Lifebuoy 7 Kebiasaan Praktis untuk Mulai Pola Hidup Sehat Sejak Dini

7 Kebiasaan Praktis untuk Mulai Pola Hidup Sehat Sejak Dini

AddTHis is disabled because of cookie content

Pola hidup sehat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari berbagai penyakit yang merugikan. Sayangnya, gaya hidup sehat tidak datang begitu saja. Ada cara-cara hidup sehat yang perlu diketahui dan dipraktikkan sedini mungkin.

Banyak orang merasa gaya hidup sehat itu tidak mudah, sehingga merasa kesulitan kemudian menyerah. Anda tak perlu khawatir mengalami hal yang sama. Ini lho, tujuh kebiasaan praktis yang bisa Anda lakukan untuk memulai pola hidup sehat sejak dini.

1.       Tidur cukup

Tidur cukup dan beristirahat dengan baik adalah rahasia awal kesehatan mental dan fisik. Untuk mendapatkannya secara maksimal, buat jadwal tidur yang tetap. Hindari membawa gadget ke tempat tidur.

Mandi air hangat bisa membantu tubuh rileks dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Berdasarkan saran WHO, tidur cukup bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam.

2.       Menjaga pola makan sehat

Asupan gizi yang seimbang berasal dari pola makan yang sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan memasaknya dengan cara yang benar. Jauhi minyak dan kurangi gula untuk menghindari berbagai penyakit karena kolesterol dan diabetes. Jika tidak terpaksa, sebaiknya tidak perlu mengonsumsi fast food.

3.       Rutin berolahraga

Metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik jika tubuh terus aktif dan bergerak. Rutin berolahraga juga membuat peredaran darah lancar dan tubuh lebih segar. Cobalah untuk bergerak aktif setiap hari alih-alih hanya duduk di depan komputer. Setidaknya, Anda perlu berolahraga intensif sebanyak tiga kali dalam seminggu.

4.       Hidup bersih

Pola hidup bersih membantu Anda dan keluarga untuk menjauhi berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus. Biasakan cuci tangan secara rutin menggunakan sabun antibakteri.

Anda bisa menggunakan Lifebuoy Hand Wash untuk memastikan keluarga Anda mencuci tangan dengan bersih. Formula Silver Activ pada sabun cuci tangan Lifebuoy mampu membunuh berbagai kuman yang biasa menyebabkan penyakit di lingkungan rumah. Bahkan, bahan aktifnya bisa membasmi virus yang menyebabkan masalah kesehatan.

Jika harus meninggalkan rumah dan tidak ada akses air dan sabun, pastikan Anda membekali keluarga dengan Lifebuoy Hand Sanitizer. Formulanya efektif membunuh dan menjaga tangan dari kuman selama hingga 10 jam.

5.       Hindari stres

Tak bisa dipungkiri jika stres akan selalu ada dalam kehidupan Anda. Namun, Anda bisa memilih untuk menghindari stres yang tidak perlu. Ada banyak cara untuk melakukannya, tapi Anda perlu tahu karakter diri sendiri untuk bisa menggunakan cara menghindari stres paling tepat. Konsultasi dengan terapis profesional sangat disarankan.

6.       Tingkatkan hubungan sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang amat membutuhkan sesamanya. Hubungan sosial yang baik, selain menyehatkan diri secara mental, juga ikut membantu peningkatan aktivitas fisik. Jika Anda merasa kesulitan bersosialisasi, ada baiknya berkonsultasi dengan psikolog untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat terbaik dari hubungan sosial Anda.

7.       Rutin memeriksa kondisi tubuh

Kondisi tubuh setiap orang akan semakin menurun seiring dengan pertambahan usia. Karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya Anda selalu memperhatikan kondisi tubuh dan memeriksakannya secara rutin atau kapan pun diperlukan. Pemeriksaan rutin bisa sangat membantu jika ditemukan adanya kondisi tertentu yang tidak normal dan butuh penanganan segera sebelum berakibat fatal.

Memulai pola hidup sehat sekarang juga adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan masa depan yang sehat. Yuk, segera ubah kebiasaan yang kurang sehat jika selama ini Anda dan keluarga masih terbiasa melakukannya. Salam sehat selalu!

 

Sumber:

alodokter.com/gaya-hidup-sehat-bisa-anda-mulai-sekarang

doktersehat.com/5-cara-untuk-hidup-sehat/

hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-pola-hidup-sehat/

lifestyle.kompas.com/read/2019/10/31/074737820/cara-hidup-sehat-yang-mudah-dilakukan-tapi-sering-diabaikan?page=all

lifestyle.kompas.com/read/2019/02/25/131300420/7-langkah-sederhana-memulai-pola-hidup-sehat-agar-panjang-umur?page=all

idntimes.com/health/fitness/sukma-satiti/resolusi-pola-hidup-sehat-sederhana-berdasarkan-who-c1c2/full

 

Diakses pada:

1 April 2020