Jenis Makanan Tinggi Serat untuk Gaya Hidup Sehat

7 Jenis Makanan Tinggi Serat untuk Gaya Hidup Sehat

AddTHis is disabled because of cookie content

Ingin miliki tubuh sehat dan tidak mudah sakit? Praktikkan gaya hidup sehat secara konsisten, salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan berserat. Manfaat serat bagi kesehatan tubuh bukan sebatas melancarkan pencernaan, loh.

Berikut berbagai manfaat serat bagi kesehatan:

●      Menurunkan kadar kolesterol darah

●      Mencegah konstipasi (sulit buang air besar)

●      Memperlambat pencernaan makanan

●      Mengurangi berat badan karena serat membuat kita makan lebih sedikit

●      Menurunkan risiko terjadinya gangguan lambung

●      Mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar

●      Mengurangi risiko terjadinya diabetes mellitus tipe 2

●      Mengurangi risiko terjadinya sindrom metabolik, yaitu faktor risiko pemicu penyakit jantung dan diabetes

 

Serat sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu serat larut air dan tidak larut air. Serat larut air dapat bercampur dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh, kemudian membentuk massa seperti gel di dalam saluran pencernaan. Fungsi serat larut air dapat membantu mengendalikan gula darah dan menurunkan kolesterol.

Sementara, serat tidak larut air membantu pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan. Salah satu manfaat serat larut air adalah menambah massa feses sehingga membantu mengatasi masalah konstipasi.

Kebutuhan rata-rata serat harian orang dewasa antara 25–30 gram. Sumber serat makanan terbaik adalah makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Contoh makanan yang kaya akan serat larut air yaitu oat, kacang-kacangan, lentil, apel, dan buah berry. Sementara, serat tidak larut air terdapat pada gandum, kacang-kacangan, serta sayuran seperti bayam, kangkung, dan kembang kol.

Selain rutin mengonsumsi serat makanan, kamu juga perlu selalu menjaga kebersihan diri. Kebersihan diri atau personal hygiene merupakan salah satu faktor penunjang kesejahteraan diri, baik psikis maupun fisik.

Menjalani perilaku hidup sehat dan bersih akan membantu melindungi tubuh dari risiko infeksi penyakit. Jika kebersihan diri kurang diperhatikan, kamu berisiko menderita gangguan kesehatan seperti diare, keracunan makanan, demam, cacingan, hepatitis, infeksi saluran kemih, dan gigi berlubang.

Untuk menjaga kebersihan diri, lakukan langkah-langkah berikut setiap hari:

 

1.  Mandi setiap hari

Tinggal di negara tropis membuat kita mudah berkeringat sehingga perlu mandi setiap hari. Sabun yang dipakai saat mandi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, bakteri, dan penumpukan minyak pada kulit. Gunakan sabun yang bukan hanya efektif dalam membersihkan kuman, namun juga mampu menjaga kelembutan kulit.

 

2.  Sikat gigi dua kali sehari

Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga patut diperhatikan. Area mulut yang kurang bersih tidak hanya akan menimbulkan bau tak sedap, tetapi juga bisa menjadi tempat bersemayamnya bakteri. Jadi, rajin-rajinlah menyikat gigi secara optimal, yaitu pada pagi dan malam hari.

 

3.  Jaga kebersihan kaki

Kebiasaan menggunakan sepatu perlu diikuti dengan kebiasaan membersihkan kaki. Bila tidak, bakteri bisa saja berkembang di kulit kaki yang hampir setiap hari tertutup kaos kaki. Hindari memakai kaos kaki atau sepatu yang sama setiap hari. Selain itu, pastikan kaki dalam keadaan kering dan tidak lembap saat hendak menggunakan kaos kaki.

 

4.  Cuci tangan pakai sabun

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling rentan dihinggapi kuman. Oleh karena itu, tangan harus sering dibersihkan menggunakan sabun untuk menghilangkan potensi kuman penyebab penyakit. Gunakan sabun cuci tangan antibakteri seperti Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10.

Sabun cuci tangan Lifebuoy diperkaya dengan Activ Silver Formula untuk perlindungan terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan. Formula mutakhir sabun cuci tangan Lifebuoy terbukti mampu melindungi dari kuman dalam 10 detik.

Selain menggunakan sabun cuci tangan, jaga selalu kebersihan tangan di mana saja dengan Lifebuoy Hand Sanitizer Total 10. Pembersih tangan Lifebuoy terbukti efektif membunuh bakteri dan menyingkirkan virus dari tangan Anda sampai 99,9%, termasuk virus H1N1, dengan cepat dan tanpa menggunakan air.

lifebuoy antibacterial