5 Makanan Sumber Vitamin B3 dan Manfaatnya untuk Kulit

5 Makanan Sumber Vitamin B3 dan Manfaatnya untuk Kulit

Bukan hanya vitamin E yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kamu juga harus mengetahui vitamin untuk kulit yang satu ini, yaitu vitamin B3.

Vitamin B3, atau biasa disebut niacin, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu fungsi vitamin B3 diantaranya untuk meningkatkan kesehatan kulit, melindungi kulit dari kerusakan karena sinar matahari, dan mencerahkan kulit. Selain itu, Vitamin B3 untuk kulit juga dapat bermanfaat sebagai anti aging yang melawan tanda penuaan dini.

Vitamin B3 memiliki dua bentuk, yaitu niacin dan niacinamide. Kedua bentuk ini larut di dalam air sehingga mudah diserap tubuh ketika dikonsumsi secara oral. Ketika niacin dalam tubuh terlalu tinggi, makan niacin akan diubah menjadi niacinamide. Niacin dan niacinamide juga berfungsi untuk menjaga lemak dalam darah agar dapat bekerja dengan baik.

Lalu, makanan apa saja yang mengandung vitamin B3 ini? Simak 5 makanan sumber vitamin B3 dan manfaatnya untuk kulit berikut ini:

 

1.  Ikan tuna

Kabar baik bagi kamu yang suka mengkonsumsi ikan khususnya ikan tuna. Ikan tuna termasuk ke dalam salah satu makanan yang memiliki kandungan niacin tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, ikan tuna juga mudah dijumpai di pasar dan swalayan.

Dalam satu kaleng tuna yang berukuran 5,8 ons (165 gram) terdapat sekitar 21,9 mg vitamin B3. Jumlah ini cukup besar dan sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin B3 baik pria maupun wanita.

 

2.  Jamur

Selain enak dan sehat untuk dikonsumsi, jamur juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Dalam 100 gram jamur terdapat 3,6 mg vitamin B3. Hal ini membuat jamur masuk dalam kategori makanan sumber vitamin B3.

Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati karena tidak semua jenis jamur bisa dikonsumsi. Beberapa jenis jamur yang ada merupakan jamur beracun dan berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi.

Nah, beberapa manfaat dari kandungan vitamin B3 dalam jamur untuk kesehatan kulit diantaranya mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, serta menghidrasi kulit. Selain itu, jamur juga kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, mengurangi iritasi, sensitivitas dan inflamasi pada kulit.

 

3.  Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk sumber makanan vitamin B3 pada bahan makanan nabati. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, dan biji mustard termasuk ke dalam kategori ini.

Dalam satu ons nya, kacang tanah memiliki kandungan 3,8 mg vitamin B3, kacang almond mengandung 0,95 mg niacin per 3 ons, dan  kacang mustard memiliki kandungan niacin nya sebesar 0,9 mg per 1 sdm.

Selain dari kacang yang utuh, manfaat vitamin B3 ini juga bisa kamu dapat pada selai kacang. Selai kacang yang biasa menjadi teman sarapan dalam 2 sendok makan nya (32 gram) memiliki kandungan 4,3 mg vitamin B3. Jumlah ini setara dengan 25% kebutuhan vitamin B3 untuk pria, dan 30% kebutuhan vitamin B3 harian untuk wanita.

 

4.  Alpukat

Alpukat terkenal dengan manfaatnya yang dapat menurunkan kadar lemak jahat dalam darah (HDL) sekaligus meningkatkan produksi lemak baik (LDL) untuk tubuh. Hal ini sangat baik untuk penderita kolesterol, hipertensi, dan diabetes. Namun tahukah kamu kalau alpukat juga memiliki kandungan vitamin B3 yang bagus untuk kulitmu?

Di dalam alpukat yang berukuran sedang misalnya, terdapat kandungan niasin sebanyak 3,5 mg. Kandungan ini setara dengan 21% dari kebutuhan vitamin B3 untuk pria dan 25% kebutuhan harian vitamin B3 untuk wanita. Kandungan vitamin B3 pada alpukat ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kulitmu, seperti mencerahkan kulit, mengurangi kemerahan dari polusi dan kosmetik, sampai mencegah penuaan dini.

 

5.  Dada ayam

Bukan hanya sebagai sumber protein, ayam khususnya dada ayam juga memiliki kandungan vitamin B3  yang tinggi. Dalam 3 ons (85 gram) dada ayam tanpa tulang dan kulit, terdapat niasin sebesar 11,4 mg yang setara dengan 70% kebutuhan harian vitamin B3 untuk pria, dan 80% mencukupi kebutuhan harian vitamin B3 untuk wanita.

Pastikan kamu memasaknya dengan benar ya. Jangan lupa untuk membuang kulit dan tulangnya terlebih dahulu untuk mengurangi lemak dan mendapatkan kandungan niasin yang utuh bagi kesehatan kulit dan juga tubuh.

 

Selain konsumsi kelima makanan sumber vitamin B3 di atas, kamu juga harus rajin menjaga kebersihan kulitmu. Gunakan Lifebuoy Sabun Cair Mild Care yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembutan kulitmu.