulit tubuh dan wajah seharusnya mendapatkan perlindungan UV dengan kadar SPF yang cukup setiap harinya. Ini karena sinar matahari tetap bisa menembus permukaan transparan, terutama sinar UVA yang bisa menembus lapisan kulit paling dalam dan mengakibatkan kulit kusam, menua dan keriput. Pastikan kalian selalu memakai krim tabir surya, terutama pada jam puncak terik matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 siang.

5.    Kebiasaan merokok

Rokok mengandung substansi karsinogenik yang sangat merusak integritas dan struktur kulit, termasuk memecah kolagen dan membuat kulit kusam, kering, keriput, dan kendur secara prematur. Ini adalah salah satu kebiasaan tidak sehat yang juga sangat merusak kesehatan secara keseluruhan.

6.    Tidak memakai pelembap

Kulit kusam membutuhkan pelembap yang bisa mengisi lekukan pada sel kulit akibat kondisi kulit yang kering. Tambahan krim pelembap akan bisa mengembalikan fungsi lapisan pelindung kulit dan memperbaiki daya tahan air dalam tubuh.

Kuncinya adalah memilih jenis pelembap yang cocok dengan kulit demi mencegah penurunan kilau kulit akibat banyak hal. Cara kerja pelembap yang mengunci kadar air dalam lapisan kulit, sekaligus melembutkan dan mencegah kulit menjadi kering.

7.    Sering malas mandi

Buat yang masih sering mengulur aktivitas mandi setiap harinya, ini bisa jadi penyebab kulit kusam yang tidak kalian duga. Faktor-faktor eksternal seperti polutan udara, kelembapan yang rendah, cuaca tidak baik dan paparan sinar matahari, semuanya bisa berefek pada kesehatan kulit.

Dengan rajin mandi menggunakan sabun mandi berkualitas seperti Lifebuoy, kulit tidak hanya kembali bersih tetapi juga kadar kelembaban meningkat seperti sedia kala. Pastikan juga aktivitas mandi tidak berlama-lama dengan suhu yang tinggi, karena hal ini bisa menurunkan kadar alami minyak pada lapisan kulit luar.

Sumber:

beautynesia.id/berita-skincare/kulit-tubuh-terlihat-kusam-yuk-lakukan-4-cara-alami-yang-ampuh-cerahkan-kulit-tubuh/b-12963

lifestyle.kompas.com/read/2020/06/03/120114320/7-penyebab-kulit-kusam-dan-kiat-mengatasinya?page=all

thebodyshop.co.id/blog/mengatasi-kulit-tubuh-yang-kering-dan-kusam

thejakartapost.com/life/2018/09/22/10-common-habits-that-could-damage-your-skin.html