Tips Aman Berolahraga yang Wajib Kamu Ketahui

6 Tips Aman Berolahraga yang Wajib Kamu Ketahui

AddTHis is disabled because of cookie content

Apakah kamu suka berolahraga? Olahraga adalah aktivitas fisik yang harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan manfaat olahraga dengan alasan kesibukan sehari-hari. Sebenarnya olahraga tak harus dilakukan dengan persiapan khusus atau peralatan mahal. Kamu hanya perlu melakukannya secara telaten supaya tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Kamu harus melakukan cara olahraga yang benar supaya manfaatnya maksimal dan terhindar dari cedera. Ulasan tentang manfaat, jenis, dan tips aman olahraga berikut ini akan menambah wawasanmu sekaligus membuatmu termotivasi untuk melakukannya secara rutin:

 

Berbagai Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berolahraga teratur adalah sebagai berikut:

1.  Membuatmu Merasa Lebih Bahagia

Olahraga secara teratur dapat memperbaiki suasana hati serta meminimalkan risiko depresi, kecemasan, dan stres. Kegiatan fisik tersebut dapat meningkatkan sensitivitas otak dalam memproduksi serotonin dan norepinefrin, yaitu hormon yang mencegah rasa depresi. Selain itu, olahraga juga memicu produksi hormon endorfin yang membuat suasana hati jadi lebih baik serta mengurangi rasa sakit.

2.  Mendukung Penurunan atau Peningkatan Berat Badan

Kalau kamu sedang berniat menjalani program penurunan atau peningkatan berat badan, kamu harus melengkapi program tersebut dengan berolahraga. Manfaat olahraga akan mendukung proses pembakaran kalori tubuh yang disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Orang yang mengalami kelebihan berat badan akan kehilangan cadangan lemak berlebih, sedangkan orang yang kekurangan berat badan akan mengalami pertambahan massa otot yang menyebabkan berat badan bertambah. Khasiat olahraga tersebut tentu harus diimbangi dengan asupan gizi seimbang agar berat badan jadi ideal.

3.  Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa olahraga teratur selama 6 minggu terbukti dapat mengurangi risiko kelelahan. Tubuh sudah beradaptasi dengan aktivitas fisik sehingga lebih berenergi dan siap beraktivitas sepanjang hari. Bahkan, orang-orang yang mengidap penyakit kronis seperti multiple sclerosis , HIV AIDS, atau kanker juga merasakan peningkatan energi bila rajin berolahraga.

4.  Memperkuat Otot dan Tulang

Berolahraga secara teratur rutin juga penting untuk memperkuat otot dan tulang. Seiring dengan bertambahnya usia, kamu rentan kehilangan massa otot dan penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis. Namun, kamu tak perlu terlalu khawatir karena risiko gangguan kesehatan tersebut dapat diminimalkan jika kamu rutin berolahraga. Manfaat olahraga dapat mempertahankan massa otot sekaligus menambah kepadatan tulang meskipun usia terus bertambah. Kamu wajib mencoba berbagai variasi olahraga untuk melatih otot dan tulang secara maksimal.

5.  Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu kunci sukses mencegah penuaan dini adalah berolahraga. Olahraga teratur membuat sirkulasi darah berlangsung lancar sehingga kulit selalu mendapatkan nutrisi yang cukup. Kulit yang sehat akan selalu lembap, bebas keriput, dan terhindar dari gejala penuaan dini.

6.  Mempertahankan Kesehatan Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Olahraga juga berkaitan erat dengan kesehatan otak dan daya ingat. Jika kamu berolahraga secara teratur, jantung akan memompa darah dan oksigen secara maksimal ke otak. Hal tersebut juga turut menstimulasi produksi hormon yang bermanfaat bagi sel-sel otak. Hasilnya, sel otak yang memperoleh nutrisi memadai akan membuat daya ingat dan kecerdasan meningkat. Itulah sebabnya manfaat olahraga juga penting bagi para lansia untuk menghindari risiko penyakit otak seperti demensia dan alzheimer.

7.  Membuat Tubuh Rileks dan Memperbaiki Kualitas Tidur

Risiko stres dapat ditanggulangi dengan berolahraga secara rutin. Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa aktivitas fisik selama 150 menit per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65%. Olahraga membuat tubuhmu jadi lebih rileks dan terhindar dari risiko insomnia.

8.  Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Para ahli kesehatan menyarankan orang-orang yang mengidap penyakit kronis untuk berolahraga secara teratur. Karena olahraga dapat meningkatkan batas toleransi tubuh terhadap rasa sakit. Namun, olahraga yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan fisik agar tidak memperparah penyakit. Misalnya, orang yang mengalami masalah tulang belakang dianjurkan berenang untuk meringankan nyeri yang dialami di bagian punggung.

 

Mengenal Jenis-Jenis Olahraga

Cara olahraga yang benar tentu harus dilakukan sesuai jenis olahraga pilihanmu. Jika kamu sudah mengetahui berbagai jenis olahraga berikut ini, niscaya kamu tak akan mudah bosan berolahraga karena bisa memilih variasi yang kamu inginkan:

●       Latihan fisik: aktivitas terstruktur dan terencana seperti jalan pagi, jogging, push up, sit up, squat jump , dan bersepeda.

●       Senam: terdiri dari dua jenis yaitu senam artistik dan senam ritmik.

●       Olahraga permainan yang melibatkan alat dan aturan tertentu, misalnya basket, sepakbola, bulutangkis, voli, dan sepak takraw.

●       Olahraga air, contohnya renang, polo air, scuba diving , kano, dan arung jeram.

●       Olahraga dirgantara yang menantang dan memacu adrenalin, misalnya terjun payung, paralayang, gantole, dan aeromodelling .

●       Olahraga tari yang melibatkan iringan musik, misalnya zumba, line dance, tari perut, salsa, dan pole dancing .

●       Olahraga yang berfokus pada konsentrasi dan ketenangan, contohnya yoga dan taichi.

●       Olahraga bela diri, misalnya karate, taekwondo, capoeira, muaythai, wushu, wingchun, dan silat.

 

Tips Aman Berolahraga

olahraga

Kondisi hormon yang tidak stabil pada wanita yang sedang hamil atau mengalami menopause juga bisa menyebabkan kulit gatal. Rasa gatal kerap terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti payudara, lipatan paha, lengan, dan perut. Biasanya rasa gatal akan menghilang pasca melahirkan atau pasca menopause.

7.  Alergi terhadap Bahan Tertentu

Tubuhmu akan semakin bugar dan terhindar dari cedera jika melakukan beberapa cara olahraga yang benar berikut ini:

 

1.  Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga memang sangat penting karena otot-otot dan sendi tubuh harus berada dalam keadaan rileks. Lakukan pemanasan dari kepala hingga ujung kaki dengan mengulangi beberapa gerakan. Selain itu, kamu juga bisa berlari sprint sebentar jika kondisinya memungkinkan supaya tubuhmu lebih siap berolahraga. Setelah otot-otot tubuh terasa lentur, maka kamu bisa mulai berolahraga tanpa risiko kram atau cedera lainnya.

 

2.  Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Sepatu olahraga bukan sekadar asal modis dan sesuai selera pribadi saja. Lebih dari itu, kamu harus mempertimbangkan banyak hal ketika memilih sepatu olahraga, antara lain:

●       Jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga, contohnya sepatu untuk lari tentu memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda dengan sepatu untuk bermain bola.

●       Mengenali bentuk kaki secara cermat. Kalau kamu memiliki kelainan bentuk kaki, maka kamu harus memesan sepatu olahraga khusus untuk menunjang kenyamanan kaki.

●       Bahan sepatu olahraga harus memiliki elastisitas lebih tinggi dibandingkan sepatu biasa. Karena sepatu tersebut akan digunakan untuk bergerak selama berolahraga. Sepatu olahraga yang kurang elastis berisiko menyebabkan cedera kaki ketika digunakan.

●       Sirkulasi udara pada sepatu juga penting untuk menjaga kesehatan kaki sehingga risiko sepatu tidak cepat lembap saat digunakan. Sepatu yang mudah lembap membuat kaki gampang berkeringat, berbau tak sedap, bahkan mengalami masalah kulit.

 

3.  Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Selain sepatu, pakaian yang nyaman juga penting untuk mendukung aktivitas olahraga. Jadi, pastikan kamu memilih pakaian dengan kriteria berikut ini:

●       Ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh sehingga membuatmu leluasa bergerak.

●       Bahannya elastis, lembut, mudah menyerap keringat, dan gampang kering saat dicuci.

●       Untuk jenis olahraga tertentu yang dilakukan di malam hari atau di jalan raya (misalnya bersepeda), kamu patut memilih pakaian dengan elemen glow in the dark atau menyala bila terkena cahaya untuk menjaga keselamatan diri sendiri.

●       Kaum wanita wajib menggunakan bra khusus olahraga supaya gerakan payudara tidak mengganggu aktivitas fisik.

 

4.  Menyantap Makanan Bergizi Sebelum Berolahraga

Tubuh butuh energi yang cukup sebelum mulai berolahraga, terutama olahraga yang terbilang menguras energi dan fokus. Oleh sebab itu, kamu wajib menyantap makanan bergizi sesaat sebelum berolahraga. Jangan makan terlalu kenyang agar tak mengalami kram perut ketika olahraga. Menyantap makanan kaya energi berupa pisang, energy bar, atau oatmeal dengan porsi kecil akan membuat tubuh lebih bertenaga dan tidak kekenyangan. Sehingga kamu pun akan lebih bersemangat memulai olahraga dengan tubuh yang berenergi.

 

5.  Mengonsumsi Air dalam Jumlah Cukup

Kamu harus memastikan bahwa tubuh selalu terhidrasi dengan baik selama berolahraga supaya risiko cedera dan gangguan kesehatan lain bisa diminimalkan. Otak, otot, dan organ-organ tubuh lainnya membutuhkan air agar sistem metabolisme tubuh berlangsung lancar. Mulailah dengan minum air secukupnya sebelum olahraga. Saat sedang dan setelah berolahraga, kamu juga harus mendapatkan asupan air yang cukup. Jangan sampai kamu merasa lemas, kurang fokus, bahkan kehilangan kesadaran akibat dehidrasi.

 

6.  Menaati Protokol Kesehatan saat Berolahraga

Cara olahraga yang benar di masa pandemi membuatmu harus tetap menaati protokol kesehatan. Kamu wajib menjaga kebersihan diri ketika beraktivitas di luar rumah, termasuk saat berolahraga. Sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting ini supaya tetap leluasa berolahraga sambil menaati protokol kesehatan:

●       Memilih olahraga dengan intensitas ringan agar tidak menimbulkan risiko sesak napas ketika berolahraga sambil menggunakan masker, misalnya jalan kaki, bersepeda, dan yoga.

●       Menggunakan masker yang bahannya elastis, terdiri dari beberapa lapisan pelindung, nyaman, dan sesuai dengan standar WHO. Masker yang berkualitas akan mendukung pernapasan karena sirkulasi udaranya lancar.

●       Jangan ragu untuk sesekali melepas masker ketika sudah menjauhi keramaian agar sirkulasi pernapasan tetap lancar. Melepas masker akan membuat sirkulasi pernapasan tetap lancar sehingga tubuh tidak kekurangan oksigen.

●       Jika napas sudah terasa berat sewaktu berolahraga, sebaiknya kamu beristirahat sejenak di tempat sepi agar bisa melepas masker. Beristirahat sangat penting untuk memulihkan kondisi fisik sebelum melanjutkan aktivitas olahraga.

●       Berolahraga di luar ruangan tak boleh membuatmu lupa menjaga jarak dengan orang lain. Jadi, pastikan kamu tidak berdekatan dengan orang lain dan menghindari kerumunan selama berolahraga. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah saat berolahraga, terutama jika kamu belum mencuci tangan.

●       Membawa masker cadangan dan hand sanitizer ketika berolahraga di luar rumah. Sehingga kamu bisa mengganti masker yang sudah basah oleh keringat dan membersihkan tangan secara praktis selama berolahraga.

 

Setelah selesai berolahraga, jangan lupa membersihkan tubuh sampai tuntas sebelum melanjutkan aktivitas. Mandi dengan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh akan membuat kulitmu sejuk dan segar. Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh mengandung kristal mentol organik dari daun peppermint yang berfungsi menghaluskan kulit dan membersihkan secara mendalam hingga ke pori-pori.

Manfaat peppermint sudah populer sejak zaman Romawi kuno untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sensasi menyejukkan dari gel yang mengandung minyak peppermint membuat kulit jadi segar dan terlindungi dari infeksi bakteri. Yuk gunakan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh 2 kali sehari agar tubuh kembali bersih, segar, dan terhindar dari mikroorganisme penyebab penyakit.

lifebuoy cool fresh