Waspadai 2 Penyakit Ini Saat Arus Balik Lebaran

Setelah menghabiskan libur Lebaran bersama keluarga di kampung halaman, kini saatnya untuk kembali ke rumah dan mulai beraktivitas. Seperti halnya saat akan mudik, Anda juga perlu melakukan beragam persiapan sebelum melewati arus balik. Salah satunya adalah memastikan kesehatan anak  dan anggota keluarga lainnya selama perjalanan, mengingat ada beragam penyakit yang biasanya menyerang saat arus balik. Berikut adalah 2 di antaranya yang perlu Anda waspadai.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Penyakit yang paling sering menyerang saat arus balik adalah infeksi saluran pernapasan atas. Penyakit infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang terbawa udara, debu, dan asap kendaraan bermotor. Nah untuk mencegahnya, kenakan masker selama perjalanan, terutama pada si kecil, mengingat ia lebih berisiko terinfeksi penyakit. Selain itu, jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun  setiap sebelum makan atau usai menggunakan fasilitas umum. Langkah sederhana ini juga dapat membantu mengurangi infeksi dan penyebaran kuman penyebab ISPA. Dengan melakukan pencegahan, kesehatan anak dan keluarga pun tetap terjaga. 

Diare

Diare juga perlu diwaspadai selama arus balik Lebaran. Makanan yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab mencret atau makanan yang terlalu pedas adalah salah satu penyebabnya. Untuk mencegahnya, awasi konsumsi makanan selama perjalanan pulang mudik. Hindari membeli makanan yang terlalu pedas serta yang kebersihannya kurang terjaga. Pilihlah makanan yang dilengkapi dengan kemasan karena makanan yang tanpa pelindung berisiko sudah terkontaminasi kuman. Jika perlu, siapkan makanan sebelum berangkat sehingga selama perjalanan tidak perlu lagi membeli makanan di perjalanan. Selain itu, kebiasaan baik seperti cuci tangan pakai sabun juga perlu dilakukan guna mencegah penyakit diare. Namun, terkadang aktivitas ini sulit dilakukan di perjalanan karena keterbatasan air bersih dan fasilitas cuci tangan. Nah, di sinilah pentingnya Anda membekali diri dengan Lifebuoy Hand Sanitizer  guna melindungi Anda dan keluarga dari infeksi kuman saat tidak tersedia air bersih untuk cuci tangan di perjalanan mudik.

Infeksi kuman penyebab penyakit selama perjalanan memang tidak bisa dihindari. Namun, dengan melakukan pencegahan terlebih dahulu, risiko tentu dapat dikurangi. Lakukan upaya terbaik guna mencegah kuman menginfeksi tubuh, misalnya dengan mengetahui ragam penyakit yang biasanya menyerang saat perjalanan jauh. Waspadai juga perubahan cuaca yang mungkin terjadi karena hal tersebut dapat memengaruhi stamina tubuh, terutama si kecil. Manfaatkan tempat perhentian, tempat makan dan masjid untuk bersitirahat sejenak saat tanda-tanda kelelahan mulai dirasakan. Dengan upaya-upaya di atas, diharapkan perjalanan Anda bisa tetap nyaman dan keluarga pun tetap sehat. 

Semoga selamat sampai tujuan dan selamat beraktivitas kembali!

Sumber:

  • nps.org.au/conditions/respiratory-problems/respiratory-tract-infections/for-individuals/causes
  • nps.org.au/conditions/respiratory-problems/respiratory-tract-infections/for-individuals/prevention                                                 
  • womenshealth.co.id/article/3-penyakit-yang-harus-dihindari-selama-mudik

Diakses pada 29 April 2016

Berbagi artikel ini