Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Pergi Mudik

Mudik saat lebaran merupakan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Apakah Anda juga mengikuti tradisi tersebut? Jika Anda berencana untuk mudik bersama keluarga ke kampung halaman di tahun ini, pastikan Anda sudah mempersiapkannya dengan baik. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan agar mudik tetap nyaman dan lancar, terutama jika membawa serta anak-anak. Kesehatan anak  selama perjalanan harus diperhatikan mengingat ia mudah rewel jika sakit, terutama saat di perjalanan panjang seperti mudik. Untuk itu, siapkan 5 hal berikut ini jauh hari sebelum pergi mudik.

Fisik dan Mental Anak

Sebelum mudik, siapkan fisik dan mental anak Anda dengan baik jauh hari sebelum keberangkatan. Terutama, jika jarak tempat tujuan mudik keluarga Anda cukup jauh. Kondisi kesehatan fisik dan mental anak yang kurang fit dapat menyebabkan anak rewel selama perjalanan. Ia juga lebih berisiko untuk jatuh sakit. Hal tersebut tentu dapat menghambat perjalanan mudik keluarga Anda Maka dari itu, jagalah kesehatan fisik anak dan siapkan kondisi mentalnya sehingga saat mudik nanti, ia bisa tetap menikmati perjalanan dengan sehat dan ceria. Berikan pemahaman juga mengenai kondisi selama agar sehingga ia tidak kaget.

Dana

Mudik memerlukan dana yang cukup besar. Dana yang diperlukan tidah hanya terbatas pada biaya transportasi dan makan, tetapi juga termasuk oleh-oleh untuk keluarga yang dikunjungi dan biaya penginapan jika diperlukan. Agar tak terbebani oleh pengeluaran tersebut, cobalah untuk menyiapkan dana khusus jauh-jauh hari sebelum mudik. Dengan begitu, mudik Anda kali ini bisa tetap nyaman tanpa khawatir lagi mengenai biaya.

Perlengkapan

Agar mudik nyaman dan lancar, jangan lupa siapkan semua perlengkapan yang diperlukan selama mudik di kampung halaman. Perlengkapan yang harus disiapkan di antaranya adalah pakaian ganti dalam jumlah yang cukup, perlengkapan mandi seperti sabun cair anti bakteri Lifebuoy dan pasta gigi, serta obat-obatan pribadi. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa Lifebuoy Hand Sanitizer  untuk melindungi keluarga dari paparan kuman selama perjalanan mudik. Saat harus berbuka atau sahur dalam kendaraan, namun tidak memungkinkan untuk cuci tangan pakai sabun, tangan Anda dan keluarga bisa tetap terlindungi dengan penggunaan hand sanitizer.

Cek Kendaraan atau Pesan Tiket Jauh Hari

Tak ingin menemui kendala selama mudik? Pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Jika perlu, lakukan jauh-jauh hari agar Anda bisa memeriksa kondisi kendaraan dengan lebih detil. Sedangkan bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan sudah memesan tiket jauh hari sebelumnya guna menghindari kehabisan tiket atau lama mengantre.

Pastikan Keamanan Rumah

Sebelum berangkat, biasakan untuk memeriksa kembali perlengkapan yang akan dibawa termasuk kondisi rumah. Kunci semua pintu dan jendela, matikan semua perabotan elektronik dan keran air. Atau jika perlu, mintalah tolong pada tetangga terdekat yang kebetulan tidak mudik untuk menjaga rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa merasa tenang karena ada yang menjaga rumah Anda selama pulang kampung.

Mudik akan terasa menyenangkan jika sebelumnya dilakukan persiapan dengan matang. Selain menyiapkan kelima hal di atas, pastikan juga kesehatan anak Anda tetap terjaga selama perjalanan. Salah satunya, dengan menyediakan sabun anti bakteri  dan hand Sanitizer untuk membantu memberikan perlindungan terbaik melawan infeksi kuman di saat darurat. Sudah siapkah Anda dan keluarga melakukan perjalanan mudik tahun ini? 

Sumber:

  • m.tempo.co/read/news/2015/07/11/155683043/7-tips-persiapan-sebelum-mudik?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5624413492
  • ayahbunda.co.id/keluarga-travelling/persiapan-mudik-bersama-balita   

Diakses pada 26 April 2016

Berbagi artikel ini