5 Khasiat Madu untuk Kesehatan Kulit

5 Khasiat Madu untuk Kesehatan Kulit

Berbagai khasiat madu untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya antara lain sebagai anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Madu juga bermanfaat sebagai sumber energi, menguatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan batuk dan pilek, menyembuhkan luka serta membantu seseorang mendapatkan tidur yang lelap.

Di dalam madu, terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin, seperti natrium, asam amino, zinc, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Karena itu khasiat dari madu begitu banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, madu juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit lho. Berbagai produk kecantikan seperti kosmetik, pelembab, dan sabun pun kini menjamur dengan kandungan madu di dalamnya.

Untuk mengetahui khasiat madu untuk kesehatan kulit lainnya, simak artikel berikut yuk.

 

1.  Merawat kelembutan kulit

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, madu bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat. Madu memiliki sifat emolien yang menjadikannya sebagai pelembap yang bagus untuk kulit. Dalam hal ini, madu mengunci kelembaban di kulit dan membuatnya lembut serta terhidrasi.

Selain itu, di dalam madu terdapat kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menghidrasi kulit dengan baik. Gunakan madu secara teratur, oleskan madu alami ke wajah seperti masker maka kulit akan terasa lebih lembut dan terawat.

 

2.  Eksfoliasi Kulit

Khasiat madu untuk kesehatan kulit lainnya yaitu untuk eksfoliasi kulit. Tidak semua eksfoliator memiliki tekstur yang kasar, karena ternyata madu yang lembut pun memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim di dalam madu.

Kamu bisa membuat pasta dari campuran oat dan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Masker yang terbuat dari oat dan madu ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering karena akan melembutkan kulitmu. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa mencampurkan madu dengan tepung gram untuk dijadikan masker wajah.

 

3.  Merawat kulit berjerawat

Kulit yang berjerawat adalah musuh bagi siapa saja, terutama perempuan muda, yaitu para remaja belia yang menginjak masa pubertas. Kulit berjerawat tentu sangat mengganggu dan merusak penampilan. Karenanya, berbagai produk untuk mengatasi jerawat pun bertebaran dimana-mana.

Obat untuk jerawat yang tidak boleh ketinggalan adalah madu. Madu bisa mengatasi jerawat karena madu mengandung zat anti inflamasi dan antibakteri yang bisa meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Gunakan madu murni dengan campuran bubuk kunyit sebagai masker wajah untuk meredakan peradangan pada jerawat. Aplikasikan secara rutin sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

 

4.  Mencerahkan kulit

Siapa sangka, selain bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti bakteri, madu juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Kandungan anti bakteri yang terdapat dalam madu membantu mengatasi dan menenangkan peradangan, melindungi kulit dari kuman sehingga kulit menjadi cerah, lembab dan bernutrisi.

Jika ingin mendapatkan kulit yang cerah dan terawat, kamu bisa mencampurkan madu dengan bahan alami lainnya misalnya dengan lemon dan yoghurt. Campurkan satu sendok makan yoghurt segar dan satu setengah sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

 

5.  Mencegah penuaan dini

Seiring bertambahnya usia, kulit pun menjadi kusam dan terdapat keriput di wajah. Namun hal ini bisa diatasi salah satunya dengan madu. Madu mengandung berbagai antioksidan alami seperti polifenol dan flavonoid yang membantu kulit mengatasi kerusakan pada kolagen yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan yang ada.

Selain itu, madu juga kaya akan nutrisi, probiotik dan enzim. Kandungan-kandungan tersebut membantu meregenerasi dan melembabkan kulit, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara itu, menurut Journal of Cosmetic Dermatology, manfaat madu untuk wajah adalah menghambat pembentukan kerutan dan menghilangkan kerutan, meskipun tidak sepenuhnya.

Itulah 5 khasiat madu untuk kesehatan kulit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan Lifebuoy Body Wash Honey & Habbatussauda[1] . Sabun tersebut memiliki kandungan madu dan ekstrak habbatussauda alami yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan kulit. Sabun ini bisa mengangkat kotoran dan melindungi kulit dari kuman dan bakteri.