Waspada Infeksi Kuman saat Buka Bersama dan Ngabuburit

Saat bulan puasa, tak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk kembali menjalin tali silaturahmi. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengembalikan silaturahmi dengan teman lama ataupun kerabat, misalnya dengan berbuka bersama atau ngabuburit. Namun, tetaplah waspada akan ancaman infeksi kuman saat kegiatan berlangsung mengingat Anda akan berinteraksi dengan banyak orang. Simak tips di bawah ini. 

Buka Bersama

Buka bersama adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu selama bulan puasa. Namun, tahukah Anda bahwa kegiatan ini berisiko menjadi media penyebaran kuman? Saat buka bersama, biasanya panitia tidak terlalu memikirkan soal jumlah toilet yang tersedia sehingga peserta harus mengantre untuk cuci tangan sebelum berbuka. Bagi mereka yang tidak suka mengantre, bisa jadi akan langsung memutuskan untuk makan tanpa cuci tangan pakai sabun terlebih dulu. Jumlah toilet yang kurang memadai sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak cuci tangan pakai sabun. Namun, jika tangan Anda tidak terlalu kotor, masih ada alternatif lain untuk cuci tangan saat kondisi darurat. WHO menganjurkan penggunaan pencuci tangan berbasis alkohol, seperti Lifebuoy Hand Sanitizer, saat tidak memungkinkan untuk cuci tangan pakai sabun. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak cuci tangan saat buka bersama nanti, ya. 

Ngabuburit

Tradisi ngabuburit sudah menjadi ciri khas bulan puasa, dimana orang akan menghabiskan waktunya untuk sekadar jalan-jalan menunggu waktu berbuka. Kegiatan yang satu ini memang bisa jadi pengusir rasa jenuh anak saat menanti datangnya waktu berbuka. Namun, pahami juga risiko infeksi kuman yang bisa terjadi saat ngabuburit. Saat melihat begitu banyak makanan yang dijual di pinggir jalan, anak-anak biasanya akan tergiur membelinya secara sembarangan. Padahal, gizi dan kebersihannya belum tentu terjamin. Siasati hal tersebut dengan membeli makanan yang terbungkus rapi dan dengan jumlah secukupnya. Beri ia pemahaman bahwa selama puasa kita harus mampu menahan diri. Dengan begitu, ia pun dapat terhindar dari gejala infeksi saluran pencernaan akibat makan berlebih dan sembarangan. Menghindar dari tradisi dan kegiatan yang biasa dilakukan saat puasa memang akan sulit dilakukan. Dengan sedikit tips di atas, Anda sebenarnya tidak perlu menghindari kegiatan atau tradisi yang ada hanya karena takut terinfeksi kuman. Dengan terbiasa hidup bersih seperti cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka, sahur, selepas tarawih dan ngabuburit, Anda bisa tetap sehat selama berpuasa sebulan penuh.

Sumber:

    visitindonesia.ae/tours-center/ramadan-in-indonesia/theecomuslim.com/2011/08/ramadan-diet-five-ways-to-really-get.htmleverydayhealth.com/diet-nutrition/the-facts-on-fasting-for-your-health.aspx