JPEG - Cara Atasi Batuk Berdahak di Rumah

5 Cara Atasi Batuk Berdahak di Rumah

AddTHis is disabled because of cookie content

Batuk kering ataupun batuk berdahak keduanya bisa membuat tenggorokan tidak nyaman dan aktivitas menjadi terganggu. Apalagi jika batuk berlangsung selama beberapa hari dan tidak kunjung sembuh.

Batuk juga bisa mengganggu waktu istirahat ketika tidur di malam hari. Namun sebenarnya, batuk adalah cara tubuh mempertahankan diri ketika ada partikel asing yang tidak terdeteksi. Dengan batuk, tubuh melindungi paru-paru dari infeksi dan timbulnya peradangan.

Pada kasus batuk berdahak, batuk bisa dipicu berbagai hal seperti menghirup debu, polusi, asap rokok, infeksi, alergi, dan asma. Hal ini membuat adanya akumulasi lendir di dada. Tubuh mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan untuk membuat pengidapnya bisa bernapas dengan mudah.

Meski bisa sembuh dengan beristirahat dan meningkatkan imunitas tubuh, batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh tidak boleh diabaikan. Batuk berdahak yang bertahan sampai berminggu-minggu bisa menandakan adanya gejala penyakit tertentu.

Untuk mengatasi batuk berdahak, Anda bisa melakukan pengobatan sederhana di rumah atau yang biasa dikenal dengan home remedies. Yuk, simak apa saja pengobatannya.

1.     Minum campuran jeruk nipis dengan kecap atau madu

Pengobatan alami yang satu ini memang sudah lama dikenal untuk mengatasi batuk berdahak. Jeruk nipis memiliki kandungan antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antibakteri tersebut di antaranya fenolik, flavonoid, tanin, saponin, steroid, dan glikosida dalam satu buah jeruk nipis.

Kecap tidak memiliki fungsi langsung untuk meredakan batuk berdahak. Campuran kecap di sini berfungsi untuk menetralkan rasa asam dari perasan jeruk nipis.

Jika tidak ingin menggunakan kecap, Anda bisa menggantinya dengan madu untuk memberikan rasa manis pada perasan jeruk nipis yang begitu asam. Cara membuatnya tentu sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Peras keduanya di dalam satu sendok makan, lalu tambahkan kecap/madu secukupnya.

2.     Inhalasi uap air panas

Pengobatan alami lainnya yaitu dengan menggunakan uap air panas. Siapkan baskom kemudian isi dengan air panas. Anda pun bisa menambahkan minyak esensial seperti eucalyptus atau rosemary ke dalam air uap. Dekatkan kepala di atas baskom tersebut dan letakkan handuk di atas kepala. Cara ini bertujuan memastikan kelembaban udara yang terhirup dan membuat Anda bernapas lebih nyaman.

3.     Minum air hangat

Air hangat juga menjadi salah satu pengobatan alami untuk batuk berdahak yang bisa Anda lakukan di rumah. Minum air hangat bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tapi juga memberikan sensasi tenang dan lega dari batuk berdahak.

Selain itu, air hangat bisa membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru. Jadi, pastikan Anda minum air hangat sebagai langkah pengobatan alami batuk berdahak di rumah.

4.     Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu menurunkan sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Siapkan segelas air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam lalu aduk merata. Setelah diaduk, kumur larutan tersebut dan biarkan larutan tersebut di dalam mulut selama beberapa saat sebelum dibuang. Perhatikan ketika Anda sedang berkumur, jangan sampai larutan tersebut tertelan.

5.     Minum rebusan daun sirih dan jahe

Selain mengatasi masalah kewanitaan, daun sirih juga berfungsi sebagai obat untuk meredakan batuk berdahak. Rebuslah beberapa lembar daun sirih dan jahe yang sudah dicuci dan dipotong-potong. Setelah itu, saring daun tersebut lalu minum air rebusannya. Anda bisa membuatnya sehari dua kali untuk menghangatkan tenggorokan.

Ketika batuk, tanpa sadar tangan Anda menyentuh benda-benda di sekitar. Padahal, sebelumnya Anda baru saja menutup batuk dengan tangan. Karena itu, ketika sedang batuk pastikan Anda menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Anda bisa menggunakan Lifebuoy untuk kebutuhan harian Anda. Lifebuoy tersedia dalam kemasan praktis, seperti Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting Total 10 .

 

Sumber:

sehatq.com/artikel/batuk-tak-kunjung-sembuh-coba-7-cara-mengobati-batuk-berdahak

halodoc.com/artikel/cara-ampuh-mengatasi-batuk-berdahak

health.kompas.com/read/2020/02/02/060200368/7-cara-alami-meredakan-batuk-berdahak?page=all

klikdokter.com/info-sehat/read/2839491/ramuan-jeruk-nipis-dan-kecap-untuk-batuk-apakah-efektif