Tak Mau Sakit Saat Puasa? Jangan Lupa Cuci Tangan Sebelum Berbuka!

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu mencegah beragam penyakit. Terutama penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui udara dan air seperti flu, batuk, dan diare. Kendati tergolong penyakit ringan, ketiganya tentu akan sangat mengganggu kenyamanan Anda beraktivitas, terutama saat menjalankan ibadah puasa.

Perlu Anda ketahui bahwa secara medis, berpuasa dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Namun, jika tidak diimbangi dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat, tubuh orang yang berpuasa justru lebih rentan sakit. Saat puasa, tubuh memecah glikogen menjadi energi untuk mendukung aktivitas yang dilakukan. Nah, jika ada intervensi kuman, tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk melawan infeksi. Inilah sebabnya tubuh jadi lebih rentan sakit karena energi sudah terpakai untuk beraktivitas. Sisanya belum tentu cukup untuk melawan infeksi kuman. 

Nah, jika di bulan puasa tahun lalu, Anda atau salah satu anggota keluarga harus takluk pada serangan kuman, jangan biarkan mereka kembali menyerang pada bulan puasa tahun ini. Cegahlah infeksi kuman dengan selalu menyempatkan diri untuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan, terutama saat berbuka puasa. Menjelang waktu berbuka, orang yang berpuasa, terutama anak-anak, tentu akan sangat antusias untuk segera menyantap hidangan yang sudah tersaji di meja makan. Nah, Jangan biarkan keluarga Anda menyentuh makanan sebelum cuci tangan pakai sabun dengan benar. Jika perlu, ajak keluarga Anda untuk bersama-sama cuci tangan pakai sabun guna memastikan setiap anggota keluarga Anda melakukannya dengan benar. Selain membiasakan diri dan keluarga cuci tangan pakai sabun sebelum makan, ajarkan pula langkah cuci tangan yang benar. Hal ini sangat penting dilakukan guna memaksimalkan perlindungan cuci tangan terhadap infeksi kuman. Jangan lupa, selalu pastikan ketersediaan Lifebuoy Handwash di setiap wastafel agar aktivitas cuci tangan pakai sabun jadi lebih mudah. 

Dukungan Anda dalam memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman sangat diperlukan keluarga, terutama selama bulan puasa. Jangan pernah bosan untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun dan mengingatkan keluarga Anda untuk ikut melakukannya agar Anda sekeluarga bisa tetap sehat selama puasa. Bukankah puasa akan terasa lebih menyenangkan jika tubuh tetap sehat? Jika tak ingin sakit saat berpuasa, yuk mulai biasakan diri dan keluarga cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka!

Sumber:

    lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-of-fasting-that-will-surprise-you.html everydayhealth.com/diet-nutrition/the-facts-on-fasting-for-your-health.aspx
Diakses pada tanggal 9 April 2016 Berbagi artikel ini