7 Cara Cegah Virus Corona dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

7 Cara Cegah Virus Corona dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

AddTHis is disabled because of cookie content

Wabah virus corona masih terus menyebar di seluruh dunia. Penting sekali bagi setiap individu untuk terus mengerti dan menerapkan langkah-langkah menjaga kebersihan lingkungan. Ini supaya tidak terjadi penyebaran penyakit, baik Covid-19 ataupun yang lain. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan penting sebagai upaya menurunkan risiko infeksi di dalam rumah. Berikut tujuh cara menjaga kebersihan lingkungan untuk cegah virus corona.

1.    Cara menjaga kebersihan diri

Sepulang dari beraktivitas di luar, hindari langsung berkumpul dengan anggota keluarga untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rumah. Sebaiknya, setiap orang harus terlebih dahulu melakukan pembersihan diri, antara lain:

-        Melepas sepatu di luar rumah.

-        Membuang benda-benda atau sampah bawaan yang tidak perlu sebelum masuk ke rumah.

-        Menyemprot barang bawaan dengan disinfektan.

-        Segera bersihkan diri dengan cara mencuci tangan, mandi, dan ganti baju bersih.

Jika ada anggota keluarga yang sakit, idealnya harus menggunakan kamar mandi terpisah atau jadwalkan penggunaan kamar mandi dengan memprioritaskan yang sehat terlebih dahulu.

2.    Cara membersihkan permukaan benda di rumah

Jika permukaan rumah ada terkontaminasi atau Anda mencurigai ada areal yang terkontaminasi virus corona, solusinya adalah membersihkan dengan pembersih umum yang efektif menghancurkan virus.

Cara membersihkan permukaan ini penting supaya tidak terjadi rekontaminasi, atau kontaminasi ulang karena cara mengelap permukaan yang tidak teratur. Usahakan untuk menggunakan kain lap atau tisu, lalu lap dari satu sisi permukaan ke yang lainnya dengan gerakan seperti huruf S. Ingat untuk selalu mencuci kain lap setelah pemakaian dan jemur hingga kering.

3.    Cara membersihkan permukaan lunak di rumah

Hal yang disebut dengan permukaan lunak di rumah antara lain adalah sofa, matras, karpet, dan tirai jendela. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, tetap bersihkan secara berkala dengan cara mencuci bahan kain yang bisa dilepas. Gunakan air hangat dan atur setting mesin cuci agar pembilasan dan pengeringan sempurna. Untuk membersihkan permukaan yang tidak bisa dilepas, gunakan cairan khusus dan tetap bersihkan semua permukaan dengan berkala.

4.    Cara menjaga kebersihan lingkungan dapur

Setiap rumah tangga pasti masih membawa produk makanan atau belanja berkala untuk kebutuhan makan. Karena itu, dapur harus selalu diperhatikan kebersihannya agar tidak terjadi kontaminasi virus.

Selain tetap memperhatikan kebersihan lingkungan dapur berupa permukaan meja dan sebagainya, usahakan untuk mencuci perlengkapan makan dengan sabun cuci piring dengan bersih. Pastikan sabun digosok ke seluruh permukaan piring dan gelas. Jika ingin lebih saksama, bilas dengan air panas lalu keringkan dan simpan di rak tertutup.

1.    Cara mengolah sampah yang baik

Kebersihan lingkungan sangat erat kaitannya dengan manajemen sampah yang baik. Jika ada anggota keluarga yang sakit, pastikan ada tong sampah khusus untuk menampung seluruh bekas atau sisa benda yang dipakai. Saat handling sampah, pastikan untuk menggunakan sarung tangan sekali buang dan segera cuci tangan.

2.    Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah

Hal-hal mutlak yang harus diperhatikan dalam kebersihan lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan, memastikan tidak ada wadah tergeletak yang berpotensi mengundang jentik nyamuk. Selain itu, rajin memelihara kebersihan lingkungan secara keseluruhan, misalnya memastikan saluran pembuangan lancar, tidak ada timbunan debu dsbnya. Hal ini penting demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh yang merupakan pelindung alami tubuh terhadap bahaya virus corona ataupun penyakit lainnya.

3.    Cara menjaga kebersihan tangan

Terkesan sepele tetapi salah satu cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang paling efektif, jangan lupa untuk sering mencuci tangan setiap selesai beraktivitas di rumah. Gunakan sabun cuci tangan yang berkualitas seperti Lifebuoy, gosok seluruh bagian permukaan tangan termasuk telapak tangan, sela jari, hingga pergelangan tangan. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

 

Sumber:

99.co/blog/indonesia/mulai-menjaga-kebersihan-lingkungan-sekitar/

dream.co.id/fresh/cara-menjaga-kebersihan-lingkungan-untuk-cegah-corona-2003245.html

covid19.kemkes.go.id/protokol-covid-19/panduan-kegiatan-menjaga-kebersihan-lingkungan-dan-langkah-langkah-desinfeksi-dalam-rangka-pencegahan-penularan-covid-19/#.XyGiYhMzZQI

dettol.co.id/info-coronavirus/tips-perlindungan-keluarga/tips-menjaga-kebersihan-lingkungan-sekitar-dan-kebersihan-mainan-anak-untuk-cegah-penyebaran-virus-di-rumah/

alodokter.com/cegah-penyebaran-virus-corona-dengan-membersihkan-rumah-selama-isolasi-mandiri

medium.com/wake-up-call/you-might-not-be-washing-your-dishes-properly-cc0d71f87104

cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/disinfecting-your-home.html

nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-prevent-germs-from-spreading/