3 Penyebab Telapak Tangan Berkeringat, Gejala Penyakit Tertentu

3 Penyebab Telapak Tangan Berkeringat, Gejala Penyakit Tertentu?

AddTHis is disabled because of cookie content

Telapak tangan yang berkeringat tentu pernah dialami siapa saja dan kapan saja. Salah satunya ketika merasa gugup, cemas, terlalu bahagia, atau sedang stres, telapak tangan bisa banyak mengeluarkan keringat. Namun, bagi sebagian orang telapak tangan yang berkeringat tidak diketahui penyebabnya.

Seringkali, kondisi telapak tangan yang berkeringat dikaitkan dengan penyakit jantung (gangguan/lemah jantung) tetapi dugaan ini tidaklah benar. Keringat berlebih pada telapak tangan adalah hal yang wajar dan umumnya disebabkan oleh hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah keringat berlebih yang disebabkan kelenjar-kelenjar keringat yang terlalu aktif. Kondisi ini bisa terjadi di seluruh tubuh (generalized hyperhidrosis) atau hanya di bagian tubuh tertentu (focal hyperhidrosis).

Generalized hyperhidrosis biasanya terjadi pada seluruh tubuh atau pada bagian tubuh yang banyak memiliki kelenjar keringat seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan selangkangan. focal hyperhidrosis terjadi hanya pada bagian tubuh tertentu misalnya telapak tangan.

Hiperhidrosis adalah hal yang wajar dan bukan masalah medis yang serius. Untuk mengetahui lebih dalam, yuk ketahui tiga penyebab telapak tangan yang berkeringat.

1.    Hiperhidrosis idiopatik primer

Hiperhidrosis idiopatik primer yaitu ketika hiperhidrosis tidak diketahui pasti penyebabnya. Idiopatik memiliki arti tanpa sebab yang diketahui. Jenis hiperhidrosis ini muncul sebagai focal hyperhidrosis, yaitu keringat berlebih terjadi pada telapak tangan atau telapak kaki.

Meski tidak diketahui penyebabnya, beberapa studi mengungkapkan jika hiperhidrosis ini terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Mayoritas penderita memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki kondisi serupa.

2.    Hiperhidrosis sekunder

Berbeda dengan hiperhidrosis primer, hiperhidrosis sekunder terjadi ketika seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Seperti asam urat, diabetes melitus, obesitas, menopause, hipertiroid, dan tumor. Beberapa penyakit tersebut bisa menyebabkan munculnya keringat berlebih pada penderitanya.

3.    Stres atau gangguan kecemasan lainnya

Jika telapak tangan berkeringat karena sedang stres, penat, gugup, dan cemas; sebaiknya Anda rileks dan menghindari hal-hal yang memicu stres. Lakukanlah hal-hal yang membuat Anda merasa senang dan jauhkan pikiran yang menyebabkan stres.

Jika cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter untuk mendapat perawatan yang lebih baik.

Agar tidak mengganggu aktivitas, berikut cara mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat.

1.    Gunakan antiperspirant

Antiperspirant berfungsi untuk mengurangi keringat dengan cara menyumbat pori-pori di area yang memiliki kelenjar keringat. Antiperspirant digunakan tidak hanya pada ketiak, tetapi bisa juga untuk telapak tangan yang berkeringat serta telapak kaki.

2.    Hindari pemicu keringat

Pemicu keringat bisa datang dari mana saja, seperti pakaian yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat juga makanan yang terlalu pedas dan panas. Jika timbulnya keringat merupakan penyebab dari pakaian yang terlalu tebal, gunakanlah pakaian yang tipis yang terbuat dari katun dan bahan yang lebih menyerap keringat lainnya. Anda juga bisa membawa sapu tangan untuk mengatasi keringat di telapak tangan dan dahi.

3.    Melakukan relaksasi

Keringat pada telapak tangan juga bisa timbul karena stres. Jika Anda sedang stres, cobalah untuk melakukan relaksasi seperti meditasi, menarik napas panjang, berjalan kaki, atau mendengarkan lagu-lagu favorit.

Telapak tangan yang berkeringat memang dapat mengganggu aktivitas, terutama jika banyak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan rajin mencuci tangan, dan membuat telapak tangan tetap kering.

Anda bisa menggunakan produk dari Lifebuoy seperti Lifebuoy Charcoal and Mint Antibacterial handwash yang memberikan 10 kali perlindungan dari kuman. Selain itu, Lifebuoy charcoal dapat membantu melawan masalah kesehatan kulit seperti gatal dan kemerahan karena kuman.

 

Sumber:

cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200408130247-255-491639/penyebab-dan-cara-mengatasi-telapak-tangan-berkeringat

alodokter.com/mitos-telapak-tangan-berkeringat

lifestyle.kompas.com/read/2019/08/13/080741020/telapak-tangan-berkeringat-benarkah-tanda-gangguan-kesehatan?page=all

halodoc.com/artikel/3-penyebab-tangan-selalu-berkeringat