5 Manfaat Daun Shiso untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Daun Shiso untuk Kesehatan Kulit

AddTHis is disabled because of cookie content

Siapa sangka tanaman yang biasa kita kenal sebagai bahan pelengkap masakan Jepang ternyata memiliki beragam manfaat. Selain bisa digunakan untuk masakan, pun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya kesehatan kulit. Tanaman tersebut adalah daun shiso yang sering kita jumpai pada acar, furikake atau bumbu yang ditaburkan di atas nasi, campuran onigiri, ataupun sashimi. Daun shiso memang sangat kental dengan budaya Jepang. Di sana, daun shiso umum digunakan dalam hal kuliner dan  pengobatan.

Terdapat dua jenis daun shiso yang mudah dijumpai, yaitu shiso hijau yang biasa disebut aojiso dan shiso merah atau akajiso. Shiso hijau lebih sering dimanfaatkan untuk makanan seperti untuk hiasan pada sushi dan sashimi, digoreng untuk dijadikan sebagai cemilan, atau digunakan untuk menggantikan wasabi. Sementara itu, shiso merah biasa digunakan untuk acar, dan obat-obatan.

Terkait pengobatan, shiso merah dikenal sebagai bahan pengobatan di Jepang dan Tiongkok. Seiring dengan perkembangan zaman dan berbagai penelitian, kini shiso merah banyak digunakan sebagai bahan dari berbagai produk kesehatan kulit karena beragam  manfaatnya, salah satunya untuk menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 manfaat daun shiso untuk kesehatan kulit.

 

1. Melembutkan

Salah satu manfaat dari daun shiso merah ini yaitu untuk melembutkan kulit. Daun shiso merah kaya akan kandungan ceramide yang berfungsi untuk menjaga kelembutan kulit. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi kamu yang ingin memiliki kulit yang halus dan lembut. Tidak perlu khawatir harus mengolah sendiri, karena kini banyak produk kesehatan kulit dan juga kosmetik yang menggunakan daun shiso merah sebagai salah satu bahan utamanya.

 

2. Mengobati Penyakit Radang Kulit

Selain melembutkan, daun shiso merah juga memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit radang kulit seperti dermatitis atopik ataupun alergi. Pada daun shiso merah terdapat kandungan asam rosmarinic yang baik untuk mencegah alergi dan inflamasi pada kulit.

Dikutip dari Tirto.id, dalam Perilla: The Genus of Perilla terdapat seorang dokter bernama Kazuhiko Oyanagi yang melakukan penelitian dengan menggunakan ekstrak daun shiso sebagai krim untuk mengobati penyakit dermatitis atopik pada anak-anak. Hasilnya, sekitar 70-80% anak-anak yang menggunakan krim shiso ini mengalami peningkatan dan kunjung membaik.

 

3. Anti Alergi

Daun shiso merah juga bisa melindungi kulit karena memiliki sifat anti-alergi dan anti inflamasi. Kedua sifat ini didapat dari kandungan asam rosmarinic nya yang berperan untuk mencegah timbulnya alergi dan inflamasi. Karena itu, daun shiso merah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit seperti untuk melawan kuman yang jahat, membersihkan bakteri yang menempel pada kulit, dan menjaganya tetap bersih dan sehat.

 

4. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat shiso merah lainnya yaitu untuk menangkal radikal bebas pada kulit. Shiso merah memiliki kandungan antioksidan yang membuatnya mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit selalu terjaga dari polusi maupun kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak terawat.

 

5. Anti Iritasi

Menggunakan produk kebersihan dan kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia dapat memicu timbulnya iritasi pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai untuk mengganti produk pembersih dan kecantikanmu dengan produk-produk yang mengandung bahan alami sebagai bahan utamanya. Seperti sabun yang mengandung daun shiso merah yang bisa mengatasi dan mencegah iritasi kulit.  

           

Produk kesehatan kulit dari bahan alami yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Lifebuoy Natural Shiso & Mineral Clay. Terinspirasi dari kebaikan daun shiso Jepang dan mineral clay, varian terbaru dari Lifebuoy ini ampuh membersihkan tubuh secara menyeluruh dan juga mendetoksifikasi dari kuman penyebab jerawat di tubuh.

packshot lifebuoy japanese shinso