Waspadai Infeksi Kuman di 3 Tradisi Lebaran Ini

Momen Lebaran dikenal sarat akan tradisi. Beberapa di antaranya adalah tradisi sungkem atau bersalam-salaman, mengantar makanan kepada kerabat atau tetangga dekat, dan mudik ke kampung halaman. Ketiga tradisi tersebut dilakukan dengan tujuan baik, yaitu mempererat tali silaturahmi. Namun, sayangnya tak banyak yang menyadari bahwa ada ancaman infeksi kuman di balik ketiga tradisi Lebaran tersebut. Nah, agar keluarga terhindar dari infeksi kuman penyebab penyakit , yuk cari tahu lebih jauh penyebabnya berikut solusinya!

Mudik

Saat mudik, khususnya selama perjalanan, tubuh jadi mudah lelah dan sering terkena asap asap, debu, dan kotoran. Jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik selama perjalanan, Anda dan keluarga tentu rentan terkena infeksi. Solusinya, luangkan waktu sejenak untuk cuci tangan pakai sabun anti bakteri  yang sudah Anda bawa sebelumnya. Selain itu, perhatikan juga mengenai kebersihan makanan yang dikonsumsi selama perjalanan. Jika terpaksa membeli di jalan, pilihlah makanan yang dijual dengan pelindung guna meminimalisir infeksi kuman.

Bersalaman

Tradisi bersalaman ternyata bisa jadi celah kuman untuk menginfeksi tubuh. Saat bersalaman dengan kerabat dan tetangga, kuman berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Jika tak segera cuci tangan pakai sabun, kuman bisa menginfeksi tubuh dengan cara masuk melalui mulut saat Anda menikmati sajian Lebaran. Nah, agar terlindung dari infeksi kuman selama bersilaturahmi, terutama yang bisa memicu diare anak, bawa dan gunakan selalu Lifebuoy Hand Sanitizer  jika dirasa tidak memungkinkan untuk cuci tangan pakai sabun. 

Mengantar Makanan

Sehari menjelang Lebaran, umumnya para ibu rumah tangga disibukkan dengan acara memasak beragam makanan untuk dibagikan kepada kerabat atau tetangga terdekat. Tradisi ini ternyata bisa menjadi celah kuman untuk menginfeksi tubuh, lho. Media penyebaran kuman bisa berasal dari tangan yang kotor saat memasak dan peralatan makan yang kurang bersih. Untuk mencegah penyebaran kuman, terutama yang bisa menyebabkan diare anak, pastikan untuk cuci tangan pakai sabun sebelum memasak. Peralatan makan dan memasak juga perlu dijaga kebersihannya. Gunakan spon cuci piring yang bersih, sabun, dan air mengalir agar peralatan bersih maksimal.

untuk menginfeksi tubuh. Solusinya, jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan pakai sabun sebelum menyentuh bahan makanan dan setelah bersalaman. Perhatikan juga kebersihan peralatan makan dan masak Anda. Dengan begitu, Anda tetap bisa bersilaturahmi dengan kerabat dan tetangga tanpa khawatir serangan kuman. kumanTiga tradisi Lebaran di atas memang tidak bisa dihindari. Padahal, ketiganya bisa jadi celah

Sumber:

  • id.theasianparent.com/tradisi-lebaran/                        
  • m.hidayatullah.com/artikel/opini/read/2015/07/13/73923/lebaran-antara-tradisi-dan-spirit-revolusi-jiwa.html#.VwT3k12t-o8  
Berbagi artikel ini