5 Tips Merawat Kulit Tangan Mengelupas

5 Tips Merawat Kulit Tangan Mengelupas

AddTHis is disabled because of cookie content

Kulit tangan mengelupas oleh sebagian dianggap sebagai sesuatu yang enteng. Namun tidak bisa dimungkiri, kondisi ini bisa cukup mengganggu rasa percaya diri. Bahkan dalam tahapan tertentu, kulit mengelupas ini bisa membuat aktivitas Anda terhambat.

Kulit mengelupas sebenarnya merupakan kondisi peradangan yang dialami oleh kulit Anda. Khususnya di bagian tangan, peradangan sangat mungkin terjadi karena tangan Anda bersentuhan dengan berbagai zat yang mungkin membuat kulit tangan kering. Dari kondisi kering tersebutlah, pengelupasan dengan mudah terwujud.

Anda bisa melakukan banyak cara untuk bisa memulihkan kondisi tangan yang mengelupas. Namun selain itu, Anda juga perlu memperhatikan penyebabnya sehingga kondisi tangan mengelupas yang parah tidak terulang kembali.

Penyebab Kulit Mengelupas

Secara umum, kulit mengelupas disebabkan oleh kondisi kulit yang mengalami kekeringan berlebihan. Kekeringan tersebut pun sangat mudah menimpa bagian tangan Anda. Selain itu, ada kondisi-kondisi serius lain yang nyatanya memengaruhi kondisi kelembapan kulit sehingga memunculkan pengelupasan. Berikut adalah beberapa penyebab kulit tangan mengelupas yang umum terjadi.

1.    Sering Mencuci Tangan

Di satu sisi mencuci tangan merupakan aktivitas baik untuk meminimalkan masuknya virus atau kuman ke dalam tubuh. Di sisi lain, terlalu sering mencuci tangan apalagi dengan sabun akan menghilangkan lapisan minyak pelindung kulit yang membuat kulit telapak tangan mengelupas.

2.    Terpapar Panas atau Dingin

Terlalu lama berada di ruangan berpendingin udara akan mudah membuat kulit kering dan mengelupas. Begitu pula sebaliknya, ketika Anda terlalu sering terpapar panas matahari, kelembapan kulit akan berkurang dan mudah memunculkan pengelupasan pada kulit.

3.    Penggunaan Bahan Kimia Keras

Kulit tangan mengelupas ataupun bagian kulit lainnya di dalam tubuh mengalami peradangan juga mungkin terjadi akibat efek penggunaan produk kimia tertentu. Produk-produk dengan bahan kimia keras, seperti handsanitizer ataupun salep rentan membuat kulit kehilangan kelembapannya dan membuat kulit mengelupas.

4.    Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit bisa membuat kondisi kulit Anda mengelupas. Bukan hanya penyakit kulit, penyakit lain yang bisa memunculkan peradangan pada kulit dan memicu pengelupasan, di antaranya gangguan sistem kekebalan tubuh juga kanker.

Tips Atasi Kulit Mengelupas

Meskipun banyak hal yang bisa membuat kulit tangan mengelupas, banyak hal juga yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda praktikkan untuk membuat masalah pengelupasan kulit menjauh dari Anda.

1.    Gunakan Pelembap

Kulit mengelupas merupakan dampak dari kondisi keringnnya kulit. Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan kelembapan kulit menggunakan produk-produk pelembap yang beredar bebas di pasaran. Namun, hindari penggunaan pelembap pada bagian kulit yang sedang mengelupas karena akan membuat kondisinya makin parah.

2.    Hindari Air Panas

Agar risiko kulit kering tidak semakin besar, cobalah untuk tidak membiasakan diri mandi ataupun mencuci tangan dengan air panas. Air panas cenderung membuat kulit lebih kering sehingga potensi pengelupasan lebih tinggi.

3.    Perbanyak Air Mineral

Kondisi kulit kering tidak hanya bisa diatasi dari luar, tapi mesti didukung oleh solusi dari dalam. Caranya pun tidak sulit. Cobalah memperbanyak asupan air mineral pada tubuh Anda untuk menjaga kelembapan kulit dan terhindar dari masalah kulit tangan mengelupas.

4.    Jaga Asupan Vitamin

Anda juga bisa mengonsumsi vitamin penunjang kesehatan kulit untuk mengatasi masalah kulit mengelupas. Vitamin E dan kolagen dapat menjadi tambahan guna mendukung kelembapan kulit. Namun, penggunaannya juga jangan terlalu sering. Mengonsumsi vitamin alami dari buah-buahan menjadi opsi yang terbaik.

5.    Gunakan Produk Aman

Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand santizer memang sulit dielakkan, apalagi di era pandemi seperti sekarang. Untuk meminimalkan risiko kulit mengelupas dari penggunaan produk-produk tersebut, carilah produk berupaa sabun atau hand sanitizer yang aman untuk kulit. Salah satunya yang tidak mengandung pewangi tambahan.

Tidak sulit bukan mengatasi kulit mengelupas? Sebagai referensi produk yang aman, Anda bisa memilih sabun ataupun hand sanitizer Lifebuoy agar risiko kulit tangan mengelupas akibat terlalu sering mencuci tangan dapat diminimalkan. Hidup menjadi sehat, kulit tangan pun tetap terjaga kelembapannya!

 

Sumber:

thebodyshop.co.id/blog/kulit-tangan-mengelupas

alodokter.com/penyebab-kulit-tangan-mengelupas-dan-cara-mengatasinya

id.theasianparent.com/kulit-mengelupas

hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-kulit-jari-mengelupas/#gref

99.co/blog/indonesia/mengobati-kulit-tangan-mengelupas/

wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4916211/7-cara-mengatasi-kulit-kering-dan-mengelupas

hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/penyebab-mengatasi-kulit-mengelupas/#gref