7 Hal Yang Memengaruhi Kesehatan Keluarga

AddTHis is disabled because of cookie content

Di era modern ini, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jenis sabun cair dibandingkan sabun batang. Namun, sebagai salah satu bentuk produk kebersihan tubuh pertama yang dikenal, eksistensi sabun batang nyatanya juga tak begitu saja tergantikan. Hingga sekarang, Anda masih bisa dengan mudah menemukan berbagai produk sabun batang di pasaran. Eksistensi sabun batang yang tetap bertahan hingga kini tersebut tentu terjadi bukan tanpa alasan. Sama seperti berbagai produk kebersihan tubuh lainnya, sabun batang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk membantu Anda menimbang baik atau tidaknya penggunaan sabun batang, kenali terlebih dahulu kelebihan maupun kekurangan dari sabun jenis ini. 

Apa Saja Kelebihan Sabun Batang?

Meski banyak orang sudah beramai-ramai beralih pada penggunaan jenis sabun cair, beberapa orang nyatanya masih setia menggunakan produk sabun batang hingga sekarang. Hal ini tentu tak lepas dari beberapa keunggulan yang hanya ditawarkan sabun mandi jenis ini. Apa saja kelebihan yang bisa Anda dan keluarga dapatkan jika menggunakan sabun batang untuk mandi sehari-hari? 

1. Lebih Tahan Lama

Sabun batang umumnya memiliki struktur keras dan tidak mudah luruh. Anda harus menggosok sabun batang berkali-kali dengan air agar busa dapat keluar. Hal ini membuat sabun batang tidak mudah habis dan mengecil. Rata-rata, satu buah sabun batang yang digunakan secara pribadi bisa bertahan hingga satu bulan lamanya atau bahkan lebih. Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan jenis sabun cair. Umumnya, sabun cair ditempatkan pada soap dispenser khusus yang digunakan dengan cara ditekan. Hal ini mengakibatkan Anda terkadang tak bisa mengontrol jumlah sabun yang keluar. Meski maksud hati hanya ingin menggunakan sedikit sabun, bisa jadi tetesan yang keluar justru terlalu banyak. Alhasil, sabun cair juga umumnya lebih mudah habis dan boros penggunaan.  

2. Efektif Sebagai Alat Eksfoliasi

Ditinjau dari segi penggunaan, sabun batang digunakan dengan cara digosok-gosokkan langsung pada kulit. Penggunaan yang langsung berinteraksi dengan kulit tersebut secara alami menyebabkan terjadinya proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati. Tanpa disadari, saat menggosok tubuh menggunakan sabun batang, Anda juga sisa sel kulit mati yang tertinggal di kulit juga bisa ikut terangkat. Agar proses eksfoliasi ‘alami’ tersebut dapat berjalan semakin efektif, Anda disarankan menggosok bagian tubuh dengan gerakan melingkar sehingga menghasilkan efek scrub yang efektif mengangkat sel kulit mati.

Lalu, Apa Kelemahan Penggunaan Sabun Batang?

Tak bisa dipungkiri, selain berbagai kelebihan yang dimilikinya, sabun batang juga memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan ini jugalah yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang memilih berpindah menggunakan sabun cair untuk mandi atau membersihkan diri sehari-hari. Mengenali kelemahan sabun batang juga dapat membantu Anda semakin bijak menentukan jenis sabun mana yang paling tepat dipilih untuk digunakan bersama keluarga tercinta. 

1. Potensi Menurunnya Higienitas

Dalam sebuah keluarga, sabun mandi memang pada umumnya digunakan secara bersama-sama. Banyak keluarga terbiasa meletakkan satu sabun di kamar mandi, untuk kemudian digunakan secara berbarengan. Hal ini tentu tak akan menjadi masalah jika yang digunakan adalah jenis sabun cair. Namun, apabila menggunakan sabun batang, hal ini bisa memunculkan risiko berkurangnya higienitas. Meski penggunaanya hanya dalam lingkup keluarga, tingkat bakteri yang ada pada tubuh setiap individu tetap berbeda-beda. Meski Anda mungkin merasa tak keberatan berbagi sabun batang yang sama dengan anggota keluarga, ingatlah bahwa proses pertukaran bakteri bisa terjadi melalui penggunaan sharing tersebut. Dikhawatirkan, kuman yang ada pada tubuh salah satu individu dapat tertinggal di sabun, lalu berpindah ke individu lain yang menggunakan sabun batang tersebut. Bagi si Kecil yang imunitasnya belum terbangun sempurna misalnya, tentu rentan jatuh sakit jika pertukaran bakteri semacam ini terjadi. 

2. Licin dan Bisa Merepotkan

Saat digunakan, sabun batang harus diberi air kemudian digosok-gosokkan agar dapat mengeluarkan busa. Di sisi lain, seperti jenis sabun lainnya, sabun batang juga secara alamiah dirancang dengan tekstur yang licin. Apabila tidak berhati-hati, sabun batang akan mudah terjatuh saat tengah dipegang dan digosokkan. Apabila sabun tersebut langsung jatuh ke lantai kamar mandi yang kotor, tentu higienitasnya juga akan semakin berkurang. Karena, di setiap meter persegi lantai kamar mandi dan kloset, rata-rata ada lebih dari 200 bakteri hidup di atasnya. Jika sabun batang Anda terjatuh dan bersentuhan dengan permukaan kotor tersebut, tentu tak akan bijak jika Anda masih terus menggunakannya kembali. 

3. Kurang Praktis Dibawa Bepergian

Saat bepergian, Anda tentu perlu membawa perlengkapan mandi, salah satunya termasuk sabun. Di saat seperti ini, memilih membawa jenis sabun batang mungkin akan sedikit kurang efektif dan justru merepotkan. Pertama, sabun batang baru dengan ukuran normal memiliki bobot yang cukup berat. Hal ini akan menambah beban barang bawaan Anda. Tak hanya itu, saat packaging-nya sudah terbuka, Anda mungkin akan dibuat kebingungan harus menyimpan sabun tersebut di mana. Sebab, membiarkan sabun batang terpapar udara terbuka dan dibawa berpindah-pindah, akan meningkatkan risikonya terkontaminasi bakteri atau kuman berbahaya. 

Pada akhirnya, keputusan untuk menggunakan sabun batang atau sabun cair memang kembali pada preferensi dan pilihan Anda masing-masing. Apabila faktor finansial dan penghematan budget menjadi pertimbangan utama Anda, maka sabun batang sangat cocok dijadikan pilihan. Selain harganya lebih terjangkau, sabun batang juga dapat bertahan lama serta tidak mudah habis. Namun, apabila Anda dan keluarga menjadikan faktor higienitas dan kepraktisan sebagai pertimbangan utama, sabun cair lebih tepat untuk dipilih. 

Apapun jenis sabun yang Anda cari, Lifebuoy menghadirkan banyak varian sabun mandi yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Apabila Anda masih setia menggunakan sabun batang, ada banyak varian sabun batang Lifebuoy yang bisa dipilih. Anda bisa menemukan setidaknya delapan varian sabun batang, mulai dari sabun batang Total 10, Mild Care, Lemon Fresh, Cool Fresh, Vita Protect, Kasturi Musk, Matcha, dan Charcoal. Pastikan Anda memilih sabun batang yang efektif membersihkan kuman dan mampu menghadirkan beragam manfaat, ya. 



Referensi:

 

naturallivingideas.com/bar-soap-vs-liquid-soap/

cleancult.com/blog/bar-soap-vs-liquid-soap-which-is-better/#

tonic.vice.com/en_us/article/yw4bvb/is-there-any-reason-to-use-liquid-soap-instead-of-bar-soap

ridgewaysoapworks.wordpress.com/2015/11/26/the-benefits-of-bar-soap/

teenvogue.com/story/benefits-of-bar-soap-over-body-wash

pepsoap.com/blogs/news/7-reasons-to-use-natural-bar-soap

journal.sociolla.com/beauty/kelebihan-sabun-batang/




Diakses pada: 15 April 2019