Makanan Tinggi Protein Perkuat Daya Tahan Tubuh

15 Makanan Tinggi Protein Perkuat Daya Tahan Tubuh

AddTHis is disabled because of cookie content

Tubuh sangat membutuhkan asupan protein baik yang bersumber dari protein hewani maupun protein yang bersumber dari nabati. Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang terbentuk dari beberapa unsur yaitu karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Protein sangatlah penting untuk perbaikan dan pembentukan berbagai jaringan tubuh, dan juga sebagai sumber energi. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaga daya tahan tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, protein bisa didapatkan dari unsur hewani seperti dari konsumsi daging sapi, telur, seafood, ikan dan kacang tanah. Selanjutnya, protein yang bersumber dari unsur nabati seperti tahu, tempe, dan brokoli. Kebutuhan protein hewani yang diperlukan tubuh manusia yaitu sekitar 2-4 porsi atau setara dengan 70-160 gram daging-dagingan. Sedangkan untuk protein nabati, manusia membutuhkan asupan protein nabati sebanyak 2-4 porsi.

Kekurangan protein bisa berakibat buruk bagi tubuh. Seperti timbulnya berbagai gangguan kesehatan, dan penurunan sistem imun. Dampak lain akibat defisiensi protein diantaranya rambut menjadi rontok, badan menjadi lemas dan mudah lelah, gangguan fungsi otak dan kesehatan mental, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terhambat, serta proses penyembuhan luka pun menjadi lambat.

 

1.  Telur

telur

Telur adalah salah satu makanan yang tinggi akan kandungan protein. Dalam satu butir telur terdapat 6 gram protein dan 78 kalori. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A, folat, fosfor, kalsium, mineral, lemak sehat dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi mata dan memberikan nutrisi bagi otak.

Telur juga termasuk protein hewani yang sangat mudah dijumpai. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat telur selalu menjadi sajian makanan yang tidak boleh dilewatkan. Telur bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti kue, omelet, roti, dan isian sandwich.

Dikutip dari Medicalnewstoday, beberapa kandungan yang terdapat dalam telur juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, bagi kamu yang selalu sarapan dengan telur atau menjadikannya menu harianmu hal tersebut adalah kabar yang sangat baik bukan?

 

2.  Tahu

tahu

Makanan berikutnya yang mengandung protein tinggi adalah tahu. Tahu yang terbuat dari kedelai ini dalam satu buahnya memiliki kandungan protein sebanyak 8 gram, dan kalori sebanyak 76 kcal.

Sama seperti telur, selain murah meriah, tahu juga  mudah diolah menjadi masakan dan cemilan seperti tahu goreng, tahu pedas, pepes tahu, dan tumis tahu misalnya. Selain enak dan gurih, manfaat yang kamu peroleh pun tidak main-main. Kandungan protein tinggi yang ada di dalamnya membantumu menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

3.  Ikan tuna

ikan tuna

Kabar baik bagi kamu yang sering dan suka mengonsumsi ikan tuna. Pasalnya ikan tuna kaya akan protein tinggi, asam amino, dan omega-3 yang sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh. Di dalam 150 gram ikan tuna terdapat kandungan protein sampai 40 gram. Selain itu, ikan tuna juga rendah lemak dan kalori, sehingga bisa dikonsumsi ketika kamu sedang menerapkan diet sehat. Kalori yang terkandung di dalamnya sebanyak 157 kcal.

Konsumsilah ikan tuna secara rutin untuk memenuhi kebutuhan protein harian, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan jantung, mencegah anemia, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan reproduksi, menyehatkan tulang, membantu tumbuh kembang anak, serta membantu mengatasi stress.

 

4.  Susu

susu

Sudah bukan rahasia lagi kalau minuman sehat dan bergizi yang satu ini mengandung protein tinggi. Susu mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin B2 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan protein dalam segelas susu sebanyak 8 gram, sedangkan kalorinya sekitar 103 kalori.

Selain diminum langsung, susu juga bisa diolah menjadi yoghurt dan kue. Jika kamu rutin minum susu atau mengonsumsi olahan susu seperti yoghurt dan sereal secara tidak langsung kamu telah berupaya menjaga kesehatan tulang dan otot, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

 

5.  Daging sapi

daging sapi

Makanan tinggi protein lainnya yang bisa memperkuat daya tahan tubuhmu adalah daging sapi. Dalam 85 ons daging sapi dengan lemak, terkandung 22 gram protein dan 184 kalori. Selain protein, kandungan lain dalam daging sapi diantaranya vitamin B12 dan zat besi berfungsi aktif untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah anemia.

Jangan lupa untuk mengolahnya dengan benar. Agar lebih sehat, kamu bisa mengolah daging sapi menjadi sup, dan baso. Jika kamu mengolahnya dengan baik dan mengonsumsinya secara teratur, kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat, kuat dan terhindar dari penyakit.

 

6.  Brokoli

brokoli

Jenis sayur yang satu ini memiliki kandungan protein tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan hanya protein saja, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi bioaktif yang tinggi yang dapat mencegah risiko penyakit kanker.

Manfaat mengonsumsi brokoli secara rutin antara lain kamu bisa mencegah diri dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, serta diabetes. Manfaat yang bisa kamu dapatkan lainnya yaitu untuk mencegah penuaan dini, mencegah osteoporosis, melancarkan pencernaan, menjaga fungsi otak, dan mencegah peradangan.  

 

7.  Kacang tanah

kacang tanah

Apakah kamu termasuk salah satu anak yang dulu sering menjadikan kacang tanah sebagai cemilan? Eits, jangan khawatir karena kacang tanah mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Kacang tanah merupakan protein nabati dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, di dalam kacang tanah juga terdapat magnesium dan serat yang bisa mencegah dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain sebagai cemilan, di Indonesia khususnya di Jakarta, kacang tanah juga banyak digunakan untuk bumbu pecel dan bumbu ketoprak serta gado-gado. Rasanya yang enak dan gurih, ditambah dengan potongan sayur seperti kangkung, dan kacang panjang membuatnya digemari setiap kalangan.

 

8.  Oat

oat

Dikutip dari Alodokter, oat merupakan salah satu biji-bijian tersehat yang bebas gluten, tinggi kandungan protein, serat, vitamin, mineral serta kaya akan antioksidan. Dalam setengah cangkir oat mentah terkandung 13 gram protein,  gram lemak dan 8 gram serat.

Jika kamu rutin mengonsumsi oat sebagai menu sarapan pagimu, kamu akan mendapatkan segudang manfaatnya yang tidak tanggung-tanggung. Misalnya seperti menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

9.  Dada ayam

dada ayam

Protein hewani lainnya yang tinggi kandungan proteinnya yaitu dada ayam. Kandungan protein pada satu dada ayam tanpa lemak  yaitu sebanyak 53 gram, dengan kandungan lemak sebanyak 284 kalori.

Apabila kamu sedang menjalani diet, kamu bisa memilih dada ayam sebagai menu makan siangmu. Pastikan dada ayam tersebut diolah dengan benar tanpa digoreng dan dibakar, serta dibuang kulitnya terlebih dulu. Selain enak dan sehat, kamu bisa kenyang lebih lama dan terhindar dari mengonsumsi cemilan yang tidak sehat.

 

10.  Bayam

bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Di dalam bayam terdapat kandungan folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, protein, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium. Pada 100 gram bayam misalnya, terdapat 2,9 gram protein dan 23 kalori. Sementara kandungan vitamin K pada tiga cangkir bayam bisa mencukupi lebih dari 300% kebutuhan harian vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin C pada bayam sekitar 40% dan vitamin A sebanyak 160%. Kedua vitamin tersebut sangat berperan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Jadi bukan hanya zat besi ya, bayam pun ternyata juga  mengandung protein dan nutrisi serta vitamin lain yang berlimpah.

 

11.  Tempe

tempe

Makanan khas Indonesia yang satu ini tidak boleh terlewatkan dari daftar makanan tinggi protein. Sama seperti tahu, tempe yang dibuat dari bahan kedelai ini kaya akan kandungan protein. Selain itu, tempe juga mengandung prebiotik yang berfungsi meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mengurangi inflamasi/peradangan.

Bagi kamu yang melakukan pola hidup plant based dan vegetarian/vegan, tempe bisa menjadi alternatif protein nabati untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

 

12.  Ikan kod

ikan kod

Bukan hanya ikan tuna, ikan kod juga merupakan salah satu ikan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, ikan kod memiliki kalori dan lemak yang rendah sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Ikan kod juga kaya manfaat bagi tubuh. Kandungan protein dan profil asam amino nya berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

 

13.  Edamame

edamame

Makanan tinggi protein lainnya adalah edamame. Edamame merupakan bentuk kacang kedelai utuh yang masih muda ketika dipanen. Dalam 155 gram edamame, terdapat sebanyak 18 gram protein. Jumlah yang banyak bukan? Selain tinggi protein, edamame juga rendah kandungan lemak yang bisa membantu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

 

14.  Kacang polong

edamame

Selain kedelai, kacang hijau termasuk ke dalam protein nabati terbaik karena kandungan proteinnya yang tinggi. Salah satunya adalah kacang polong. Kacang yang memiliki kemiripan dengan kacang edamame ini biasa dikonsumsi sebagai sup atau sebagai pelengkap nasi goreng. Ia mengandung 85 kalori dan 21 gram protein yang bagus untuk memperkuat sistem imun.

Manfaat lain dari kacang polong untuk kesehatan tubuh antara lain untuk mengontrol gula darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

15.  Kacang almond

kacang almond

Bukan hanya enak disantap sebagai cemilan atau dijadikan susu, kacang almond juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kacang almond memiliki kandungan protein tinggi, dalam 1 ons nya terdapat sebanyak 6 gram protein serta terdapat pula kandungan serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Beberapa manfaat dari konsumsi kacang almond antara lain menstabilkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah oksidasi yang berbahaya serta mampu menurunkan rasa lapar. Untuk kamu yang sedang diet, kacang almond sangat cocok untuk menu dietmu.

 

Demi mendukung pola hidup sehat, gunakan juga berbagai produk kebersihan yang dapat menunjang kebersihan dan kesehatan tubuh. Kamu bisa menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Total 10 untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, serta membunuh kuman penyakit.

packshot lifebuoy total 10