Disentri

Apa itu Disentri?

Disentri merupakan infeksi usus yang berbahaya yang bisa dihindari! Disentri disebabkan oleh bakteri atau parasit yang tumbuh subur di area sibuk dan memiliki populasi yang padat dimana kuman dapat berkembangbiak dengan cepat - dan dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung atau melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Ringkasan gejala:

  • Diare
  • Keram perut
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Feses berdarah

Tips Pencegahan:

 

Praktek Pengobatan

  • Hati-hati di dapur!

Anda berpikir ada resiko disentri dimana anda berada? Kalau begitu, kurangi ancaman infeksi dengan mempersiapkan makanan dan minuman anda secara hati-hati: hindari memakan buah dan sayur mentah yang tidak dapat anda kupas sendiri; dan minumlah air botolan atau rebus air sekurang-kurangnya 1 menit sebelum digunakan untuk memasak.

Kebiasaan Bersih

  • Biasakan Selalu Bersih!

Selalu bersihkan tangan dengan sebaik mungkin! Biasakan untuk selalu mencuci tangan sepanjang hari - setelah menggunakan toilet; sebelum menyiapkan makan & menyantap makanan; saat sedang mandi maupun saat memandikan anak - pastikan kuman tidak menyebar ke Anda ataupun ke orang yang Anda sayangi.

Perlu dibiasakan:

Minumlah sesering mungkin!

Minum banyak air putih sepanjang hari untuk mengisi kembali cairan yang hilang - hindari air yang terlalu dingin atau terlalu panas. Mengapa tidak mencoba teh peppermint yang memberikan efek menenangkan atau segelas air murni bersoda yang menyegarkan?

Praktek pengobatan

Gunakan air panas!
Cuci pakaian dari orang yang terinfeksi dengan air panas.

Mitos yang Salah:

"Anda dapat terbiasa dengan air anda…"

Tidak sepenuhnya benar. Anda dan keluarga anda mungkin akan terbiasa dengan jenis bakteri tertentu - tapi jangan ambil resiko! Karena anda tidak akan terbiasa dengan disentri, atau kolera atau hepatitis atau tipus.

"Jika air terlihat bersih, ya artinya bersih..."

Tidak selalu! bakteri sangatlah kecil (anda dapat memasukkan 10.000 bakteri diujung sebuah jarum!) jadi pastikan air yang Anda minum itu aman untuk diminum.

Sumber Medis : British Health Authority

Referensi: