5 Jenis Vitamin Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

5 Jenis Vitamin Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

AddTHis is disabled because of cookie content

Vitamin tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin untuk mendukung kesehatan kulit ada yang diminum dan ada pula yang terkandung dalam produk perawatan kulit. Kalau rajin mengonsumsi makanan bervitamin ataupun suplemen vitamin, kulitmu akan sehat, tidak kusam, dan kamu jadi terlihat awet muda. Begitu pula bila kamu rajin mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin.

Lalu, apa saja vitamin untuk kulit yang perlu dikonsumsi untuk mendapatkan kulit sehat?

 

1. Vitamin A

Vitamin A tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A termasuk salah satu jenis vitamin kulit karena bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Vitamin A berperan penting dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau, dapat membantu mengurangi tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Vitamin A biasanya ditambahkan pada produk krim wajah. Kamu bisa mengetahui adanya kandungan vitamin A pada suatu produk bila di kemasannya tercantum retinoid, retin-A, dan renova.

 

2. Vitamin C

Antioksidan vitamin C diperlukan tubuh antara lain untuk membantu produksi kolagen. Ini alasannya banyak produk perawatan kulit antipenuaan yang memiliki kandungan vitamin C.

Vitamin C juga memiliki peran vital dalam sintesis kolagen alami tubuh. Oleh karena itu, vitamin C penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan, serta membantu mencegah kulit kering.

Mengonsumsi vitamin C juga dapat membantu meningkatkan efektivitas aplikasi tabir surya di kulit. Kamu dapat mengonsumsi vitamin C sebanyak 1.000 mg per hari.

 

3. Vitamin D

Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari di bawah jam 10 pagi. Cukup berjemur selama 10 menit per hari untuk mendapatkan manfaat sehat sinar matahari yang diserap kulit.

Saat berjemur, kolesterol di tubuh akan diubah menjadi vitamin D yang kemudian disimpan di ginjal dan hati. Simpanan vitamin D itu lalu dikirim ke berbagai bagian tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, termasuk pada kulit.

Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu juga bisa memakai krim topikal kalsitriol, yaitu jenis vitamin D buatan, untuk mengurangi gejala psoriasis serta peradangan dan iritasi pada kulit.

 

4. Vitamin E

Peran utama jenis vitamin kulit ini adalah melindungi kulit dari dampak negatif paparan sinar ultraviolet. Vitamin E dapat menyerap sinar ultraviolet serta mencegah timbulnya bintik hitam dan kerutan.

Kamu dapat memperoleh vitamin E dari konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan suplemen vitamin E. Cara lainnya adalah mengaplikasikan produk topikal yang mengandung vitamin E untuk mencegah kulit kering.

 

5. Vitamin K

Jenis vitamin kulit ini banyak terdapat di krim topikal untuk merawat berbagai kondisi kulit, seperti menyamarkan stretch mark, pembuluh darah yang terlihat, noda hitam, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, vitamin K juga penting untuk membantu proses pembekuan darah yang membantu tubuh menyembuhkan luka dan memar. Vitamin K juga diperlukan pasien operasi. Dokter biasanya meresepkan krim yang mengandung vitamin K pada pasien yang baru menjalani operasi untuk membantu mengurangi bengkak dan memar pada area yang baru dioperasi.

 

Cara lain menjaga kesehatan kulit sehari-hari adalah menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Matcha yang diformulasikan dari green tea dan aloe vera yang kaya akan berbagai vitamin. Kandungan vitamin dari kedua bahan alami itu dapat membantu melawan masalah kesehatan kulit karena kuman, seperti gatal-gatal dan kemerahan.

Gunakan Lifebuoy Sabun Cair Matcha setiap hari untuk membantu membersihkan secara menyeluruh kuman dan partikel polusi yang menempel di tubuh!

lifebuoy matcha