8 Manfaat Bersepeda Secara Rutin yang Baik untuk Kesehatan

8 Manfaat Bersepeda Secara Rutin yang Baik untuk Kesehatan

Selama pandemi Covid-19, tren bersepeda menjadi semakin digandrungi di kalangan masyarakat. Bersepeda menjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona karena rendahnya kontak dengan kerumunan. Selain itu, bersepeda secara rutin juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut, yuk simak artikel berikut.

 

1.  Meningkatkan kekuatan otot

Ketika bersepeda, kamu akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kamu dipaksa untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

 

2.  Mengontrol berat badan

Manfaat lain dari bersepeda yaitu dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Tetapi, jangan lupa untuk seimbangkan antara asupan kalori yang masuk juga kalori yang dibakar.

 

3.  Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah pun menurun sehingga baik untuk mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

4.  Menstabilkan diabetes

Duduk terlalu lama dan kurangnya aktivitas fisik bisa menjadi faktor penyebab munculnya diabetes. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik bisa menimbulkan komplikasi serius seperti kerusakan ginjal, mata, stroke dan jantung.

Oleh sebab itu, penderita diabetes harus rajin beraktivitas fisik, salah satunya adalah dengan melakukan jogging atau bersepeda. Bersepeda dapat menurunkan risiko komplikasi dari diabetes serta juga bisa menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

 

5.  Menurunkan risiko depresi

Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, bersepeda pun memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

 

6.  Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Imun tubuh yang kuat tentu membuatmu jadi lebih sehat dan tidak gampang terserang penyakit. Usahakan untuk melakukannya secara rutin, misalnya dua kali dalam seminggu setiap pagi dan sore hari.

 

7.  Menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker

Gaya hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, seperti kanker kolon, paru, dan payudara. Bersepeda secara rutin bisa menurunkan risiko kedua penyakit tersebut.

Seperti pada penyakit jantung, bersepeda dapat menurunkan tekanan darah sehingga tekanan darah menjadi stabil dan terkontrol. Sementara itu, dengan aktif bersepeda, risiko terhadap penyakit kanker pun dapat dikurangi.

 

8.  Membantu mengatasi insomnia

Tidur nyenyak membuat tubuh dan pikiran kita bisa beristirahat setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang menderita insomnia. Akibatnya kurang tidur sendiri bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mengganggu metabolisme tubuh. Nah, jika kamu sering mengalami insomnia, kamu bisa mencoba dengan rajin bersepeda dan membuat jadwal tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Sehabis bersepeda, jangan lupa tetap jaga kebersihan tubuh agar kuman, polusi dan keringat yang menempel di tubuh hilang. Gunakan Lifebuoy Sabun Cair Matcha yang mengandung antioksidan untuk membersihkan kuman dan polusi secara menyeluruh.