5 Manfaat Budaya Hidup Sehat yang Baik bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

5 Manfaat Budaya Hidup Sehat yang Baik bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Budaya hidup sehat mutlak diperlukan untuk menunjang kesehatan jasmani dan rohanimu. Sayangnya, tidak semua orang paham dan mau menjalankan budaya hidup sehat yang sebenarnya tidak sulit ini. Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa itu budaya hidup sehat dan seberapa besar pengaruhnya bagi kesehatan?

Budaya hidup sehat adalah kebiasaan menjalankan pola hidup yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa pola hidup yang menjadi bagian budaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, dan tentunya senantiasa menjaga kebersihan tubuh.

Kombinasi beragam pola hidup sehat tersebut bisa langsung membuat kamu mendapatkan beragam manfaat. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari menjalankan budaya hidup sehat yang dijamin membuat kualitas hidupmu meningkat.

 

1.  Menjaga Imunitas Tubuh

Budaya hidup sehat yang kamu bangun secara berkelanjutan akan berpengaruh langsung pada kondisi daya tahan tubuhmu. Mengonsumsi makanan bergizi akan membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan guna menjaga dan membentuk imunitas. Berolahraga secara teratur pun bisa membuat organ tubuh bekerja lebih maksimal.

Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga dapat menekan paparan virus dan bakteri yang berpotensi menyerang sistem imunitasmu. Jadi ketika kamu konsisten menjalankan pola hidup sehat, imunitas yang kuat pun bisa menghindarkanmu dari berbagai risiko penyakit yang tidak diharapkan.

 

2.  Memelihara Berat Badan Ideal

Tubuh yang terlalu kurus memang tidak baik. Namun, tubuh yang kegemukan adalah pemicu berbagai penyakit kronis. Penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh, diabetes, sampai stroke tidak jarang ditimbulkan oleh kondisi berat badan obesitas atau tidak ideal.

Membiasakan diri menjalankan budaya hidup sehat dapat mendatangkan manfaat berupa pemeliharaan berat badan ideal. Dalam sebuah penelitian terkait obesitas pada tahun 2012, ditemukan fakta bahwa kombinasi antara olahraga teratur dan diet sehat mampu menurunkan berat badan yang berlebih serta memelihara berat badan agar tetap di jalur idealnya.

 

3.  Meningkatkan Stamina dan Energi

Kata siapa budaya hidup sehat berupa olahraga teratur dan pembatasan makanan yang dikonsumsi bisa membuat tubuh lemas? Justru pola makan yang teratur dan olahraga yang rajin bisa membuat produksi energi meningkat.

Pasalnya, keteraturan tersebut membuat proses metabolisme tubuh lebih optimal. Alhasil, kamu akan merasa energi dan stamina selalu ada dan selalu siap menjalankan berbagai kegiatan harian.

 

4.  Memperbaiki Kualitas Tidur

Apa budaya hidup sehat hanya termasuk menjaga makan dan rajin berolahraga? Tentu tidak. Budaya hidup sehat termasuk beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup ini bukan hanya mengacu kepada kuantitas, tetapi juga kualitas. Jika selama tidur kamu mudah terbangun secara tiba-tiba, bisa dibilang kualitas tidurmu kurang baik.

Kualitas tidur yang kurang baik biasanya sangat terpengaruh oleh aktivitas yang kamu lakukan, berat badan dan kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu. Mulai sekarang, cobalah untuk menjalankan diet sehat untuk membentuk berat badan ideal dan memilah makanan lebih selektif, seperti mengurangi kopi dan alkohol. Kamu akan merasakan sendiri bagaimana kualitas tidurmu akan meningkat dan bisa tidur dengan nyenyak.

 

5.  Menjaga Kesehatan Mental

Menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga bukan hanya berpengaruh untuk fisikmu. Budaya hidup sehat yang kamu jalankan tersebut juga mampu menjaga dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Orang-orang yang konsisten menjalankan budaya hidup sehat cenderung lebih mampu mengelola stres dan menjaga suasana hati. Hal ini karena ketika kamu makan teratur dan beristirahat cukup, suasana hati akan lebih terkendali. Apalagi jika ditambah berolahraga, kamu bisa memperoleh peningkatan produksi hormon endorfin yang membuat hati merasa lebih gembira.

 

Tentunya jangan sampai manfaat budaya hidup sehat yang sudah kamu peroleh rusak karena tidak menjalankan kebiasaan bersih, di antaranya dengan mencuci tangan. Pastikan kamu menggunakan sabun antibakteri terpercaya seperti Lifebuoy guna meminimalkan risiko kuman dan virus masuk ke tubuh dan merusak imunitas.

Sabun cuci tangan Lifebuoy Cool Fresh and Hand Sanitizer Care  dapat menjadi andalanmu menjaga kebersihan. Formula mutakhir produk tersebut bisa melindungi kamu dari kuman hanya dalam 10 detik pembersihan tangan. Sensasi rasa segar pun bisa membuat kamu semakin semangat menjalankan budaya hidup sehat!