7 Obat Herbal yang Ampuh Atasi Diare Secara Alami

7 Obat Herbal yang Ampuh Atasi Diare Secara Alami

Jangan remehkan diare karena bisa mengantarkanmu ke kondisi dehidrasi parah yang dapat mengancam nyawa. Ketika penyakit buang-buang air besar ini menyerang, kamu harus segera mencari cara untuk menuntaskannya. Tidak melulu harus mengandalkan obat kimia untuk mengobati diare. Nyatanya, banyak jenis obat diare alami yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

Beberapa bahan alami ini bahkan bisa kamu temukan di dapur. Ya, obat diare tradisional memang tidak jarang berasal dari buah-buahan, sayur, atau rempah-rempah yang menjadi andalan bumbu dapur tiap hari.

Berikut ini adalah 7 jenis obat diare alami yang bisa kamu gunakan untuk lekas sembuh dari diare.

 

1.  Pisang

Mengonsumsi pisang akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat dan tidak berair. Kamu pun bisa bebas diare secepatnya. Kemampuan pisang sebagai obat diare alami karena buah tropis ini mengandung banyak pektin dan serat yang menyerap cairan dalam usus.

 

2.  Kunyit

Rempah yang satu ini sudah terkenal dengan banyak manfaatnya, tidak terkecuali sebagai obat herbal diare. Ini karena kunyit memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab buang-buang air besar yang kamu alami. Cukup rebus kunyit dengan air panas dan konsumsi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

 

3.  Air Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang dan antibakteri. Sifat-sifat inilah yang membuat jahe layak kamu pertimbangkan untuk menjadi obat diare alami. Bahkan menurut sebuah penelitian, jahe mampu memblokir racun dari bakteri penyebab diare dalam perutmu. Rempah-rempah yang satu ini juga bisa memperlambat pertumbuhan bakteri E.coli yang menjadi pemicu diare.

 

4.  Air Kelapa

Pada saat mengalami diare, banyak cairan tubuh yang hilang sehingga kamu merasa sangat lemas. Air kelapa sendiri mengandung banyak zat elektrolit yang mampu menggantikan cairan yang hilang dari tubuh akibat penyakit buang-buang air besar. Air kelapa sudah lama digunakan sebagai obat diare tradisional yang aman bahkan untuk dikonsumsi anak kecil. Cara penggunaannya pun sangat simpel karena kamu hanya perlu langsung meneguk air kelapa murni tanpa campuran apapun.

 

5.  Wortel

Tidak hanya bagus untuk mata, wortel ternyata juga ampuh menjadi obat diare alami. Jenis sayuran berjenis umbi ini memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi sehingga membantu menyerap cairan dalam tubuh yang berlebih. Feses pun menjadi lebih padat dan keluhan diare lekas menghilang.

 

6.  Lada Putih

Kamu mungkin heran bagaimana lada putih bisa menjadi obat diare tradisional. Padahal seharusnya pada saat buang-buang air besar, kamu menghindari makanan dengan sensasi pedas. Kemampuan lada putih mengatasi diare karena bumbu dapur yang satu ini mengandung piperin yang ampuh mengurangi peradangan dan meredakan sakit pada tubuh. Kemampuan lada putih untuk mengatasi masalah perut tidak hanya untuk diare, melainkan juga untuk kolera

 

7.  Oralit

Cara mengobati diare secara alami yang tidak boleh ketinggalan adalah mengonsumsi oralit. Kamu hanya tinggal mencampurkan ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh gula pasir dalam segelas seduhan air hangat. Ini bisa menjadi minuman elektrolit yang mengganti cairan tubuh yang hilang akibat buang-buang air besar. Minumlah segelas oralit setiap 4—6 jam sekali apabila diare yang kamu alami masing berlangsung.

 

Selain mengobati diare secara alami, melakukan hal – hal untuk mencegah diare pun tidak kalah penting. Diare umumnya disebabkan infeksi bakteri dari makanan ataupun minuman yang terkontaminasi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan menjadi hal yang penting untuk mencegah infeksi bakteri penyebab diare tersebut. Karena itulah, upayakan mandi 2 kali sehari dengan Lifebuoy Sabun Mandi Cair Total 10. Lengkapi juga perlindunganmu dengan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan dan Hand Sanitizer Total 10 untuk menjaga kebersihan tanganmu agar terhindar dari bakteri.