5 Faktor Penyebab Kulit Kering dan 'Senjata' untuk Mengatasinya

5 Faktor Penyebab Kulit Kering dan 'Senjata' untuk Mengatasinya

AddTHis is disabled because of cookie content

Memiliki kulit kering bisa membuat Anda tidak nyaman. Sebab, kulit akan sering terasa gatal, mudah iritasi, dan terlihat kusam atau tidak sehat. Meskipun kondisi kulit seperti ini tergolong normal, Anda tetap perlu mengatasinya. Karena jika dibiarkan, bakteri akan mudah hinggap di kulit. Lantas, apa sebenarnya penyebab kulit kering? Apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering dan mengembalikan kesehatan kulit Anda lagi? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

5 Faktor Penyebab Kulit Kering yang Perlu Anda Ketahui

 

Banyak faktor dapat memengaruhi kondisi kulit Anda, baik itu faktor internal maupun eksternal. Faktor eksternal merujuk pada penyebab kulit kering yang datang dari dalam tubuh manusia itu sendiri, sementara faktor eksternal datang dari lingkungan atau kebiasaan yang kerap dilakukan individu. Apabila Anda memiliki masalah kulit kering, maka beberapa hal ini mungkin bisa menjadi penyebabnya. Yuk, kenali hal-hal apa saja yang dapat menjadi penyebab kulit kering !

1. Kandungan Sabun yang Terlalu Keras

Apabila sabun mandi yang Anda gunakan sehari-hari memiliki kandungan bahan kimia yang keras, bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu penyebab kulit Anda menjadi kering. Kandungan bahan kimia yang terlalu keras pada sabun, dapat akan menghilangkan kelembapan alami di kulit dan menjadikan kondisinya lebih kering. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih sabun mandi yang dirancang dapat menjaga kelembapan. Tak ada salahnya juga memilih sabun mandi yang terinspirasi dan menghadirkan manfaat bahan-bahan alami sehingga lebih aman bagi kulit.

2. Sering Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat memang ampuh memberikan kenyamanan tersendiri, apalagi saat Anda merasa kelelahan atau cuaca sedang dingin. Akan tetapi, kebiasaan mandi dengan air hangat atau air panas sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Tanpa Anda sadari, kebiasaan mandi dengan air hangat tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering. Sebab, air hangat dapat memapas minyak alami di kulit sekaligus merusak pelindung kulit. Jika dilakukan terus-menerus, kondisi kulit pun akan menjadi semakin kering dan kehilangan kelembapan.

3. Faktor Genetika

Apapun jenis kulit yang Anda miliki, hal tersebut pada dasarnya merupakan bawaan sejak lahir. Itulah mengapa, penyebab kulit kering pun salah satunya bisa diakibatkan oleh faktor genetika. Meski merupakan kondisi bawaan, bukan berarti orang yang terlahir dengan kulit kering tak dapat melakukan usaha untuk mengatasinya. Agar kulit bawaanmu tak semakin kering, ada baiknya pilih produk kebersihan tubuh yang menawarkan kelembapan tambahan untuk kulit Anda.

4. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Mengangkat sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi memang diperlukan. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pergantian sel kulit lama ke kulit baru serta membersihkan kotoran-kotoran yang tertinggal. Akan tetapi, jika kebiasaan ini dilakukan terlalu sering, kemungkinan besar kulit Anda akan menjadi lebih kering dari biasanya dan mudah teriritasi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan eksfoliasi kulit tidak lebih dari dua kali seminggu.

5. Kurang Minum

Apabila kekurangan asupan air putih, ada berbagai masalah kesehatan yang rentan membayangi. Selain membuat Anda bisa mengalami dehidrasi, kurang minum juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering. Membiasakan diri untuk mengonsumsi air minimal delapan gelas sehari tak hanya membuat tubuh sehat, namun juga menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan mampu mempertahankan kelembapannya.

Lemon, ‘Senjata’ Alami untuk Lawan Penyebab Kulit Kering

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering. Misalnya seperti berkonsultasi ke dokter kulit, menggunakan produk khusus kulit kering, hingga melakukan perawatan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berbicara tentang masalah kulit kering dan bahan alami, maka kita tak boleh melupakan buah lemon. Sebab, secara alami, lemon memang hadir dengan banyak kandungan penting yang efektif mengatasi berbagai penyebab kulit kering. Hal ini menjadikan lemon sebagai salah satu bahan paling murah, mudah, dan aman yang bisa Anda gunakan untuk melawan kulit kering. Apa saja kandungan dalam lemon yang membuatnya bermanfaat melawan kulit kering?

  • Asam Sitrat: Zat asam ini merupakan turunan dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan memiliki fungsi beragam untuk merawat kulit bermasalah. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembutkan tekstur kulit kering.
  • Kalium: Lemon memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium sendiri merupakan salah satu sumber mineral yang dapat membantu melembabkan serta meremajakan kulit.
  • Kalsium: Lapisan teratas kulit Anda mengandung kalsium untuk menjaga kulit tetap sehat. Apabila kekurangan kalsium, kulit akan menjadi kering dan mudah gatal-gatal. Lemon mengandung kalsium yang tinggi sehingga menjadikan buah ini tepat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering.
  • Vitamin C: Selain membantu mencerahkan kulit kusam, vitamin C dalam lemon juga mendorong produksi kolagen dalam kulit. Kehadiran kolagen ini mampu mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, yang merupakan dua masalah umum yang sering muncul bersamaan dengan kulit kering.

Dengan kandungan-kandungan di atas, tidak salah apabila lemon dianggap sebagai salah satu ‘senjata’ alami paling efektif untuk mengatasi penyebab kulit kering. Cara memanfaatkan lemon untuk mengatasi kulit kering pun tidaklah sulit. Anda bisa meramunya menjadi masker lemon atau meminumnya sebagai jus. Jika dilakukan secara rutin, massage menggunakan masker lemon atau mengonsumsi jus lemon bisa efektif mengatasi masalah kulit kering yang Anda hadapi.

Cara Lain untuk Melawan Penyebab Kulit Kering

Selain menggunakan lemon, usaha mengatasi kulit kering juga bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kebiasaan lain. Agar upaya Anda mengatasi kulit kering semakin membuahkan hasil, yuk cari tahu beragam alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering berikut ini:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Bergizi & Air Putih

Apabila selama ini Kamu tidak suka mengonsumsi buah-buahan atau sayuran, ada baiknya segera ubah kebiasaan ini. Sebab, tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, kandungan air dalam buah-buahan dan sayuran efektif meningkatkan asupan air dalam tubuh. Sebagai hasilnya, kulit pun dapat ikut terhidrasi lebih baik dan terhindar dari masalah kulit kering.

2. Aktif Bergerak

Bagi pemilik masalah kulit kering, ada baiknya untuk memperbanyak aktivitas yang dapat merangsang tubuh untuk aktif bergerak. Meski sekilas tampak tak berhubungan, membuat tubuh aktif bergerak ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kering. Hal ini karena aktivitas kardio akan meningkatkan detak jantung, sehingga memompa darah lebih cepat melalui pembuluh darah. Hasilnya, oksigen yang tersuplai ke dalam sel, termasuk sel kulit, menjadi lebih lancar. Hal ini bisa membuat kulitmu lebih terhidrasi dan tampak lebih sehat.

3. Memanfaatkan Bahan-bahan Alami Lain

Lemon ternyata bukan satu-satunya bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Di luar sana, masih ada beberapa bahan dari alam yang ternyata juga membawa khasiat sama. Beberapa di antaranya seperti teh hijau, alpukat, almond, minyak argan, hingga krim susu. Kandungan dalam bahan-bahan alami tersebut terbukti mampu meningkatkan nutrisi kulit dan menjaga kelembapannya. Anda bisa memanfaatkan bahan alami tersebut sebagai masker, pelembap, dsb.

Namun, apabila mengatasi kulit kering dengan bahan-bahan mentah dari alam dianggap cukup merepotkan, Anda tak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah ada banyak produk kesehatan dan kecantikan yang dihadirkan dengan manfaat bahan-bahan alami tersebut. Dalam hal mengatasi kulit kering misalnya, Anda bisa menggunakan sabun mandi Lifebuoy Mild Care. Dirancang dengan kebaikan alami dari susu dan oat, Lifebuoy Mild Care dapat membuat kulit Anda selalu lembut dan halus. Sabun yang dapat melembutkan kulit tentu sangat dibutuhkan para pemilik kulit kering, karena aman dan dapat meminimalisir risiko iritasi. Sementara bagi Anda yang ingin mendapatkan sensasi segar lemon saat mandi, bisa menggunakan Lifebuoy Lemon Fresh. Tak perlu lagi bersusah-susah merawat tubuh dengan krim susu atau buah lemon, karena manfaat yang sama kini sudah bisa didapatkan dengan lebih mudah!

Referensi:

  • rd.com/health/beauty/what-causes-dry-skin/https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/7-surprising-causes-of-dry-skin.aspx#zealous-hand
  • washinghttps://www.rochesterfirst.com/wellness-network/dry-skin/11-top-causes-of-dry-skin/194236058
  • homeremediesforlife.com/lemon-for-dry-skin/
  • beautyhealthtips.in/homemade-lemon-face-pack-for-dry-skin-oily-skin-and-acne-marks-skin-glow-lemon-face-masks/